Economy and Business

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok Bagi Para Ibu Rumah Tangga

pekerjaan sampingan ibu rumah tangga

Saat kamu memutuskan untuk menikah dan memiliki sang buah hati, sebagai seorang wanita, kamu akan dihadapkan dua pilihan, yakni tetap berkarir atau sepenuhnya menjadi ibu rumah tangga. Tak sedikit dari mereka yang memilih untuk tetap berkarir dan tak sedikit pula yang mendedasikan diri mereka untuk menjadi seorang ibu rumah tangga, mengurus sang buah hati, dan melayani sang suami. Biasanya, bagi wanita yang sudah terbiasa bekerja pada masa lajangnya, menjadi ibu rumah tangga akan membuat mereka bosan dan merasa kurang berdaya secara finansial. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengusir kebosanan, menambah penghasilan, sekaligus menuruti hasrat berkarir adalah dengan memulai bisnis rumahan. Nah, tulisan di bawah ini akan mengupas beberapa peluang ide bisnis rumahan yang bisa dicoba untuk para ibu rumah tangga. Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Membuat Usaha Kue Kering

Ide bisnis rumahan

Kue kering kerap menjadi salah satu kudapan wajib yang tersedia di meja di rumah bagi keluarga, terutama pada perayaan hari-hari besar seperti Hari Natal dan Hari Raya Idul Fitri. Oleh karena itu, bagi kamu yang mahir dalam urusan membuat berbagai macam kue kering, ada baiknya kamu menyalurkan bakat dan potensimu menjadi sebuah peluang bisnis yang menggiurkan.

Langkah awal yang perlu kamu ambil adalah menentukan jenis kue kering yang ingin kamu jual sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Setelah itu, agar kamu bisa bersaing dengan produsen kue kering lainnya, kamu bisa mencoba memvariasikan rasa dan bentuknya agar lebih kekinian dan tentunya menarik perhatian konsumen.

Soal pemasaran, kamu tak usah khawatir, karena banyak sekali platform yang bisa kamu manfaatkan, mulai dari mejajalkannya pada saat arisan atau acara keluarga, membuka toko kue kering, menitipkannya ke warung-warung, atau bisa juga dengan menjualnya secara online di berbagai aplikasi penjualan daring.

2. Menjadi Reseller/Dropshipper

ide bisnis rumahan

Seiring perkembangan teknologi yang kian pesat, perdagangan berbasis daring kini makin digemari banyak orang di seluruh dunia. Tak heran, perusahaan-perusaahan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dsb, kian menjadi primadona yang banyak dielu-elukan masyarakat digital ini. Melihat hal tersebut, kamu harus bisa menjadikannya peluang untuk membuka bisnis dan menghasilkan penghasilan tambahan.

Jika kamu belum memiliki atau memproduksi produk-produkmu sendiri, maka tak ada salahnya untuk kamu menjadi seorang reseller atau dropshipper dan mendapatkan komisi atas produk-produk yang kamu jual. Tak perlu mengeluarkan modal apapun, hanya bermodal kuota internet dan keterampilan di bidang pemasaran, kamu bisa mengantongi banyak keuntungan yang tak bisa dipandang sebelah mata.

3. Membuka Usaha Katering

ide bisnis rumahan

Biasanya, salah satu keterampilan yang banyak dimiliki oleh seorang ibu rumah tangga adalah memasak. Maka dari itu, membuka usaha catering bisa menjadi salah satu opsi peluang bisnis terbaik yang bisa kamu coba. Pasalnya, bermodal kemampuan memasak dan produk-produk makanan yang menggoyang lidah, kamu bisa berkesempatan untuk mendulang keuntungan dan omzet yang menggiurkan, jika usahamu sudah besar dan banyak dikenal orang.

Sebagai langkah awal, kamu bisa mencoba menyajikan resep-resep makanan andalanmu, baik pada saat acara keluarga, arisan, atau kesempatan-kesempatan lainnya yang memungkinkan orang-orang untuk mencicipi hidangan yang kamu sajikan. Setelah itu, kamu bisa mencoba untuk menjajakan kateringmu pada orang-orang dekat, dan jika bisnis sudah cukup berkembang, kamu bisa mencoba untuk menerima catering untuk kantor-kantor yang kerjasamanya bersifat jangka panjang. Jangan kaget jika kamu harus menambah banyak karyawan kalau usaha kateringmu sudah banyak dipesan banyak orang!

4. Bisnis Tanaman Hias

ide bisnis rumahan

Bisnis tanaman hias merupakan ide bisni rumahan yang tepat bagi kamu yang memiliki hobi dan kemahiran dalam berkebun dan merawat tanaman. Kamu bisa memulainya dengan melakukan pembibitan bunga dan tanaman di pekarangan rumah serta mengaplikasikan kreativitasmu dalam menciptakan tanaman hias yang menarik. Dengan memiliki pekarangan sendiri, kamu pun bisa merambah ke bisnis lainnya, seperti membuat buket bunga untuk acara-acara spesial atau bahkan karangan bunga.

Kamu bisa memulai bisnis ini dengan memasarkannya pada tetangga dan teman-temanmu atau dengan memanfaatkan acara pameran taman hias yang biasanya digelar di sekitar rumahmu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kehebatan internet, baik melalui aplikasi jual-beli online maupun sosial media, sebagai sarana untuk memasarkan produk-produkmu agar lebih banyak di kenal banyak orang.

5. Membuka Usaha Laundry

ide bisnis rumahan

Jika kamu tinggal di daerah yang banyak ditempati oleh para pelajar, karyawan-karyawan perusahaaan, atau para pendatang lainnya dari luar daerah, usaha laundry bisa menjadi usaha bisnis yang cukup menguntungkan. Pasalnya, orang-orang yang tinggal di kontrakan atau kost-kostan, akan jarang memiliki waktu untuk mmencuci pakainnya sendiri dan memilih untuk menyerahkannya pada jasa laundry.

Bermodalkan beberapa mesin cuci seharga jutaan rupiah, setrika listrik, serta parfum laundry, kamu bisa membangun bisnis laundry dan tentunya meraup banyak keuntungan atas bisnis satu ini. Jika sudah banyak orderan yang masuk, kamu bisa merekrut beberapa orang pegawai untuk turut mengurusi usahamu ini.

Baca juga: 10 Tips Mengatur Gaji Bulanan agar Tak Sekadar Lewat

Nah, demikianlah deretan ide bisnis rumahan yang bisa dicoba bagi para ibu rumah tangga. Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti harus semata-mata mengurus keluarga saja, tetapi bisa juga tetap membuka usaha dan turut berkontribusi menstabilkan keuangan keluarga. Selain kelima bisnis di atas, masih banyak juga kok peluang lainnya yang bisa coba kamu jajal, seperti menjadi MUA, berbisnis pakaian, dan lain sebagainya. Semoga berhasil ya!

To Top