Economy and Business

10 Peluang Usaha yang Tahan Krisis dan Resesi Ekonomi, Berani Coba?

10 Usaha yang Tahan Krisis dan Resesi Ekonomi

Masih ingatkah Anda dengan krisis ekonomi tahun 1998? Kondisi yang menandakan kerapuhan fundamental ekonomi tersebut membawa dampak yang sangat besar terhadap Indonesia, salah satunya adalah meluluh lantahkan kondisi perekonomian yang membuat banyak orang merintih kesusahan. Di tahun 2020 ini, siklus tren pelemahan tersebut bisa saja terjadi, melihat prospek ekonomi global yang kian terjerembab dalam jurang ketidakpastian, apalagi dengan adanya wabah Covid-19 ini. 

Tak bisa disangkal, terjadinya resesi ekonomi tentunya akan membuat dunia bisnis kian lesu. Namun, ternyata ada beberapa peluang usaha yang tahan krisis, yang artinya permintaannya tak akan goyah walaupun krisis tengah memporak-porandakan dunia. Penasaran kan usaha apa saja yang tahan krisis dan resesi ekonomi? Langsung saja lihat informasinya di bawah ini! Siapa tau Anda termotivasi untuk memulai bisnis.

1. Usaha fotokopi dan ATK

10 Peluang Usaha yang Tahan Krisis dan Resesi Ekonomi

Usaha fotokopi dan ATK memang terbilang cukup menggiurkan, terutama jika melihat omzetnya yang cukup legit, apalagi jika lokasi usaha berada di kawasan pendidikan maupun perkantoran. Pasalnya, banyak orang yang tentunya memerlukan jasa fotokopi, print, kebutuhan sekolah, dan kebutuhan alat tulis lainnya untuk menunjang urusan sekolah maupun pekerjaan.

Jenis usaha satu ini bukan hanya menguntungkan, tetapi juga tahan krisis lho! Walaupun krisis tengah terjadi, namun kebutuhan akan alat-alat tulis tentunya masih akan sangat diperlukan oleh masyarakat.

2. Bisnis di bidang teknologi dan informasi

10 Peluang Usaha yang Tahan Krisis dan Resesi Ekonomi

Walaupun krisis menghantam, laju perkembangan teknologi tentunya tak akan surut. Penggunaan komputer dan internet tentunya masih sangat dibutuhkan pada masa krisis. Bahkan, alih-alih mengalami penurunan, industri ini justru mengalami pertumbuhan di saat krisis satu dekade lalu. Bukan hanya industrinya saja yang tahan krisis, orang-orang yang menawarkan jasa atau keahlian dalam bidang ini, seperti programmer, data scientist, dan lain sebagainya, akan laku keras.

3. Toko Kelontong / Warung Sembako

10 Peluang Usaha yang Tahan Krisis dan Resesi Ekonomi

Memiliki warung sembako atau toko kelontong memang tak bisa dianggap sebelah mata. Siapa sangka, usaha ini merupakan salah satu usaha paling kebal terhadap krisis. Bagaimana tidak, dalam kondisi dan keadaan apapun, orang-orang tentu masih harus memenuhi kebutuhan dasar mereka terutama dalam hal makanan pokok, seperti beras, minyak, lauk pauk, dan lain sebagainya.

4. Bisnis Kuliner

10 Peluang Usaha yang Tahan Krisis dan Resesi Ekonomi

Bisnis merupakan salah satu bisnis yang terbilang tahan akan krisis ekonomi. Alasannya hampir sama dengan poin sebelumnya, bahwa salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi dari setiap orang adalah makanan. Selain itu, perputaran yang pada bisnis kuliner itu sangat besar. Jadi jelas, dunia kuliner tak akan pernah ditinggalkan konsumen walau perekonomian tengah dililit krisis. Contohnya saja, dalam kondisi adanya wabah Covid-19 ini, bisnis kuliner tetap bertahan untuk memenuhi kebutuhan konsumen pada saat menerapkan kegiatan self-quarantine.

5. Toko Emas

10 Peluang Usaha yang Tahan Krisis dan Resesi Ekonomi

Membuka toko emas atau menjual emas simpanan Anda memang salah satu peluang usaha yang anti krisis. Alih-alih terkena dampak ekonomi, seperti pelemahan nilai tukar rupiah, justru harga emas akan melonjak pesat dan memberikan keuntungan yang sangat besar bagi Anda. Jadi, tak ada salahnya untuk Anda mulai berinvestasi emas dari sekarang. Mudah juga lho untuk dicairkan!

