Digital Marketing

Wajib Tau! Tips Cermat Memilih Jasa Digital Marketing Untuk Bisnis Anda

Wajib Tau! Tips Cermat Memilih Jasa Digital Marketing Untuk Bisnis Anda

Mengingat pesatnya perkembangan sistem digital di berbagai sektor kegiatan termasuk bisnis, kini istilah digital marketing dalam bisnis sudah tidak asing lagi. Terlebih saat sudah merasakan langsung manfaat dari berbisnis secara digital dengan menggunakan strategi digital marketing. Namun tidak dapat dipungkiri masih banyak juga yang awam perihal bentuk strategi pemasaran bisnis yang dilakukan secara digital ini terlebih saat hendak menggunakannya. Kali ini Tim News Indotrading akan memberikan informasi mengenai Tips Cermat Memilih Jasa Digital Marketing Untuk Bisnis Anda.

Di Indotrading, Anda akan mendapatkan pelayanan digital marketing terbaik dari ahlinya yang pastinya akan lebih membantu Anda mengelola pemasaran bisnis Anda lebih optimal!

Baca Juga : Mengupas Manfaat Marketing Campaign Bagi Kelangsungan Bisnis Anda

Apa Itu Digital Marketing?

Pesatnya perkembangan digital saat ini semakin mendorong perubahan sistem di banyak kegiatan termasuk kegiatan bisnis. Istilah digital marketing dalam bisnis saat ini sudah tidak asing lagi.

Digital marketing merupakan satu sistem pemasaran bisnis secara online dengan menggunakan berbagai media digital yang ada seperti website, media sosial, email, ataupun influencer. 

Pemasaran digital ini dilakukan dengan menggunakan kekuatan jaringan internet yang jangkauan nya lebih luas tanpa adanya batasan waktu ataupun area. Tujuannya adalah untuk menjangkau lebih banyak target pasar dan konsumen sehingga dapat menaikan omset bisnis.

Sebenarnya teknik pemasaran digital ini bukanlah satu hal yang baru dalam pemasaran bisnis sebab sistem pemasaran ini sudah ada sejak lama.

Digital marketing sudah mulai dikenalkan ke publik sekitar tahun 1990, saat itu penggunaan nya masih sangat eksklusif. Jelang satu tahun kemudian tepatnya pada tahun 1991 mulai muncul world wide web atau lebih banyak dikenal (www) yang banyak menampilkan iklan promosi di dalamnya. Sejak saat itu strategi digital marketing mulai dilirik dan semakin berkembang hingga muncul media digital jualan pertama yakni Yahoo!

Saat ini semakin banyak bermunculan media digital lain yang juga menjadi wadah atau tempat promosi dan pemasaran produk bisnis secara digital. Bahkan perkembangan promosi digital ini kian menjadi tren dalam dunia bisnis. 

Tren digital marketing ini dapat dilihat dari semakin menjamurnya platform marketplace, tingginya traffic aktivitas penggunaan sosial media, hingga banyak bermunculannya influencer media sosial yang juga ikut mempromosikan produk bisnis dengan sistem endorse. Ditambah lagi dengan dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah dalam mendorong pemasaran digital untuk para pelaku bisnis melalui program go digital.

Jenis – Jenis Jasa Digital Marketing

Sebagai sebuah sistem pemasaran, digital marketing memiliki banyak turunan jenis strategi jasa di dalam nya. Jenis – jenis jasa digital marketing tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. SEO

Jenis jasa digital marketing pertama adalah Search Engine Optimization atau SEO. Jasa digital marketing yang satu ini berfokus pada optimasi website bisnis pada halaman mesin pencarian google. Sehingga website bisnis dan produk jual Anda bisa tampil pada halaman teratas mesin pencari. Dengan begitu produk jual Anda akan lebih mudah ditemukan konsumen yang membutuhkannya.

2. SEM

Selain Optimasi Website Bisnis Anda melalui SEO, strategi pemasaran digital lainnya yang bisa Anda optimalkan adalah Search Engine Marketing atau SEM. Teknik strategi digital marketing yang satu ini memiliki fokus untuk meningkatkan traffic pengunjung pada website bisnis Anda dengan cara membayar setiap klik nya. Umumnya media digital yang paling banyak digunakan untuk promosi jasa digital marketing yang satu ini diantaranya adalah GoogleAds, Facebook Ads, Instagrams Ads promosi.

