Insight

Mengenal Jenis Pipa Galvanis dari Fungsi Hingga Ukurannya

Kali ini tim News Indotrading akan membahas mengenai jenis pipa galvanis mulai dari ukuran, fungsi serta harganya. Jika Anda sedang mencari pipa dengan kualitas terbaik dari supplier terpercaya, Anda bisa temukan di sini.

Pipa Galvanis merupakan salah satu pipa yang banyak digunakan dalam bidang konstruksi bangunan. Penggunaan nya sudah tidak asing lagi. Pipa ini terbuat dari bahan material baja karbon yang dilapisi lapisan galvanis atau lebih dikenal seng.  tujuannya adalah  agar pipa tidak mudah mengalami korosi dan tahan lebih lama atau awet. Itu mengapa pipa galvanis ini juga sangat cocok untuk lokasi dengan curah hujan tinggi dibandingkan pipa jenis lain.

Fungsi Pipa Galvanis

Sudah terkenal di dunia konstruksi bangunan, pipa galvanis banyak digunakan sebagai pipa sistem saluran dan juga pipa pemsangan listrik. Berikut penjelasan detail mengenai fungsi pipa galvanis.

  1. Pipa Sistem Saluran

Pipa galvanis sangat cocok untuk dijadikan sebagai pipa sistem saluran air karena keunggulannya yang sudah banyak diketahui, yaitu awet dan anti karat. Dengan bahan material baja yang dilapisi seng atau lapisan galvanis pipa ini pas dijadikan sebagai sistem saluran air. Namun, pipa galvanis ini tidak direkomendasikan untuk sistem aliran air panas karena sifatnya yang tidak cukup kuat untuk menahan panas.

  1. Pipa Pemasangan Listrik

Pipa galvanis juga banyak digunakan sebagai pipa pemasangan listrik. Meskipun pipa galvanis tidak cukup kuat untuk menahan tekanan panas, jenis ini sangat direkomendasikan untuk pemasangan listrik. Alasan utamanya adalah karena pipa galvanis dapat mengurangi gangguan yang sering ditemukan di penghantar listrik . Pipa ini juga mudah untuk dibongkar pasang. Hal tersebut menjadi pilihan utama pipa galvanis ini dijadikan sebagai pipa pemasangan listrik.

Kelebihan dan Kekurangan pipa Galvanis

Banyak digunakan, pipa galvanis memiliki kelebihan serta kekurang nya sendiri dibandingkan pipa lain sejenisnya.

Kelebihan Pipa Galvanis

Anti Karatan

Pipa Galvanis dilindungi dengan lapisan galvanis atau lapisan seng, sehingga membuatnya sangat teruji sebagai pipa anti karat. Dengan begitu, perawatan yang dilakukan untuk pipa galvanis ini cukup mudah dan tidak memerlukan banyak biaya.

Tahan Banting

Terbuat dari bahan material baja menjadikan pipa ini kuat dan tidak mudah pecah.

Harga Murah

Pipa galvanis juga terkenal sebagai pipa dengan harga terjangkau, mudah dicari dan juga berkualitas bagus. Harga jenis ini dipasaran tidak terlalu tinggi meskipun bahan material yang digunaka terbuat dari baja dan bagian luar nya dilapisi oleh seng atau lapisan galvanis.

Kisaran harga pipa di pasaran adalah Rp.1.000.000 – 5.000.000,-. Dengan harga terjangkau dan kualitas bagus, pipa galvanis kian menjadi pipa pilihan.

Awet

Bahan baja yang digunakan mempengaruhi daya tahan pipa galvanis. Pipa ini diperkirakan dapat bertahan sampai 25 – 50 tahun penggunaan.

Anda juga bisa baca Artikel terkait perpipaan lainnya : Apa itu Valve? Ketahui Jenis-jenis Beserta Fungsinya dalam Instalasi Perpipaan

Kekurangan Pipa Galvanis

Meskipun memiliki keuggulan yang lebih dibandingkan pipa yang lain, pipa galvanis juga memiliki beberapa kelemahan yang menjadi bahan pertimbangan sebelum menggunakan nya.

Korosi Internal

Korosi ari dalam secara berlebihan dan terus menerus pada pipa juga dapat menyebabkan kebocoran ke luar. sehingga, perawatan dari dalam perlu di adakan secara rutin.

Kontaminasi Air

Kontaminasi air juga menjadi salah satu kekurangan pipa galvanis. Ketika korosi dari dalam pipa terjadi, hal ini dapat mempengaruhi kejernihan air, sehingga biasanya air akan mulai berganti warna ketika sudah bertemu plak karat yang ada di dalam pipa.

Bentuk Pipa Galvanis

Bentuk Pipa Galvanis tidak jauh berbeda dengan bentuk pipa lainnya. Bedanya hanya  dari segi variasi. Pipa galvanis memiliki lebih banyak variasi nya. Ada yang berbentuk pipa standar, kotak, memanjang, lingkaran bahkan dalam bentuk lembaran.

Ukuran Pipa Galvanis

Banyak juga yang mebedakan tipe pipa galvanis dari segi ukuran nya. Baik dari ukuran diameter , ketebalan dinding  pipanya ataupun ukuran ulir pipa, profil spiral pada pipa yang berfungsi sebagai penyambung ke pipa lain.

  1. Ukuran Pipa Berdasarkan Diameter

Diameter pipa bisa Anda lihat dari angka yang tertera setelah simbol Ø pada keterangan pipa. Ukuran standar dari pipa galvanis adalah 6 inch, adapun ukuran lain yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran antara lain; ½ inch, ¾ inch, 1 inch, 1 ½ inch, 2 inch, 2 ½ inch, 3 inch, 4 inch, 8 inch sampai 10 inch.

  1. Ukuran Pipa Berdasarkan Ketebalan

Selain dibedakan berdasarkan ukuran diameternya, pipa galvanis juga dibedakan berdasarkan ukuran ketebalan dinding pipa. Ketebalan standar dinding pipa galvanis yang biasanya mudah ditemukan adalah ketebalan dinding tipe schedule yang memiliki variasi kelas diantaranya; Medium A, Medium B, dan Non-Medium. Klasifikasi medium dinding pipa diurutkan dari yang paling tebal non-medium, hingga yang lebih tipis dibandingkan ketebalan dinding yang lain, Medium B.

  1. Ukuran pipa berdasarkan panjang ulir

Terakhir, pipa galvanis juga dapat dibedakan variasinya berdasarkan ukuran panjang ulir pipa. Ulir pipa merupakan profil atau tempat yang digunakan untuk mengencangkan baut. Panjang ulir pipa galvais bisa anda temukan di bagian keterangan pipa dengan simbol “R”.

Variasi ukuran pipa berdasarkan panjang ulir diantaranya adalah; 19 inch, 22 inch, 25 inch, 38 inch dan 41 inch.

Variasi ukuran pipa galvanis dapat dilihat pada table di bawah ini :

Baca juga : Penting! Jenis – jenis Sambungan Pipa dan Fungsinya

Itulah pembahasan mengenai jenis, ukuran, fungsi, hingga harga pipa galvanis. Banyaknya variasi bentuk, harga dan ukuran ditambah dengan kelebihan yang dimiliki menjadi daya tarik pipa galvanis dibandingkan dengan pipa lainnya.

banner seller
To Top