Insight

30 Bahan Rempah rempah Asli Indonesia yang Wajib Diketahui

rempah rempah asli indonesia

Rempah rempah asli Indonesia tentu saja tidak asing bagi kamu yang hobi memasak masakan nusantara. Bisa dibilang bahwa rempah-rempah adalah jiwa dari setiap masakan nusantara. Tanpa rempah-rempah yang cukup, sebuah masakan nusantara akan terasa kurang pas di lidah.

Terdapat banyak sekali jenis rempah rempah di Indonesia. Meskipun banyak digunakan sebagai bumbu masak, rempah-rempah ini juga memiliki banyak manfaat lain selain seperti minuman penghangat dan obat. Maka pastikan kamu beli rempah rempah dan menyimpannya sebagai stok di rumah.

30 Bahan Rempah – rempah Asli Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan  rempah-rempah sebagai jenis tanaman yang memiliki aroma khas, yang mana aroma ini dapat memberikan cita rasa khusus pada masakan.

Indonesia dikenal dengan masakan nusantara yang khas dengan berbagai rempah-rempahnya. Rempah-rempah ini bahkan menjadi alasan datangnya bangsa Eropa ke berbagai wilayah di Indonesia dan memiliki nilai jual tinggi di negara mereka. Hal ini menunjukkan bahwa rempah rempah atau bumbu dapur merupakan aset tersendiri yang dimiliki Indonesia

Rempah rempah asli Indonesia sangatlah beragam. Beberapa rempah mungkin sudah familiar di telingamu, namun ternyata masih banyak rempah lain yang belum banyak dikenal loh. Berikut 30 rempah khas Indonesia yang perlu kamu tahu:

Bawang merah

rempah rempah asli indonesia 1

Mari kita mulai dengan yang paling familiar dan paling sering digunakan. Yaps, bawang merah. Rempah ini adalah rempah wajib yang perlu kamu gunakan saat memasak. Aromanya sangat diperlukan untuk melengkapi masakan yang kamu buat.

Bawang putih

rempah rempah asli indonesia 2

Memasak menggunakan bawang merah tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan bawang putih juga. Dua bawang ini memang saling melengkapi dalam masakan. Sebuah masakan akan terasa hambar tanpa kedua bawang ini.

Ketumbar

rempah rempah asli indonesia 3

Rempah ini sering tertukar dengan merica bagi yang belum begitu paham bumbu dapur. Meski terlihat mirip, namun dua rempah ini jelas memiliki cita rasa bahkan kegunaan yang berbeda.

Biji ketumbar memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding merica. Ketumbar memiliki cita rasa yang harum dan sulit dijelaskan. Biji ini biasa digunakan sebagai bumbu tambahan untuk menggoreng tempe.

Jahe

rempah rempah asli indonesia 4

Bukan hanya dalam hal bumbu masakan, jahe juga menjadi primadona sebagai bahan minuman kesehatan. Jahe memberikan rasa hangat dan pedas dengan porsi yang khas.

Selain digunakan untuk membuat minuman dan bumbu masakan, jahe juga kerap kali digunakan sebagai obat-obatan karena memiliki khasiat yang baik untuk tubuh.

Kunir

rempah rempah asli indonesia 5

Kamu pasti sering melihat makanan berkuah yang memiliki warna kuning menggoda yang menambah estetika makanan tersebut. Warna kuning tersebut dihasilkan oleh kunir yang biasanya ditumbuk. Tak heran kalau kunir hampir menjadi bumbu wajib dalam setiap masakan khas nusantara seperti gulai, semur, dan opor.

Selain sebagai bumbu masak, kunir juga salah satu rempah yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan jamu karena memiliki berbagai khasiat yang baik untuk tubuh.

Lengkuas

rempah rempah asli indonesia 6

Lengkuas adalah rempah yang juga bumbu dapur lain yang perlu kamu ketahui. Lengkuas memiliki bentuk yang hampir sama dengan jahe maupun kunir karena sama-sama beruas. Lengkuas memiliki tekstur yang lebih keras dibanding jahe dan kunir. Lengkuas memiliki banyak kegunaan, bisa digunakan untuk bumbu makanan tumis, asam, maupun bersantan.

Baca juga : 10 Ide Bisnis Makanan Kering yang Banyak Digemari

Temulawak

rempah rempah asli indonesia 7

Temulawak memiliki bentuk dan warna yang hampir sama dengan kunir. Sama-sama memiliki warna oranye menyala. Temulawak lebih banyak dikonsumsi sebagai minuman, karena memiliki banyak khasiat.

