Tips Bisnis

Tertarik Bisnis Tanaman Hias? Kenali Beberapa Tipsnya

bisnis tanaman hias

Bisnis tanaman hias menjadi salah satu bisnis yang memiliki keuntungan yang menggiurkan. Apalagi jika sedang banyak peminatnya dan sedang tren tanaman hias yang harganya dari ratusan sampai jutaan. Bisnis tanaman hias juga tidak terlalu butuh banyak modal jika anda bisa melakukan pembibitan sendiri.

Jika pembibitan tanaman hias anda membeli dari toko lain modalnya cukup besar, lebih hemat jika melakukan pembibitan sendiri. Jika anda melakukan pembibitan sendiri tentunya harus memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang tanaman hias. Walaupun anda beli bibitnya tapi kan masih harus melakukan perawatan jadi ya harus tahu pengetahuannya juga.

Pada itunya sama jika anda ingin melakukan bisnis tanaman hias pelajari terlebih dahulu tatacara perawatan berbagai tanaman hias. Agar tanaman yang anda miliki tetap segar sampai ada pembeli yang datang. Apalagi jika pemula dan benar-benar tidak tahu tentang tanaman hias perlu banyak belajar pada ahlinya.

Seperti halnya tanaman hias itu banyak ada yang menarik dari daunnya, akarnya, batangnya, dan bunganya. Jadi setiap tanaman hias memiliki ciri khas tersendiri dengan yang lainnya. Seperti yang sedang marak dicari janda bolong. Nah yang menarik itu daunnya yang secara alami dapat terbentuk lubang-lubang.

Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias

Untuk memulai bisnis anda harus mencari peluang bisnis 2021 salah satunya yaitu bisnis tanaman hias. Untuk memulai tips harus ada tips-tips dan trik agar bisnis yang dijalankan lancar dan semakin maju. Begitu juga dengan tanaman hias. Berikut ini beberapa tips untuk memulai bisnis tanaman hias

Membutuhkan pengetahuan

Setiap bisnis membutuhkan pengetahuan tentang bisnis yang dijalankan begitu juga tanaman hias. Sebaiknya anda harus mengetahui jenis tanaman hias yang akan dijual, cara perawatannya dan harga jualnya di pasaran. Untuk pemula tanaman hias yang mudah dilakukan yaitu jenis daun dan bunga.

Anda bisa memulai jenis tersebut dengan harga yang terjangkau agar lebih dikenal oleh khalayak umum terlebih dahulu. Jika sudah mulai banyak yang mengetahui anda bisa menjual jenis tanaman yang harga ratusan sampai jutaan.

Mencari lokasi yang strategis

Selain mengetahui jenis tanaman dan cara perawatannya anda juga harus bisa mencari lokasi yang strategis. Percuma saja jika tanaman hias yang anda jual tumbuh subur dan Bagus tapi lokasinya kurang terjangkau. Hasil jualannya tentunya berbeda. Pilihlah lokasi yang ramai.

Tidak hanya itu saja usahakan memilih tempat yang sesuai dengan suhu dan keadaan yang sesuai dengan tanaman hias. Teruram area untuk tanaman hias, karena bisnis ini membutuhkan area yang cukup luas. Bagaimana jika tidak menemukan tempatnya? Solusinya anda bisa menjualnya secara online.

Daripada tanaman anda rusak karena kondisi lingkungan yang tidak mendukung saat membuat anda rugi besar. Solusinya ya dengan menjual secara online. Sekarang juga sudah umum berbelanja tanaman dengan online.

Memilih jenis tanaman hias

Memulai bisnis tanaman hias harus dapat memilih jenis tanaman yang akan dijual. Apalagi untuk pemula, usahakan memilih tanaman hias yang mudah untuk dibudidayakan dan harga yang terjangkau. Anda bisa memulai membudidayakan satu jenis tanaman hias terlebih dahulu.

Misalnya saja anda memilih jenis bunga. Silahkan anda tekuni dan rawat dengan sebaik-baiknya. Usaha jenis bunga yang ada tanaman memiliki nilai jual yang stabil bukan musiman. Jika jenis bunga sudah menguntungkan bisa merambah ke jenis daun.

Anda bisa menemukan supplier tanaman terpercaya disini

Mempersiapkan media tanaman

Media tanam sangat penting anda ketahui untuk bisnis tanaman hias. Media tanaman yang sesuai akan membuat tanaman tumbuh subur dan segar. Sehingga tanaman yang anda jual akan tetap terlihat segar dan menarik pembeli.

