Insight

Pelajari 9 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

cara bisnis online

Meskipun belum memiliki pengalaman berbisnis, Anda masih bisa merasakan pengalaman usaha yang optimal. Berbagai cara bisnis online kini bisa diawali dengan mudah oleh siapa saja, baik tua maupun muda. Kira-kira, bisnis apa yang potensial untuk menambah pendapatan?

Cara Bisnis Online Bagi Pemula

Memulai bisnis untuk kali pertama memang tidak mudah dan banyak tantangannya. Namun, dengan ide-ide kreatif dan cemerlang selama mempersiapkannya, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak hanya itu, penghasilan meningkat secara signifikan dan perlahan.

1. Cari dan temukan masalah yang dialami konsumen

cara bisnis online 1

Kunci utama yang paling vital dalam mendirikan sebuah bisnis adalah ketika mampu memahami masalah yang ingin dipecahkan konsumen dengan memanfaatkan produk atau jasa Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan yang baru saja merintis cenderung mudah bangkrut akibat tidak mampu menyelesaikan problem masyarakat. Untuk itu, ada baiknya Anda memikirkan produk sekaligus manfaat yang bisa ditawarkan kepada banyak orang.

  • Analisis masalah yang sedang dihadapi oleh konsumen
  • Dapatkan kesempatan bisnis dari mana saja
  • Putuskan masalah serta potensi bisnis yang ada

2. Lakukan riset pasar

cara bisnis online 2

Setelah menemukan masalah yang ingin Anda atasi, segera fokuskan diri untuk melakukan riset dan mendalami peluang bisnis tersebut. Manfaatkan data objektif sebagai pertimbangan terbaik bagi bisnis online Anda.

Mendapatkan data objektif berarti tidak semata-mata menyerap opini yang ada di sekitar Anda. Opini dan testimoni memang perlu, namun sambungkan manfaat nyata dari produk dan indikasinya bagi seseorang.

Berikut bentuk-bentuk riset pasar yang bisa dilakukan:

  • Riset keyword untuk menemukan solusi yang paling banyak dicari oleh konsumen
  • Update tren di media sosial
  • Lakukan survey
  • Gabung ke komunitas sesuai bidang bisnis online

3. Analisis keberadaan kompetitor

cara bisnis online 3

Ada beberapa informasi penting yang bisa dipilah dan disaring kembali untuk mendukung rintisan bisnis Anda sendiri. Hal ini dapat berupa kelebihan, kekurangan, serta pendekatan kompetitor kepada para pelanggan.

Analisis yang mendalam akan membawa usaha Anda lebih unggul dari kompetitor. Selain itu, Anda lebih mudah menargetkan kelebihan bisnis sendiri yang tidak ditemukan di tempat lainnya.

Bentuk analisis yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Kelompokkan menjadi kompetitor utama, sekunder, dan tersier
  • Perdalam websitenya
  • Kunjungi akun media sosial kompetitor
  • Cek testimonia tau review yang diperoleh
  • Cari tahu market positioning yang digunakan
  • Lakukan perbandingan harga

Baca Juga: 12 Ide Bisnis untuk Mahasiswa Selama Kuliah Online

4. Tentukan model bisnis yang ingin dijalani

cara bisnis online 4

Model bisnis menjadi strategi yang tidak bisa Anda lakukan secara asal-asalan. Target dan tujuan dari sebuah usaha boleh jadi sama, namun bentuk serta cara menjualnya pasti berbeda-beda. Pastikan Anda memilih yang paling banyak memberikan keuntungan dan mampu menyesuaikan situasi kondisi saat ini.

Cobalah untuk membandingkan beberapa model di bawah ini:

  • Reseller untuk yang siap modal dan mampu stok barang
  • Dropshipper jika tidak ingin mengeluarkan modal dan bekerja secara fleksibel
  • Affiliate untuk Anda yang lebih nyaman dengan dunia blog serta tidak berfokus pada produk fisik
  • Marketplace selling sebagai perantara penjualan produk
  • Website selling jika ingin berhadapan langsung dengan pelanggan
  • Publisher Google Ads jika berminat pada dunia iklan secara online

5. Tentukan dan analisis target pasar

cara bisnis online 5

Target market atau target pasar merupakan kumpulan orang yang memiliki karakteristik sama dan berpotensi untuk membeli produk Anda.

Semakin spesifik target marketnya, maka semakin besar kesempatan Anda untuk menyusun strategi pemasaran paling tepat bagi para calon konsumen.

Pertama, Anda harus mengelompokkan target ke dalam faktor demografi dan psikografi. Demografi terdiri dari umur, jenis kelamin latar belakang, dan lain-lain. Sedangkan, psikografi memberikan pendekatan pada hobi, penganut nilai tertentu, serta ketertarikan terhadap sesuatu.

Barulah Anda menentukan buyer persona sebagai bentuk ideal dari orang-orang yang akan membeli produk tersebut. Kuasai target pasar yang sudah ditentukan untuk mendukung marketing paling cocok bagi calon pelanggan.

6. Ini produk yang bisa dijual online

cara bisnis online 6

Produk apa yang akan Anda jual sesaat lagi? Anda bisa menjawabnya setelah menentukan hasil dari riset pasar, analisis kompetitor, serta target pasar yang sesuai.

Satu hal yang perlu Anda terapkan adalah menentukan Unique Selling Point sebagai penentu keunggulan bisnis dibandingkan kompetitor lainnya.

Setidaknya, berikut ini produk-produk yang bisa ditawarkan secara online:

  • Jasa: Booking tiket pesawat dan hotel, konsultasi pemasaran, serta ekspedisi atau kirim barang
  • Produk fisik dan digital: Makanan dan minuman, alat kesehatan, pakaian, e-book, software

7. Bangun website bisnis

cara bisnis online 7

Official website atau website resmi menjadi salah satu cara bisnis online supaya mampu berkembang dan meningkatkan kepercayaan dari masyarakat.

Sebagai “toko” yang buka 24 jam, hal ini akan memudahkan pemiliknya berhubungan langsung dengan pelanggan. Selain itu, adanya website akan membantu para konsumen untuk menentukan pilihan tepat dan segera menerima penawaran dari bisnis anda.

8. Praktikkan strategi pemasarannya

cara bisnis online 8

Jika semuanya sudah matang, segera eksekusikan strategi pemasaran berikut ini:

  • Gunakan Google Bisnisku supaya banyak pelanggan mampu menjangkau bisnis Anda. Lengkapi nama usaha, alamat, nomor telepon, laman website, e-mail, waktu operasional, serta foto terbaru supaya mendapatkan review yang terpercaya
  • Lakukan optimasi website dengan bantuan tools SEO
  • Manfaatkan keberadaan seluruh media sosial bisnis Anda dengan membagikan konten branding dan terapkan tips digital marketing

9. Hargai keberadaan pelanggan setia

cara bisnis online 9

Tentu Anda merasa senang apabila banyak pelanggan melakukan repeat order produk untuk kesekian kalinya. Mengapresiasi konsumen setia ternyata berdampak positif pada bisnis online Anda. Hal ini dapat berupa e-mail marketing, loyalty member, dan layanan Customer Support.

Baca Juga: 10 Pilihan Ide Bisnis Online Tanpa Modal Sekalipun

Tahapan dan cara bisnis online untuk pemula rasanya mampu memudahkan Anda untuk mendirikan lahan usaha yang menguntungkan. Namun, jangan lupakan kebutuhan alat dan barang yang meringankan beban Anda dengan mempercayakannya kepada indotrading.com.

To Top