Insight

Maksimalkan Interior Ruangan dengan Biaya Murah, Berikut Tips Memilih dan Merawat Material Tripleks

Tips memilih dan merawat material tripleks, Indotrading News — Tripleks merupakan papan dari hasil olahan pabrik yang terdiri dari lapisan kayu yang direkatkan secara bersama-sama. Saat ini, triplek sudah menjadi salah satu produk kayu yang paling sering digunakan. Triplek merupakan bahan furniture yang memiliki sifat fleksibel, mudah dibentuk, dan bisa didaur ulang. Triplek juga tidak memiliki teknik pembuatan yang rumit. Harga triplek pun cukup terjangkau, sehingga cocok untuk ragam kebutuhan interior ruangan.

Penggunaan triplek sebenarnya sudah ada sejak tahun 1500 SM dan menggunakan teknologi atau alat konstruksi tercanggih pada masa itu. Para pengrajin kayu dari Mesir kala itu mengikat lapisan tipis kayu eboni dengan bagian peti cedar yang digunakan untuk makam raja-raja. Teknik ini kemudian menginspirasi penduduk Yunani dan romawi untuk membuat furniture halus dan dekorasi lainnya pada tahun 1600. Teknik in kemudian lebih dikenal dengan veneering, yaitu potongan kayu yang tipis yang saling direkatkan dan kemudian dikenal sebagai veneer atau tripleks seperti yang lebih dikenal saat ini.

Mesin veneer secara khusus dipatenkan oleh warga negara Inggris, yaitu oleh Sir Samuel Benthan pada tahun 1797. Mesin veneer tersebut menjelaskan konsep melapisi beberapa lapisan veneer dengan lem untuk membentuk potongan yang lebih tebal dan kuat rekatannya.

Triplek dan Beragam Pengolahannya

Saat ini, pengolahan triplek dilakukan oleh pabrik-pabrik dengan mesin veneer yang lebih canggih. Adapun dalam pengolahannya terdapat 4 tahap, yaitu pengelupasan kayu, persiapan kayu log, menyatukan lapisan veneer, dan pengepresan.

Pada tahap pengelupasan kayu, batang pohon yang sudah ditebang dipotong memanjang dan ditumpuk dalam gelondongan kayu. Selanjutnya gelondongan kayu diambil untuk tahap persiapan log kayu. Gelondongan kayu ditempatkan pada konveyor rantai yang membawanya ke mesin debarking. 

Kemudian, mesin ini akan menghilangkan kulit kayu. Caranya bisa dengan roda gerinda yang tajam atau dengan air bertekanan tinggi. Selanjutnya, log kayu dibawa ke pabrik pada konveyor rantai untuk dipotong menjadi beberapa bagian dengan panjang sekitar 2.5 m sampai dengan 2.6 m panjang. 

Setelah log kayu tersedia dalam beberapa lapisan, maka selanjutnya masuk pada tahap menyatukan lapisan veneer. Caranya bisa dilakukan secara manual maupun dengan mesin. Biasanya, setiap triplek terdiri dari lembaran tiga lapis. Pada setiap lapisan veneer direkatkan dengan lem khusus secara merata agar kuat menempel satu sama lain. Setelah selesai didekatkan, maka lapisan veneer yang telah direkatkan tadi akan ditumpuk dengan lembaran veneer lain untuk dimasukkan ke dalam mesin press. 

Pada proses pengepresan ini, maka lapisan veneer tersebut telah menjadi tripleks yang halus dan siap digunakan untuk berbagai keperluan furniture.

Jenis-Jenis Tripleks 

Dalam pengolahan triplek, hasil yang diperoleh tidak selalu triplek dengan kualitas bagus. Kualitas dari triplek dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya dari bahan baku yang digunakan, mesin, dan lain sebagainya. Dengan demikian, tripleks hadir beberapa jenis dan tingkat kualitasnya yang berbeda-beda. Setiap jenis ada fungsinya masing-masing, sehingga tidak semua jenis triplek bisa digunakan untuk keperluan yang sama. 

Tripleks Grade A adalah tripleks dengan kualitas terbaik dengan ciri-ciri sangat lembut, halus, dan mudah dicat. Kemudian ada juga Tripleks Grade B, yaitu triplek dengan permukaan yang keras dan solid, masih tetap halus dan rapi namun tidak sebaik tripleks grade A. Tripleks Grade C merupakan tripleks dengan kualitas ketiga yang memiliki ciri-ciri tekstur kayunya bidangnya mulai tidak rata. Terakhir, Tripleks Grade D, yaitu tripleks dengan kualitas rendah dengan ciri-ciri tekstur yang kasar sehingga hanya cocok digunakan sebagai panel bagian dalam saja. 

Selain itu, jenis tripleks juga bisa dikelompokkan berdasarkan bahan yang digunakan, misalnya MDF, Teakblock, Blockboard (Tripleks Meranti), Melamin, dan Particle Block.

Tips Memilih Tripleks

Setelah tahu kualitas dan jenis-jenis tripleks, maka perlu bagi Anda untuk tahu tips memilih tripleks sebelum membelinya. Agar tidak menyesal dan salah beli, berikut ini tips memilih tripleks yang bisa Anda lakukan.

  • Periksa grading triplek dengan melihat bahan atau kayu yang digunakan, pilihan terbaik adalah tripleks dari kayu sengon, falcata, albasia, meranti, dan jabon. 
  • Cek kelurusan triplek dengan cara meletakkan tripleks secara vertikal atau berdiri, pastikan tripleks tidak melengkung. 
  • Amati Face (sisi depan) dan Back (sisi belakang) Tripleks, pastikan bahwa sisi face lebih mengkilap dibandingkan sisi back tripleks. 
  • Periksa setiap pinggiran tripleks, pastikan masih melekat dengan baik dan sempurna.
  • Jangan tergiur harga murah, namun harus tetap cermat, hati-hati, dan mengutamakan kualitas.

Cara Merawat Tripleks

Ketika Anda telah menggunakan tripleks atau beberapa produk berbahan tripleks, maka perlu bagi Anda untuk melakukan perawatan agar barang tersebut awet dan tahan lama. Berikut ini cara merawat tripleks yang bisa Anda lakukan.

  • Tempatkan tripleks atau produk berbahan tripleks di tempat yang ideal, kering, dan tidak lembab.
  • Ketika tersiram air, maka segera keringkan dan jangan terlalu lama dibiarkan karena air dapat merusak struktur dari tripleks.
  • Lapisi dengan obat pelapis tripleks, misalnya biopolish yang memiliki kandungan linseed oil dan beeswax sehingga mampu melindungi furniture berbahan tripleks dari cuaca panas dan air.

Demikianlah cara memaksimalkan interior ruangan dengan material berbahan tripleks. Bagi Anda yang membutuhkan tripleks untuk interior ruangan maupun furniture, dapatkan dari tangan pertama melalui Indotrading.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top