Insight

Salut! Bisnis Artis Ini Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

bisnis artis

Kali ini tim News Indotrading akan membahas mengenai beberapa bisnis artis yang mampu bertahan dari pandemi serta beberapa tips dari mereka yang bisa menjadi bahan pembelajaran.

Pandemi Covid-19 banyak menyebabkan penurunan di berbagai sektor, tidak terkecuali pada bidang ekonomi dan bisnis. Hal ini menyebabkan banyak orang di PHK karena penurunan omzet yang mengakibatkan perusahaan merugi.

Akibat kerugian dan penurunan ini, banyak pengusaha terpaksa gulung tikar dan menutup perusahaannya. Namun, tidak jarang juga ditemukan para pengusaha yang gigih dan berhasil mempertahankan bisnisnya di tengah pandemi, tidak terkecuali bisnis artis tanah air.

Beberapa Bisnis Artis yang Masih Bertahan

Situasi pandemi saat ini merupakan sebuah tantangan baru bagi para pengusaha untuk terus kreatif dan berinovasi agar bisnisnya mampu bertahan dan bersaing. Beberapa artis ini telah berhasil mempertahankan bisnisnya sampai saat ini. Ketahui siapa saja mereka dan apa saja bisnis yang mereka jalankan.

Daniel Mananta

Telah lebih dari 10 tahun lamanya, artis sekaligus presenter Daniel Mananta telah berkiprah di dunia bisnis pakaian. Daniel memiliki usaha bisnis pakaian yang bernama DAMN! I Love Indonesia. Saat ini bisnis tersebut telah mampu merambah pasar luar negeri dan telah memiliki banyak store di berbagai mall di Indonesia.

Bukan tanpa rintangan, di situasi pandemi saat ini Daniel selalu berusaha memutar otak supaya bisnis miliknya mampu bertahan dan bersaing. Salah satu tips yang dijalankan adalah dengan mengalihkan penjualan secara online.

Baca juga : Pelajari 9 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Mengingat banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari penjualan secara online, mulai dari biaya yang tergolong murah hingga akses masyarakat Indonesia terhadap pemakaian media online yang sangat mendukung menyebabkan tercapainya target pasar.

Selain itu, Daniel juga mengungkapkan bahwa story telling merupakan hal yang sangat penting dari sebuah brand. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagai seorang pengusaha, produk yang kita jual juga harus memiliki nilai lebih yang dapat membedakan produk kita dengan produk lainnya.

Tidak hanya kualitas produk yang harus tinggi, namun sebagai pengusaha kita juga harus mempunyai strategi story telling yang tepat kepada para customer.

Titi Kamal

Setelah sukses di dunia entertainment, istri dari aktor bernama Christian Sugiono ini juga mencoba menginvestasikan uangnya dengan terjun di dunia bisnis. Sudah diketahui banyak orang bahwa Titi Kamal telah memiliki banyak bisnis, baik dalam bidang kuliner, kecantikan hingga bisnis di dunia digital.

Bisnis kuliner miliknya telah dimulai sejak tahun 2005 dengan mendirikan restoran seperti Sushi Mia81, Warung Tekko dan Riung Sari. Setelah sukses membuka berbagai restoran, sejak 2011 Titi Kamal juga membuka usaha catering bernama Titisari Catering.

Selain itu, Titi kamal juga mempunyai bisnis kue yang cukup populer di pasaran bernama Vava Cake serta bisnis kecantikan bernama Kamalia. Bisnisnya mulai melejit dimana-mana dan dikenal banyak orang.

Bahkan sampai saat ini bisnisnya masih mampu bertahan ditengah pandemi, seperti bisnis ayam geprek yang diberi nama Ayam Jerit yang telah memiliki berbagai cabang di area Jakarta dan Depok.

Terkenal dengan bisnisnya yang telah berhasil mencapai target pasar, Titi Kamal juga memiliki strategi dan tips bisnis agar bisnisnya mampu bertahan bahkan di tengah pandemi seperti saat ini.

Salah satu caranya adalah dengan cara melakukan promosi yang baik, dan menentukan strategi distribusi penjualannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa strategi promosi merupakan salah satu poin yang sangat penting untuk memikat pembeli.

Strategi promosi yang baik dan tepat akan mampu memberikan image yang baik kepada pembeli sehingga mereka mau membeli produk kita. Kita juga bisa melakukan endorse ke artis-artis maupun selebgram untuk memperkenalkan bisnis kita sehingga bisa dikenal banyak orang.