Temulawak aman digunakan untuk semua rentang usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Temulawak juga aman bahkan baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena dapat meningkatkan produksi ASI.

Pala

rempah rempah asli indonesia 12

Rempah ini memiliki harga yang lumayan. Pala memiliki banyak sekali manfaat baik bagian buah, kulit, bahkan daunnya. Bagian buahnya biasa digunakan sebagai bahan manisan seperti halnya carica.

Bagian yang biasa digunakan sebagai campuran bumbu masak adalah pala yang berbentuk bubuk yang biasa digunakan sebagai bumbu pelengkap roti, kue, maupun minuman segar sebagai penyedap.

Daun salam

Memasak masakan yang menggunakan santan, tidak akan lengkap tanpa menggunakan daun ini. Daun ini memiliki bentuk seperti daun pada umumnya, namun tentu saja memiliki aroma yang khas.

Daun ini bahkan masih dapat mengeluarkan aromanya dengan baik ketika sudah kering. Jadi ketika kamu memiliki daun ini sebagai persediaan sedangkan daun ini sudah kering, jangan terburu-buru membuangnya ya.

Merica

Merica merupakan salah satu bumbu dasar di dapur. Merica memiliki rasa agak pedas. Biasanya merica dijual dengan 2 bentuk yaitu utuh atau bubuk. Untuk digunakan sebagai bumbu masak, merica utuh biasanya ditumbuk terlebih dulu sampai halus agar tidak mengganggu saat menikmati masakan.

Sereh

Rempah lain yang bisa digunakan sebagai minuman adalah sereh ini. Sereh akan memberikan rasa segar pada minuman hangat. Ketika digunakan sebagai bumbu masakan, sereh biasanya diikat dan digeprek. Namun dalam masakan tertentu, sereh juga diiris tipis sebagai tambahan aroma seperti dalam sambal matah.

Baca juga : 10 Bisnis Kuliner dengan Target Pasar Kaum Millenial

Kencur

Bagi kamu yang hobi memasak seblak, tentu sudah tidak asing lagi dengan rempah ini. Kencur adalah bumbu wajib yang harus kamu sertakan saat ingin membuat seblak. Selain sebagai bumbu masak, kencur juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jamu karena memiliki segudang manfaat.

Kemiri

andaromesin.com

Kemiri memiliki bentuk yang khas dan berwarna putih. Kemiri ini biasa digunakan untuk mengentalkan kuah dalam masakan nusantara. Cara menggunakannya adalah dengan ditumbuk sampai halus lalu ditumis bersama bumbu masakan yang lain.

Asam jawa

Dulu kamu mungkin masih banyak menjumpai pohon asam dimana-mana. Sayangnya, pohon asam ini sekarang lumayan jarang ditemui padahal banyak digunakan sebagai tambahan cita rasa asam pada masakan misalnya sayur asam.

Asam jawa juga tidak jarang dipakai  untuk membuat jamu-jamu tradisional karena memiliki efek samping yang baik bagi kesehatan.

Jinten

Rempah ini lumayan asing di telinga anak muda. Jinten memiliki rasa yang relatif pait. Biasanya digunakan pada masakan yang berkuah seperti gulai dan kari. Jinten juga bisa digunakan sebagai obat radang dan gangguan sistem pencernaan.

Kapulaga

Kapulaga memiliki aroma yang khas bahkan ketika kamu hanya merendamya di dalam air selama 30 menit. Khasiatnya juga dapat kamu peroleh melaluia air rendaman tersebut untuk digunakan sebagai anti-depresan.

Tentu saja seperti halnya rempah rempah lain, kapulaga juga dapat digunakan sebagai bumbu masakan meskipun tidak banyak, karena harganya yang lumayan mahal.

Kayu manis

Kamu yang hobi bereksperimen dengan baking dan pastry, pasti tidak asing dengan hal satu ini. Kayu manis biasa digunakan sebagai penyedap di berbagai masakan manis termasuk agar-agar maupun puding.

Selain aroma, rasa dari kayu manis juga khas sehingga sering dijadikan campuran bahkan rasa utama dalam sebuah kue. Selain itu, bubuk kayu manis juga biasa dijadikan sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan berbagai macam makanan manis.

