Insight

10 Rekomendasi Alat Potong Keramik Terbaik yang Tajam

alat potong keramik terbaik

Alat potong keramik terbaik diperlukan untuk menyesuaikan ukurannya sebelum dipasang ke dinding maupun lantai. Selain dapat digunakan untuk memotong alat ini juga berfungsi untuk membentuk pola pada keramik.

Spesifikasi dan ukuran yang dimiliki juga berbeda-beda bergantung pada merek dan harga dari alat tersebut. Biasanya semakin mahal harga suatu alat potong keramik maka fungsi yang dimiliki juga lebih banyak serta dapat diandalkan.

Cara Untuk Memotong Keramik

Dalam memotong keramik ada berbagai cara yang dapat dilakukan, yakni dengan cara manual dan menggunakan alat pemotong. Cara manual dilakukan dengan menggunakan scriber dan penggaris keramik yang terbuat dari bahan logam.

Langkah pertama adalah dengan membuat garis diatas keramik, meletakkan penggaris logam di atas keramik sesuai dengan garis yang sudah dibuat kemudian memotong bagian permukaannya menggunakan scriber. 

Cara lainnya adalah dengan menggunakan tile cutter yang saat ini lebih disukai karena proses pemotongan keramik menjadi lebih praktis dan mudah. Bentuknya persegi panjang dan terbuat dari bahan logam, pada bagian mata pisaunya terdapat tuas yang berfungsi memotong bagian permukaan keramik.

Alat pemotong ini biasanya digunakan untuk memotong keramik membentuk garis lurus sedangkan untuk membentu huruf L atau lingkaran diperlukan alat potong gerenda yang memiliki mata pisau bulat.

Untuk memperoleh hasil pemotongan yang bagus, alat potong yang digunakan harus sesuai dengan fungsinya serta memiliki mata pisau yang selalu tajam. Misalnya untuk memotong keramik tanpa pola sebaiknya menggunakan scriber atau tile cutter sedangkan untuk memotong keramik berpola gunakan gerenda.

Baca juga : Fungsi Mesin Potong Besi dan Komponennya

Alat Potong Keramik Terbaik yang Ada di Pasaran

Alat untuk memotong keramik adalah peralatan yang wajib dimiliki oleh para tukang bangunan namun bagi anda yang ingin memilikinya sebagai perkakas untuk bertukang sendiri di rumah, berikut akan kami rekomendasikan 10 alat potong keramik terbaik yang dijual di pasaran dari yang paling murah hingga paling mahal:

Kenmaster KM03A

Alat ini dibuat dari bahan material berkualitas tinggi yang nyaman digunakan dengan ukuran yang cukup besar yakni 4 inci. Alat ini juga memiliki kelebihan memiliki fungsi sebagai gerinda yang berguna untuk menghaluskan besi tempaan. Harganya berkisar antara Rp 200 hingga 250 ribu.

Nankai Tile Cutter 600 mm

Alat pemotong ini memiliki desain yang sederhana serta mudah untuk digunakan. Memiliki bentuk gagang yang ergonomis dan dapat memotong hingga ukuran 600 mm. harganya berkisar antara Rp 300 ribuan.

CPT National 3 in 1 Tile Cutter Manual

Bahan materialnya terbuat dari baja dan mata pisau terbuat dari Tungsten Carbide Teeth. Meski merek ini belum begitu dikenal namun kualitasnya tidak dapat disepelekan karena memiliki 3 fungsi yakni memotong hingga sudut 45 derajat, memotong lurus dan membuat lubang selebar 8,2 cm. Harganya berkisar Rp 300 sampai Rp 350.

AEG FTS 100 A

Alat ini memiliki daya 900 sampai 1200 watt serta kapasitas pisau 4 inci sehingga hasil pemotongan lebih rapi dan halus. Mesin ini dapat dibeli dengan harga Rp 700 hingga Rp 850.

Bosch GDC 140

Alat ini didesain menghasilkan pemotongan yang halus, kuat serta memiliki presisi tinggi. Memiliki daya 1400 watt sehingga lebih cepat serta dilwngkapi dengan insulasi debu. Harganya berada dikisaran Rp 850 hingga Rp 1 juta.

Baca juga : 13 Bagian – bagian Mesin Bubut dan Fungsinya

Nankai 600 mm Granite Ruby Star

Mesin buatan Jepang ini dapat digunakan untuk memotong kaca dengan tebal 600 mm. harganya berkisar Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta.

Blitz Manual Granite Tile Cutter 80 cm

Memiliki ukuran bodi 22×10,5×2 mm serta terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Memiliki fungsi memotong hingga ukuran 8 cm dan memotong hingga sudut 45 derajat. Harganya Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta.

Bosch GDM 13

Produk keluaran Bosch ini memiliki bobot 2,8 kg dan kecepatan 12000 rpm. Tidak hanya untuk memotong keramik tapi juga bisa digunakan untuk memotong marmer, ubin, granit hingga kayu. Harga alat ini adalah sekitar Rp 1,5 juta.

Krisbow Pemotong Keramik 80 cm

Alat ini dapat memotong keramik hingga ketebalan 1,6 cm dan panjang 80 cm. dilengkapi dengan ball bearing yang memberikan kemudahan dalam pengoperasian. Harganya berkisar Rp 2 jutaan.

Makita 4100 NB

Alat pemotong ini telah menggunakan motor dengan daya listrik 860 watt. Tidak hanya memotong keramik hingga ketebalan 32 mm tapi juga bisa untuk memotong kayu, beton, tembok, plastic, dll. Harganya mesin ini adalah Rp 2,5 jutaan.

Demikian adalah rekomendasi beberapa merk alat potong keramik terbaik yang dijual di pasaran. Untuk memilih alat pemotong yang baik ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yakni memilih alat pemotong yang sesuai dengan kebutuhan anda, memilih menggunakan alat manual ataukah elektrik.

Performa dan bobot dari alat pemotong tersebut, lihatlah kecepatan pemotongannya serta jangan memilih alat dengan bobot yang terlalu berat. Terakhir adalah harga yang ditawarkan, jika untuk digunakan di rumah sebaiknya membeli alat pemotong yang terjangkau.

Beli alat potong keramik dan beli mata potong keramik sekarang tidak lagi sulit, anda bisa membelinya di Indotrading yang merupakan B2B marketplace yang menyediakan segala kebutuhan anda termasuk perkakas pertukangan dengan harga yang terjangkau. Dengan membeli di Indotrading anda dapat membandingkan penawaran dari beberapa supplier untuk mendapatkan penawaran terbaik sesuai dengan yang anda inginkan.

To Top