6. Layanan Kesehatan

10 Peluang Usaha yang Tahan Krisis dan Resesi Ekonomi

Salah satu sektor yang mengakomodasi kebutuhan dasar manusia adalah adanya layanan kesehatan. Pada saat krisis terjadi sekalipun, layanan kesehatan akan tetap berjalan dan melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Tak hanya rumah sakit, layanan kesehatan lainnya seperti jasa konsultasi kesehatan dan panti jompo pun akan tetap bertahan. Jadi, tak usah khawatir deh bagi Anda yang menjadi dokter, perawat, apoteker, dsb, di pusat pelayanan kesehatan!

6. Bengkel Kendaraan Bermotor

10 Peluang Usaha yang Tahan Krisis dan Resesi Ekonomi

Peluang usaha yang bisa Anda jajal agar terhindar dari adanya krisis dan resesi ekonomi adalah bengkel kendaraan bermotor. Bukan hanya bengkel berkantor besar, bengkel-bengkel kecil di pinggir jalan pun tak akan terpengaruh oleh adanya resesi ekonomi. Mengingat semakin banyaknya angka kendaraan yang ada, serta karena tak semua orang bisa mengoperasikan atau mereparasi kendaraan bermotor mereka, maka tak heran, banyak orang akan rela antri agar kendaraan mereka bisa diperbaiki. Tapi jangan lupa, jangan sampai mengurangi tingkat layanan dan profesionalisme ya agar bisa tetap bersaing!

7. Bisnis Pendidikan

10 Peluang Usaha yang Tahan Krisis dan Resesi Ekonomi

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar dan paling fundamental dari manusia. Hingga saat ini, bisnis pendidikan kian mengalami pertumbuhan yang menyebabkan semakin tingginya angka kebutuhan akan tenaga pengajar. Tak usah diragukan lagi, menilik pentingnya pendidikan dalam kehidupan manusia, bisnis ini tak akan rapuh karena adanya resesi ekonomi.

8. Depot Air Minum dan Gas Elpiji

10 Peluang Usaha yang Tahan Krisis dan Resesi Ekonomi

Air minum dan gas elpiji memang menjadi dua hal yang sangat penting untuk menjaga agar dapur tetap ngebul. Saat ini, banyak yang mendirikan usaha depot air minum atau gas elpiji karena modal yang perlu dirogoh pun terbilang sangat terjangkau. Tak perlu takut bisnis tersendat saat resesi ekonomi, bisnis ini terbilang cukup berkelanjutan karena orang-orang tak berhenti mencari air minum maupun gas elpiji untuk memenuhi kebutuhan mereka.

9. Jasa Penitipan Anak

10 Peluang Usaha yang Tahan Krisis dan Resesi Ekonomi

Terdengar cukup unik, namun jasa penitipan anak memang benar-benar tahan akan adanya krisis ekonomi. Bagi yang sudah kehilangan pekerjaan mungkin akan menghabiskan waktu dengan anak, namun bagi yang masih memiliki pekerjaan mungkin akan menjadi lebih sibuk di kantor, sehingga menitipkan anak di tempat jasa penitipan anak akan menjadi opsi yang diambil. Hingga saat ini, bisnis satu ini tak pernah redup.

10. Menjadi akuntan dan auditor

10 Peluang Usaha yang Tahan Krisis dan Resesi Ekonomi

Walau ekonomi tengah porak poranda, namun pajak dan audit tak bisa dihindari dan tak akan pernah hilang. Justru, akan makin banyak perusahaan atau pihak yang membutuhkan jasa akuntan dan auditor untuk membantu hitung-hitungan bisnis agar bisa tetap efektif. Bisa-bisa, penghasilan meroket lho saat krisis!

Baca juga: 5 Tips Memulai Bisnis Kos-kosan yang Profotabel

Krisis dan resesi ekonomi memang merupakan hal yang sangat mengerikan. Namun, deretan peluang usaha diatas bisa menjadi opsi untuk Anda jamah agar Anda bisa bertahan dan melalui masa krisis dengan tenang. 

To Top