Tips Bisnis

7 Cara Buka Usaha Saat Pandemi yang Wajib Anda Coba

cara buka usaha saat pandemi

Kali ini tim News Indotrading akan membahas mengenai bagaimana sih tips atau cara buka usaha saat pandemi. Penerapan sosial berskala besar saat pandemi Covid-19 telah membuat berbagai penurunan di bidang perekonomian, terutama bisnis offline.

Akibat penurunan inilah banyak perusahaan yang merugi dan terpaksa gulung tikar. Banyak orang kehilangan pekerjaan mereka karena mengalami PHK massal.

Oleh karena itu, banyak dari mereka yang memutuskan untuk membuka usaha daripada mencari pekerjaan yang sangat sulit dilakukan di kondisi seperti ini.

Membuka usaha baru merupakan salah satu pilihan potensial yang bisa Anda lakukan untuk tetap memutar roda perekonomian keluarga.

Meskipun demikian, dibalik adanya potensi berhasil pasti juga ada resiko yang harus Anda tanggung jika bisnis yang Anda jalankan tidak berjalan dengan baik.

Sebagai seorang pengusaha, Anda juga harus berani mengambil risiko. Daripada memikirkan resiko atau dampak buruk yang bisa terjadi, lebih baik Anda memikirkan bagaimana caranya bisnis yang Anda jalankan bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan banyak keuntungan.

7 Cara Buka Usaha Saat Pandemi

Berani ambil risiko dan selalu berinovasi merupakan salah satu mindset yang harus Anda bangun sebelum memulai suatu usaha. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa cara buka usaha saat pandemi.

Periksa Kondisi Finansial

cara buka usaha saat pandemi 1

Salah satu hal yang perlu Anda siapkan sebelum memulai bisnis adalah modal usaha. Oleh karena itu, memeriksa kondisi finansial merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan untuk memulai suatu bisnis.

Jika modal yang Anda miliki dirasa belum cukup besar, maka Anda bisa memulai menjalankan bisnis yang membutuhkan modal kecil, seperti diantaranya bisnis laundry, bisnis bimbingan belajar, bisnis pulsa, bisnis angkringan, bisnis catering, bisnis jual beli barang bekas, dan sebagainya.

Selain itu, jika modal yang Anda miliki benar-benar minim, Anda bisa memulai bisnis tanpa modal dengan menjadi reseller ataupun dropshipper. Selain hampir tanpa modal, menjadi reseller dan dropshipper juga merupakan peluang yang cukup menjanjikan.

Pasalnya, Anda tidak perlu menyetok produk maupun memikirkan pengirimannya. Anda hanya fokus memasarkan produk agar laris dipasaran. Jika Anda ingin menjadi reseller atau dropshipper usahakan ambillah produk dari supplier pertama agar mendapatkan harga jual yang paling murah.

Temukan Ide Bisnis yang Potensial

cara buka usaha saat pandemi 2

Jika Anda sudah memeriksa kondisi finansial, langkah selanjutnya adalah menentukan ide bisnis yang bisa Anda jalankan. Carilah bisnis yang sesuai dengan kemampuan Anda, baik dari segi finansial maupun sumber daya manusianya.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan analisis peluang usaha dengan memperhatikan kebutuhan pasar. Di masa pandemi banyak sekali bisnis yang mengalami penurunan daya beli.

Namun, beberapa bisnis justru mengalami lonjakan permintaan pembelian karena tingkat kebutuhan yang semakin tinggi. Bisnis yang tetap potensial inilah yang harus Anda jalankan agar bisa bertahan dan menghasilkan omzet yang menguntungkan di saat pandemi ini.

Beberapa ide bisnis berikut cukup potensial untuk dijalankan di tengah pandemi Covid-19, antara lain:

  • Bisnis healthcare

Akibat merebaknya virus corona membuat banyak orang lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Oleh karena itu, bisnis yang bergerak dalam sektor kesehatan ini mengalami peningkatan permintaan saat pandemi virus corona.

Adapun bisnis yang bisa Anda pertimbangkan, antara lain seperti bisnis maskerface shield, jaket antivirus, ataupun suplemen vitamin untuk mendukung daya tahan tubuh. Semua kebutuhan bisnis kesehatan bisa Anda temukan disini.

  • Bisnis kuliner

Selama manusia memerlukan makanan, maka bisnis kuliner akan tetap menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Di situasi pandemi, Anda bisa mengembangkan usaha kuliner seperti frozen food untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen akan makanan siap saji.

Selain itu, Anda juga bisa membuka bisnis kuliner seperti franchise makanan atau katering diet yang bertujuan untuk menyajikan makanan sehat. Semua kebutuhan bisnis kuliner bisa Anda temukan disini.

  • Bisnis guru privat atau bimbingan belajar

Kebijakan belajar dari rumah telah menyebabkan banyak pelajar mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Kondisi ini dapat Anda jadikan peluang usaha bimbingan belajar ataupun membuka jasa guru privat.