Jika anda sudah mengetahui bagaimana media yang tepat untuk tanaman hias yang anda jual, bisa mengurangi modal media tanaman agar lebih hemat. Tapi media tanaman yang hemat ini tetap menghasilkan tanaman yang tumbuh subur dan segar.

Melakukan pemasaran

Strategi pemasaran tanaman hias yang tepat akan membuat toko anda laris manis dan banyak yang terjual. Bagaimana caranya? Sekarang kan sudah model jualan online. Nah anda bisa memulainya dengan mengikuti pecinta tanaman hias dari berbagai platform.

Anda juga bisa memulainya dengan memanfaatkan youtube seperti cara melakukan perawatan tanaman hias. Nah dalam tutorial video tersebut anda bisa mengajak penonton untuk membeli tanaman hias dewasa atau bibit di toko anda.

Baca juga : Panduan Lengkap Cara Optimasi Website Bisnis dengan SEO

Mengikuti tren tanaman hias

Bisnis tanaman hias juga harus mengikuti tren tidak hanya bisnis fashion saja yang mengikuti tren. Pastikan anda mengetahui tanaman hias yang diminati oleh para pecinta tanaman. Pastinya nanti anda akan terlibat persaingan dengan toko lainnya. Hal tersebut tidak masalah karena peminatnya juga selalu ada.

Menjual tanaman hias yang sedang tren tidak harus sampai dewasa. Anda bisa menjual tanaman yang berusia satu minggu. Tentunya buat yang ditawarkan akan lebih terjangkau. Anda juga bisa menarik pembeli dengan berbagai variasi tren yang sedang berlangsung.

Berikut ini beberapa tanaman populer yang bisa anda jadikan bisnis tanaman hias.

  • Siklok
  • Cycads
  • Lidah Mertua
  • Peperomia Obtusifolia
  • Palem Kuning
  • Monstera
  • Anthurium

Membudidayakan tanaman langka

Bisnis tanaman hias yang cukup meraup keuntungan yang lebih adalah membudidayakan tanaman hias yang tergolong langka. Bisnis ini seperti hanya bisnis makanan yang spesial. Tanaman hias juga dapat tergolong spesial karena langka. Tanaman langka ini bisa terjual dari ratusan sampai jutaan bahkan puluhan juta.

Anda bisa meraih keuntungan sampai 5 kali lipat dibandingkan harga beli bibitnya. Jika sudah dewasa tanaman tersebut memiliki harga yang fantastis jika dibandingkan dengan biaya perawatan dan membeli bibitnya.

Berikut ini beberapa jenis tanaman hias langka yang bisa anda budidayakan

  • Bonsai
  • Anggrek Hitam Papua
  • Kadaka
  • Asoka Varigata
  • Star Sansevieria Kirkil
  • Sansevieria Bagamoyensis

Menyiapkan modal yang tepat

Modal tanaman hias untuk pemula bisa mencapai 3 jutaan tergolong cukup untuk tanaman hias yang standar. Membeli bibitnya sekitaran 2 jutaan dan peralatan lainya sekitar 1 jutaan. Akan lebih hemat lagi jika anda sudah memiliki peralatan menanam sebelumnya.

Anda bisa memulai hobi menjadi bisnis yang menggiurkan. Untuk pecinta tanaman hias bisa memulai bisnis dengan modal yang tergolong murah. Anda bisa melakukan pemasaran untuk langkah awal dengan cara online. Jika peminatnya sudah banyak anda bisa mencari tempat yang lebih strategis dan mudah dijangkau.

Tips Bisnis Tanaman Hias

Jika anda sudah mengetahui tips memulai bisnis tanaman hias selanjutnya mengetahui tips bisnis tanaman hias.

Perawatan tanaman hias

Rawatlah tanaman hias yang anda jual dengan sebaik-baiknya sesuai dengan cara perawatan yang tepat. Perawatan yang tepat akan menghasilkan tanaman hias yang tumbuh subur sehingga dapat memikat calon pembeli. Pastikan suhu dan keadaan sesuai dengan jenis tanaman hias. Termasuk pemberian pupuk yang sesuai dengan takarannya.

