Digital Marketing

10 Online Marketing Tools yang Dibutuhkan saat Membangun Bisnis

Menjalankan suatu bisnis di era digital ini memberikan banyak tantangan, khususnya bagi bisnis berskala kecil hingga sedang. Maka dari itu, seorang pebisnis membutuhkan pondasi yang kuat agar setiap kesalahan kecil bisa diatasi dan menghindari dari kejatuhan bisnis. Setiap pemilik perusahaan akan menyediakan tool bagi karyawannya berupa digital marketing tools yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah.

Tools tersebut berguna memiliki fungsi yang berbeda namun saling mengikat satu sama lain. Untuk menjalankan bisnis secara online, dibutuhkan digital marketing tool terutama untuk menunjang kinerja Management Project dan kolaborasi, management Social Media, Marketing, Customer Support, dan lain sebagainya. Setidaknya, Perusahaan Anda membutuhkan 10 online marketing tools, seperti di bawah ini!

1. Canva

canva

Canva merupakan sebuah tool yang berguna untuk membangun sebuah brand. Ketika memulai sebuah bisnis, perusahaan harus memiliki identitas brand terlebih dulu dengan menentukan nama brand dan maknanya, visi-misi perusahaan, logo dan detail-detail lain seperti font, atau vibe yang ingin disematkan dalam brand. Maka dari itu, Canva bisa menjadi pilihan karena menyiapkan lebih dari 50 ribu template yang bisa Anda pakai secara gratis untuk mendesain tampilan brand. Canva berguna untuk berbagai desain grafis seperti logo, poster, kartu nama, brosur, flyer, template untuk daftar menu, dan berbagai desain lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan.

2. Trello 
trello

Trello merupakan tool yang dibutuhkan perusahaan untuk mengorganisir berbagai perencanaan. Setelah Anda menentukan tampilan dan identitas brand, maka selanjutnya harus melakukan sebuah perencanaan. Anda dapat menggunakan Trello untuk mengorganisir segala persiapan yang dibutuhkan untuk memasarkan brand. Melalui website Trello, Anda bisa membuat checklist, mengunggah foto atau file, serta mengundang member yang ada dalam daftar pengurus usaha Anda. Dengan demikian, akan pihak yang ikut berkolaborasi akan semakin banyak.

3. Hootsuite 

hootsuite

Salah satu tool yang dibutuhkan adalah tool untuk mengelola media sosial. Dalam hal ini, Anda bisa memilih Hootsuite untuk mengorganisir media sosial bisnis, baik untuk unggahan, respon dari pengikut media sosial, atau pelanggan dari berbagai platform media sosial yang digunakan untuk memasarkan bisnis. Jika bisnis Anda tidak melibatkan banyak akun media sosial dalam platform yang sama, Anda bisa memilih paket Profesional dengan biaya layanan Rp 400.000,00 per bulan. Namun, jika bisnis Anda merupakan agensi yang mengurus media sosial milik klien, sebaiknya menggunakan paket Team, Business, atau Enterprise dengan harga layanan mulai dari Rp 1.800.000,00 per bulan.

4. SEMRush

semrush

Jika visual brand dan media sosial telah terurus dengan baik dan memungkinkan Anda untuk mulai membangun website bisnis, maka Anda bisa mulai dengan membeli paket cloud hosting plus domain terlebih dulu. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan SEMRush untuk menentukan kata kunci yang sesuai dengan website bisnis yang dibangun. Selain untuk menyediakan informasi yang berguna untuk para audiens, Anda juga bisa meningkatkan brand awareness dengan website yang berhasil menduduki peringkat di halaman pertama mesin pencari Google.

5. Yoast SEO

yoastseo

Yoast SEO merupakan tool yang Anda butuhkan untuk menaikkan peringkat website. Tool ini adalah fitur berupa plugin atau kode software untuk menjalankan fungsi tertentu pada Content Management System (CMS) yang bisa ditambahkan setelah Anda mempunyai sebuah website. Plugin Yoast berfungsi untuk menentukan fokus keyword dan menganalisis isi artikel di website. Dengan demikian, website akan lebih mudah dideteksi oleh SEO di mesin pencarian. Fitur sangat berguna karena dapat membantu peringkat website naik dan tentunya memberikan keuntungan dari bisnis yang ditekuni.

6. Unsplash

unsplash
Unsplash merupakan website yang menyediakan ratusan ribu foto profesional yang dapat digunakan untuk memaksimalkan konten dan untuk melengkapi tampilan visual marketing. Jadi, Unsplash merupakan tool untuk menyediakan foto produk dengan kualitas tinggi.

7. E-mail Marketing 

Ketika Anda mulai mengunggah beberapa konten terkait bisnis ke website, pastikan calon audiens mendapat informasi dari konten tersebut. Anda bisa menggunakan e-mail marketing tools untuk melakukan cara pendekatan yang paling personal. Maka dari itu, Anda harus membuat konten dan bahasa e-mail yang friendly dan tidak kaku agar penerima e-mail merasa bahwa brand Anda adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan.

8. Facebook Pixel

facebook pixel
Setelah memperlengkapi website dengan berbagai marketing tools dan konten yang menarik, Anda harus melakukan analisis terhadap website untuk mengecek perkembangan website tersebut. Anda bisa menggunakan Facebook Pixel yang diinstal dalam bentuk plugin untuk website Anda.

9. Google Ads

google ads

Google Ads merupakan marketing tools yang bisa Anda pakai untuk membuat campaign bagi brand bisnis. Tools ini bisa membuatkan iklan dalam bentuk visual, teks, video, bahkan etalase untuk beberapa produk. Anda bisa memilih beberapa tipe iklan google seperti Google AdWords dan Google Display Network (GDN)

10. Google Analytics

google analytics

Google Analytics sangat dibutuhkan sebagai tool untuk menganalisa data bagi setiap perusahaan yang memiliki website. Di dalam google analytics pengguna dapat melihat tampilan statistik pengunjung halaman, alur perjalanan pengunjung, dan kata kunci yang paling banyak atau menarik pengunjung ke dalam situs website. Selain itu, google analytics juga dapat membuat report tentang traffic website dalam jangka waktu harian, mingguan, dan bulanan.

Baca juga: Selain Google, Anda Bisa Gunakan 10 Mesin Pencari Berikut

Catat baik – baik dalam ingatan ke-10 online marketing tools yang harus disediakan ketika Anda mulai membangun bisnis secara digital. Dengan menggunakan kesepuluh online marketing tools tersebut, maka akan memungkinkan bagi bisnis Anda menjadi lebih efektif dan berjalan sesuai dengan tujuan bisnis.

To Top