Cengkeh

Cengkeh memiliki berbagai kegunaan meski tidak banyak digunakan dalam bumbu masakan. Kegunaan cengkeh lebih banyak digunakan sebagai obat karena khasiatnya yang kuat. Selain itu, cengkeh juga dapat digunakan sebagai hiasan pada kue kering yang biasa disuguhkan di hari raya.

Andaliman

wikimedia

Andaliman memiliki cita rasa pedas, namun tentu sangat berbeda dengan pedas yang dihasilkan dari cabai, sereh, maupun jahe. Andaliman ini juga dikenal sebagai merica batak karena banyak di jumpai di makanan khas Batak.

Daun jeruk

Jika masakanmu masih kurang segar setelah menggunakan sereh dan tidak cocok dengan jeruk nipis, daun jeruk bisa menjadi solusi. Seperti buahnya, daun jeruk juga memiliki aroma segar dan sedikit asam.

Kemukus

Jika kamu kira black pepper hanya berbeda warna dengan merica (putih), maka kamu salah besar. Black pepper merupakan jelmaan dari buah kemukus ini. Kemukus memiliki bentuk yang unik karena biasa dijual secara kering beserta tangkainya.

Bunga lawang

wikipedia

Rempah jenis ini tergolong asing didengar padahal bentuknya sangat cantik dengan bentuk bunga yang terdiri dari 8 ruas berwarna coklat. Bunga ini biasa digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan.

Pandan

Daun berwarna hijau pekat dan berbentuk sejajar ini memiliki aroma yang wangi menentramkan. Selain diambil wanginya, daun pandan juga banyak diambil warnanya yang memiliki hijau pekat.

Adas

Adas adalah salah satu rempah yang digunakan dalam pembuatan minyak telon. Adas memiliki. Selain bijinya, daun pohon adas juga bisa dimanfaatkan sebagai sayuran.

Jeruk nipis

Jeruk nipis banyak digunakan sebagai tambahan rasa asam segar pada makanan berkuah seperti soto. Jeruk nipis juga banyak digunakan sebagai bahan minuman, baik sebagai bahan utama ataupun variannya saja. Hal ini karena rasa segar yang ada pada jeruk nipis sangat khas tidak bisa digantikan dengan kesegaran yang lain.

Kluwek

wikipedia

Ketika kamu memasak rawon, jangan sampai melupakan rempah satu ini. Kluwek merupakan rempah yang sangat khas dalam masakan rawon. Selain itu, kluwek juga dapat memberikan warna coklat kehitaman yang khas.

Cabe

Memasak nusantara tanpa menggunakan cabe, pasti akan terasa kurang. Lidah orang Indonesia memang biasa mengenal rasa pedas dari cabe, bahkan cabe segar. Jadi, cabe banyak sekali digunakan pada masakan nusantara baik dengan diiris-iris, maupun dihaluskan.

Vanili

Vanili biasa dibuat dalam bentuk bubuk dan digunakan sebagai pengharum makanan terutama makanan manis. Vanili tidak banyak digunakan karena memang memiliki harga yang fantastis.

Jeruk purut

Membuat sambal menggunakan jeruk ini ini akan menambah rasa segar serta sedikit asam pada sambal yang anda buat. Jeruk satu ini memang banyak digunakan sebagai bahan masakan terutama sambal.

Serai

Terakhir yaitu daun serai atau sereh yang dalam bahasa latin yaitu Cymbopogon Citratus. Tanaman ini tergolong rumput – rumputan yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Fungsi daun serai sebagai penambah aroma masakan supaya lebih nikmat.

Indotrading adalah sebuah direktori bisnis yang menjual berbagai macam barang dari berbagai kategori mulai dari alat elektronik, konstruksi dan properti, alat ukur dan survey, mesin, bahan kimia, lampu dan aksesoris, makanan dan minuman, bahkan kerajinan dan hasil kesenian.

Meski terkesan didominasi perlengkapan dan perkakas mesin, namun kamu juga bisa beli rempah rempah melalui Indotrading. Kamu tinggal mengetikkan kebutuhan yang kamu cari di kolom pencarian yang sudah disediakan dan tunggu beberapa saat. Berbagai rempah yang kamu cari akan muncul di layar ponselmu.

Rempah rempah asli Indonesia memang memiliki banyak manfaat. Tidak hanya digunakan untuk bumbu masakan, rempah rempah juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jamu karena memiliki khasiat yang tidak main-main. Kamu dapat beli rempah rempah dengan mudah tanpa harus repot bangun pagi dan pergi ke pasar. Caranya, kamu tinggal memesannya secara online di Indotrading.

To Top