Menentukan target pasar

Ketika anda berbisnis tanaman hias hal utama yang penting untuk dipertimbangkan yaitu target pemasaran. Apakah anda ingin target khusus atau pada umumnya. Jika khusus biasanya tanamannya langka dengan harga yang fantastis. Jika untuk umum harga tanamannya standar seperti tanaman yang lainnya.

Menjual peralatan menanam

Selain menjual tanaman hias anda juga bisa jualan peralatan menanam seperti haknya pot, media tanah dan pupuk. Biasanya kebanyakan orang yang akan menanam mencari peralatan menanam di toko tanaman hias. Jarang sekali ada toko yang menyediakan khusus menanam saja tanpa adanya tanaman hias.

Kenapa? Karena antara tanaman biasa dan peralatan menan itu saling berkaitan jadi memudahkan konsumen untuk membeli tanaman hias sekaligus medianya. Hal ini tentunya akan memudahkan membeli untuk tidak harus membeli ke tempat yang lainya.

Mencari bibit yang berkualitas untuk diperbanyak

Carilah bibit dengan kualitas yang bagus dan super kemudian anda perbanyak dengan menggunakan cara stek. Cara perbanyakan tanaman dengan stek inilah yang menggunakan sedikit modal. Dengan demikian anda kana lebih meminimalisir pengeluaran.

Bisnis Rempah-Rempah

Selain bisnis tanaman hias seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya anda juga bisa menambah koleksi tanaman dengan ide bisnis kreatif. Apa itu? Ide untuk menanam rempah-rempah. Banyak sekali Rempah-rempah asli Indonesia yang bisa diekspor keluar negeri. Hal ini dikarenakan Indonesia memang kaya akan rempah-rempah.

Selain itu rempah-rempah juga memiliki banyak khasiat untuk obat herbal atau obat alami suatu penyakit. Jadi tidak semua penyakit harus disebutkan dengan obat kimia. Akan lebih baik jika mengkonsumsi obat herbal. Nah berikut inilah jenis rempah -rempah yang sering diekspor Indonesia

  1. Cengkeh
  2. Lada
  3. Kayu manis
  4. Jahe
  5. Pala
  6. Vanili
  7. Kunyit

Baca juga : 30 Bahan Rempah rempah Asli Indonesia

Penuhi Kebutuhan Bisnis Tanaman Hias Di Indotrading

Tahukah anda apa itu indotrading? Salah satu toko online yang menyediakan banyak supplier untuk kebutuhan berbagai usaha, termasuk usaha tanaman hias. Anda bisa melakukan pembelanjaan secara online maupun offline. Dengan belanja di indotrading anda tidak hanya akan ditawari oleh dua supplier tapi banyak supplier.

Anda bisa temukan berbagai tanaman hiasa dengan harga dan kualitas terbaik dari supplier terpecaya di Indotrading!

Setiap supplier tentunya memiliki harga yang berbeda-beda, jadi anda bisa membandingkan antara satu harga dengan harga lainnya. Sehingga budget yang anda miliki bisa mencukupi kebutuhan belanja. Tidak hanya itu saja indotrading juga menyediakan layanan penawaran langsung melalui email.

Bagaimana dengan barang yang dijual? Apa selalau original? Untuk barang yang ditawarkan dapat dipastikan original. Anda bisa melakukan pembelian secara offline atau datang langsung ke tokonya ataupun secara online dengan chat langsung pemilik tokonya.

Jika ternyata alamat yang tertera pada penasaran dekat dengan rumah anda bisa langsung mengunjungi tokonya. Selain itu tersedia juga nomor handphone yang bisa anda hubungi. Jadi tidak akan salah satu keliru karena dekat dengan rumah atau lokasi bisnis anda.

Belanja di indotrading selalu memudahkan membelinya. Anda tunggal mencari kebutuhan bekerja di mesin pencarian kemudian akan muncul berbagai penawaran menarik dari berbagai supplier. Bandingkan harga dengan toko lainya dan melakukan transaksi pembelian dengan mudah.

Indotrading sudah menyediakan banyak jenis e-commerce atau pembayaran secara online. Bisa lewat rekening ataupun kartu kredit. Sekarang kebutuhan belanja online jadi lebih dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih.

Apakah anda tertarik Bisnis tanaman hias? Jika tertarik jangan lupa untuk pelajari langkah-langkah dalam berbisnis. Jangan lupa juga untuk membeli kebutuhan berbagai bisnis yang anda jalankan dengan belanja terpercaya di indotrading. Temukan banyak penawaran yang menarik mulai dari harga dan barangnya.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top