Selain itu, Titi Kamal juga menyebutkan bahwa sebagai seorang pebisnis kita juga harus pantang menyerah. Hal ini karena dunia bisnis pasti selalu ada up dan down-nya.

Kita harus belajar tips bisnis dari orang-orang yang telah sukses, mengikuti seminar, dan sejenisnya. Sebagai seorang pengusaha kita juga harus aktif dalam menciptakan inovasi pada produk kita agar pembeli tidak mudah bosan.

Ruben Onsu dan Sarwendah

Siapa yang tidak kenal dengan pasangan suami istri yang satu ini. Selain aktif di layar kaca, Ruben Onsu juga terkenal akan bisnis-bisnis kulinernya.

Ruben Onsu berhasil melejitkan bisnis miliknya hingga menghasilkan keuntungan yang besar. Bisnis Ruben Onsu ini telah tersebar di berbagai gerai di seluruh Indonesia bahkan telah merambah sampai luar negeri.

Selain bisnis Ayam gepreknya yang sangat populer dan menjadi favorit banyak kalangan, Ruben Onsu dan Sarwendah juga memiliki bisnis-bisnis lainnya yang tidak kalah populer.

Bisnis yang dikelola antara lain seperti Geprek Bensu, Bensunda, Bensu Bakso, Bensu Frozen, Bensu Drink, Kedai Kopi, Media Onsu Perkasa, Sarwendah Juice, dan bisnis Fesyen dengan produknya daster untuk ibu-ibu yang dikelola langsung oleh Sarwendah.

Baca juga : 9 Tips Bisnis Frozen Food Bagi Pemula

Sebagai seorang pebisnis, Ruben Onsu juga memiliki kunci suksesnya sendiri. Dia mengatakan bahwa sebagai seorang pebisnis kita harus menjadi diri sendiri tanpa harus meniru ide usaha milik orang lain, ketika punya ide segera realisasikan dan usahakan untuk turun langsung mengelola usahanya sendiri.

Selain itu, berbisnis juga membutuhkan kerja keras dan perjuangan, kita harus banyak belajar dan berproses. Carilah peluang usaha yang dibutuhkan banyak orang dan fokuslah untuk memajukan usahamu.

Indra Bekti

Selain aktif sebagai presenter, Indra Bekti juga merambah dunia bisnis. Bahkan di tengah pandemi ini, bisnis Indra Bekti tetap berjalan dan mendapatkan peningkatan keuntungan.

Mulai dari bisnis kue, Inbek Entertainment, Inbek Clothes, Inbek Event, Inbek Travel, hingga sekolah public speaking telah dijalankan Indra Bekti.

Bisnis kulinernya yang populer diantaranya adalah bisnis Nasi Bekti yang menjual rice bowl dengan berbagai macam topping yang menarik pembeli, seperti nasi bekti bumbu bali, nasi bekti kecombrang, dan lain sebagainya.

Dengan adanya inovasi tersebut maka tidak heran jika bisnis Indra Bekti ini mampu bertahan meski di tengah pandemi.

Tips berbisnis dari presenter yang satu ini cukup unik dan menarik. Menurutnya, menentukan bisnis yang paling baik adalah dengan melihat hobi kita, karena ketika kita melakukan hal yang disukai, maka bisnis akan berjalan dengan baik dan tanpa beban.

Baca juga : 10 Ide Bisnis Kreatif yang Mendatangkan Banyak Omzet

Selain itu, dalam berbisnis sebaiknya kita juga terjun langsung untuk mengurus bisnis daripada membiarkan orang lain mengurusnya. Banyak belajar dari orang lain juga menjadi hal penting dalam bisnis.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Indra Bekti yang banyak belajar cara berbisnis dari teman-temannya sesama artis, seperti Raffi Ahmad dan Ruben Onsu. Hal ini dia lakukan supaya bisnisnya mendapat banyak pandangan dan tidak salah melangkah.

Demikian beberapa bisnis artis yang mampu mempertahankan dan menjalankannya di tengah pandemi. Sebagai seorang pebisnis kita mampu belajar bahwa tidak ada hal yang mudah dalam memajukan usaha, kadang naik dan kadang turun.

Kita harus mampu beradaptasi dengan situasi yang ada dan membuat kreativitas dan inovasi dalam produk dan pemasaran supaya usaha kita mampu bertahan dan bersaing.

To Top