Tips Bisnis

Begini 9 Cara Buka Bisnis Katering Diet Untuk Karyawan

bisnis katering diet

Membangun bisnis adalah hal yang bisa dilakukan oleh semua orang. Salah satu contohnya adalah bisnis katering diet. Pada masa pandemi, katering dengan menu diet sehat semakin digemari masyarakat semua lapisan. Ide bisnis yang menjanjikan ini bisa jadi opsi terbaik untuk menambah penghasilan.

Bagi Anda yang sudah bekerja sebagai karyawan, Anda juga bisa membuka bisnis katering sehat ini. Namun tentu saja, Anda akan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih ekstra untuk bisa menjalankan bisnis tersebut.

Cara Mudah Buka Bisnis Katering Sehat

Seperti yang sekilas dijelaskan di awal, katering sehat dengan menu diet lezat adalah ide bisnis yang sangat bagus di masa pandemi. Jika Anda adalah seorang karyawan, Anda bisa melakukan berbagai cara untuk mulai membangun bisnis katering ini.

Bagi Anda yang masih sangat pemula, simak beberapa cara berikut ini untuk bisa membuka bisnis katering diet sehat dengan peluang usaha yang potensial:

  1. Siapkan Modal

Dalam membangun sebuah bisnis, modal adalah hal paling penting. Meskipun modal tidak harus berupa uang, namun paling tidak Anda sudah menyiapkan sedikit pemasukan untuk mendukung bisnis katering tersebut.

Apalagi jika Anda adalah seorang karyawan, tentunya Anda bisa meluangkan sedikit uang sebagai modal membangun usaha katering sehat ini. Jika Anda berniat mengolah bisnis ini sendiri, modal uang saja tentu tidak cukup. Anda perlu modal skill memasak yang bagus.

  1. Tentukan Brand

Selain modal, brand atau merek usaha juga penting untuk Anda pikirkan. Meskipun bisnis katering ini adalah pemula, namun tidak ada salahnya menyiapkan brand terbaik untuk bersiap jika usaha ini jadi lebih besar nantinya.

Untuk menentukan brand terbaik, Anda bisa konsultasi pada senior pebisnis jika ada. Selain itu, Anda juga bisa mencari nama brand yang unik dan mudah diingat. Merek atau brand yang terlalu panjang, justru akan sulit diingat. Hal ini akan berpengaruh pada pemasaran bisnis.

Pastikan juga Anda mendaftarkan brand Anda untuk dipatenkan, sehingga bisnis Anda akan dikenal sebagai bisnis yang unik.

  1. Tentukan Tempat

Tempat bisnis adalah hal yang juga terbilang sangat penting. Semakin strategis tempat yang Anda pilih, semakin bagus juga keuntungan yang akan diperoleh. Namun Anda harus tahu bahwa tempat strategis biasanya punya biaya sewa yang mahal.

Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa membuka katering di rumah dan memanfaatkan teknik pemasaran online. Sehingga jangkauannya akan lebih luas. Saat ini, media sosial semakin meluas. Anda bisa memanfaatkan momentum ini untuk memasarkan bisnis.

Buka katering ini juga menjadi salah satu contoh ide bisnis rumahan yang bisa Anda coba kerjakan dengan keluarga, teman atau orang terdekat. Rasakan keuntungan yang akan didapat jika langsung mulai dijalankan.

  1. Tentukan Menu

Ada banyak sekali menu diet sehat yang biasa dikonsumsi para pecinta makanan sehat. Anda bisa mencari berbagai referensinya di internet. Atau bahkan, Anda bisa secara langsung melakukan survey pada beberapa pebisnis makanan sehat yang sebelumnya sudah ada.

Dengan melakukan survey, Anda bisa sekaligus mencari pengalaman berbisnis katering pada beberapa senior pebisnis tersebut. Setelah mendapatkan beberapa referensi menu, Anda tidak harus menyamakan persis menu tersebut dengan warung katering lain.

Anda bisa memikirkan menu penyajian yang lebih kreatif. Sehingga bisnis Anda pun tidak akan dianggap meniru, bahkan akan dianggap sebagai bisnis katering yang sangat kreatif.

  1. Cari Pegawai

Tidak semua orang yang ingin membuka bisnis katering, memiliki kemampuan masak yang bagus. Bagi orang yang punya modal uang cukup banyak, tentu bisa mempekerjakan orang lain yang lebih jago memasak.

Jika Anda adalah orang yang tidak pandai membuat masakan diet sehat, Anda bisa memanfaatkan pengangguran dengan skill masak yang oke sebagai pegawai katering Anda. Dengan begitu, Anda bisa sekaligus mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

  1. Lakukan Pemasaran

Setelah semua hal siap, maka hal yang tidak kalah penting adalah melakukan pemasaran produk katering. Jaman sekarang, memasarkan produk bukanlah hal yang sulit.

Semakin meluasnya media sosial, semakin memudahkan setiap orang untuk melakukan promosi produk. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi katering Anda. Jangan lupa gunakan lebih banyak gambar menarik pada media promosi.

Masyarakat akan jauh lebih suka media promosi yang berisikan gambar menarik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan video pendek untuk menarik perhatian konsumen. Semakin menarik media promosi yang dibuat, semakin banyak peluang lakunya usaha Anda.

  1. Perbanyak Relasi

Membuka sebuah bisnis tanpa adanya relasi, mungkin dianggap sebagai hal yang sulit. Sebagai seorang karyawan kantoran, tentu mencari relasi akan cukup mudah Anda lakukan. Ada banyak pekerja di kantor Anda yang bisa dijadikan relasi.

Dengan memperbanyak relasi, bisnis katering diet sehat Anda akan mudah dikenal orang dari mulut ke mulut. Tentu ini akan memperbesar peluang kesuksesan Anda dalam meraih banyak keuntungan.

  1. Menjalin Mitra

Tahapan yang satu ini, mungkin tidak terbilang wajib dilakukan. Namun di masa pandemi seperti saat ini, orang akan lebih suka memesan katering secara online dibanding berkerumun.

Dalam hal ini, Anda bisa menjalin mitra dengan layanan pesan antar seperti gofood. Dengan menjalin mitra pada layanan antar katering ini, jangkauan Anda akan semakin luas. Bahkan tidak hanya itu, penghasilan Anda juga akan semakin meningkat.

  1. Siapkan Bahan dan Alat Berkualitas

Tidak hanya cara berbisnis, bahan dan alat yang harus disiapkan juga harus Anda perhatikan dengan baik. Siapkan bahan sesegar mungkin dan sebagus mungkin untuk membuat menu katering super lezat.

Pastikan Anda juga menyiapkan alat-alat dapur yang mumpuni, agar pekerjaan menyelesaikannya pesanan bisa berjalan dengan cepat dan tepat.

Seperti yang dikatakan di atas, bahan dan alat untuk membuka bisnis katering diet sehat sangat penting diperhatikan. Untuk memenuhi kebutuhan bisnis ini, Anda bisa membeli melalui laman indotrading.com. Laman ini menyediakan beragam peralatan usaha Anda dengan kualitas tinggi.

To Top