Selain mendapatkan penghasilan yang menjanjikan, ilmu yang Anda berikan juga akan sangat bermanfaat kepada mereka. Jika membutuhkan peralatan tulis, Anda bisa menemukannya disini.

Baca Juga: Begini Cara Mempertahankan Bisnis Saat Pandemi dan Wajib Dicoba

Tentukan Segmentasi Pasar

cara buka usaha saat pandemi 3

Setelah berhasil menentukan ide bisnis yang akan Anda jalankan, langkah selanjutnya adalah menentukan segmentasi pasar atau target market yang akan Anda tuju.

Membuat target pasar yang jelas akan membantu Anda dalam menyusun perencanaan dan menentukan strategi – strategi pemasaran dan pendekatan yang tepat kepada calon konsumen.

Dalam melakukan segmentasi pasar, usahakan untuk membuat bisnis yang banyak merambah konsumen agar penjualan Anda semakin maksimal.

Kebutuhan setiap orang pasti berbeda-beda, baik dilihat dari segi usia, jenis kelamin, agama, pekerjaan, dan sebagainya. Oleh karena itu, menentukan segmentasi pasar yang jelas akan sangat membantu Anda dalam menyusun, mengembangkan, serta memasarkan produk Anda agar tepat sasaran.

Pilihlah Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

cara buka usaha saat pandemi 4

Sumber daya manusia merupakan modal penting agar bisnis Anda mampu berjalan dengan baik dan bertahan dalam jangka panjang. Jika bisnis yang akan Anda jalankan memerlukan karyawan, maka carilah orang yang benar-benar mampu atau berpengalaman dibidangnya.

Secara tidak langsung, bagus atau tidaknya sebuah bisnis bisa ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang Anda miliki dimata target pasar Anda.

Maksimalkan Penjualan Online

cara buka usaha saat pandemi 5

Mengingat meningkatnya pemakaian internet dan media sosial, maka pemasaran digital bisa menjadi salah satu cara tepat yang harus Anda lakukan untuk memaksimalkan penjualan.

Seperti membuat website dan mengoptimalkan dengan SEO atau beriklan lewat Google. Jika belum cukup berpengalaman, Anda bisa menyerahkan tugas tersebut kepada tim Indotrading yang sudah berpengalaman. Info selengkapnya mengenai jasa SEO, jasa iklan google dan jasa iklan sosial media.

Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce dengan membuka beberapa toko online melalui berbagai marketplace, seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, dan juga Indotrading.

Selain pengenaan biaya yang sangat terjangkau dan tanpa modal, pemanfaatan e-commerce juga akan sangat menguntungkan dengan penawaran fitur-fitur promo yang semakin menarik konsumen.

Selain itu, Anda juga bisa memasarkan produk melalui berbagai media sosial, seperti instagram, facebook, twitter, dan sebagainya. Banyaknya pengguna media sosial di Indonesia dari berbagai kalangan dan usia akan sangat memungkinkan Anda untuk menjangkau target pasar.

Kembangkan Bisnismu Sesuai Potensi Usaha

cara buka usaha saat pandemi 6

Jika bisnis yang Anda jalankan sudah cukup berkembang, jangan terburu-buru untuk melakukan perluasan usaha dengan menggelontorkan modal yang cukup besar.

Sebagai contoh, jika Anda baru saja memulai bisnis makanan secara online dan telah mendapat pelanggan tetap, maka jangan terburu-buru untuk menyewa tempat dan memulai berjualan secara offline.

Selain membutuhkan modal yang cukup besar untuk sewa tempat dan modal jualan, membuka usaha offline juga kurang potensial untuk dilakukan di masa pandemi seperti ini.

Jika bisnis Anda telah berkembang pesat, sebaiknya kumpulkan atau tabung sebagian hasil penjualan sebagai modal perluasan bisnis setelah kondisi perekonomian normal kembali. Bermain aman dengan menerapkan prinsip efisiensi merupakan salah satu strategi bisnis yang cukup meyakinkan di masa pandemi ini.

Baca Juga: Melihat Peluang Bisnis Alat Safety Selama Pandemi

Terus Jalankan Bisnismu dan Jangan Mudah Menyerah

cara buka usaha saat pandemi 7

Tidak ada hal yang mudah dalam menjalankan sebuah bisnis. Kondisi naik dan turun sudah menjadi hal biasa yang dialami para pengusaha. Anda hanya perlu fokus dan konsisten dalam menjalani dan menekuni bisnis yang Anda geluti.

Selalu lakukan evaluasi setiap akhir bulan agar bisa membantu dalam mencari tahu penyebab masalah serta solusi terbaik untuk lebih memajukan usaha Anda.

Itulah beberapa cara buka usaha saat pandemi yang bisa Anda lakukan. Lalu kapan waktu terbaik untuk memulai usaha? Jawabannya sekarang. Semangat dan semoga selalu sukses,ya.

To Top