3. Content Marketing

Selanjutnya Anda dapat meningkatkan promosi digital bisnis Anda dengan menggunakan kekuatan content marketing dan viral marketing. Konten marketing merupakan promosi produk dengan cara memberikan informasi berupa edukasi produk yang biasanya dimuat dalam bentuk promosi artikel ataupun postingan informasi microblogs di akun sosial media bisnis Anda.

4. Influencer Marketing

Pemasaran produk kini tidak lagi sebatas menggunakan jasa sales untuk menawarkan produk bisnis Anda secara door to door. Peran influencer media sosial ataupun lebih dikenal dengan selebgram dapat Anda jadikan sebagai media promosi produk bisnis Anda. Nantinya para selebgram tersebut akan mempromosikan produk bisnis Anda melalui sosial media nya dengan target pasar para pengikut atau followers nya.

5. Email Marketing

Selanjutnya ada email marketing. Jenis ini merupakan satu cara yang tidak hanya dilakukan untuk menjalin komunikasi dengan para konsumen ataupun pelanggan produk bisnis Anda namun bisa dijadikan juga sebagai wadah promosi secara massive dan berkelanjutan dalam mengirimkan katalog terbaru produk bisnis Anda.

Baca Juga : Jakarta Kembali PSBB, Gunakan 5 Cara Digital Marketing Ini Agar Bisnis Tetap Optimal

Tips Cermat Memilih Jasa Digital Marketing

Semakin tertarik menggunakan jasa digital marketing untuk pemasaran bisnis Anda? Simak dulu tips cermat memilih jasa digital marketing yang perlu Anda pertimbangkan berikut. 

Tips berikut juga dapat dijadikan standar kemampuan atau skill yang harus dimiliki para digital marketer sebelum menawarkan jasanya.

1. Profil Perusahaan

Sebelum menggunakan jasa digital marketing, Anda perlu tahu profil perusahaan yang menawarkan jasa digital marketing tersebut. Pelajarilah profil perusahaan tersebut dari rekam jejak perusahaan, prestasi perusahaan dalam digital marketing, dan yang paling dasar adalah identitas perusahaan tersebut.Tentunya Anda lebih memilih perusahaan dengan reputasi dan prestasi yang baik.

Untuk itu, hal ini juga penting bagi perusahaan penyedia tersebut. Kemampuan para digital marketer di perusahaan tersebut menjadi tolak ukur reputasi dan prestasi perusahaan. Untuk itu kemampuan para digital marketer menjadi satu perhatian penting dalam menampilkan profil perusahaan yang bagus sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

2. Analisis Website Perusahaan

Selanjutnya Anda perlu menganalisis lebih dahulu website perusahaan. Anda bisa pertimbangkan dari segi tampilan website, informasi yang dimuat, serta kapan terakhir kali website tersebut digunakan.

Hal tersebut juga menjadi standar yang harus diperhatikan para digital marketer untuk tetap memberikan tampilan yang menarik dan up to date.

3. Pertimbangkan Jasa dan Layanan yang Disediakan

Sebelum memutuskan menggunakan jasa dari digital marketer tersebut. Pastikan jasa dan layanan yang disediakan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. Sehingga strategi pemasaran nya dapat dirasakan dengan optimal.

Demikian juga para perusahaan ataupun digital marketer yang menawarkan jasanya wajib tahu lebih dalam mengenai jasa apa yang banyak dibutuhkan pebisnis sehingga akan banyak dicari dan digunakan.

4. Cari Tau Metode dan Teknologi yang Digunakan

Sebelum memilih jasa digital marketing, penting sekali untuk Anda tau metode dan teknologi apa yang mereka gunakan. Sebab hal ini dapat berpengaruh pada hasil optimasi pemasaran yang dilakukan.

Begitu pula perusahaan dan para digital marketer yang menawarkan jasanya. Up to date dengan perkembangan teknologi merupakan satu skill yang harus dimiliki untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

5. Lihat Portofolio Klien

Reputasi jasa digital marketing yang ditawarkan bisa dilihat dengan mudah melalui portofolio klien. Anda dapat melihat dan bandingkan bagaimana performa dan hasil bisnis lain yang menggunakan jasa digital marketing di perusahaan maupun digital marketer penyedia jasa tersebut.

Tidak hanya penting sebagai bahan pertimbangan pelanggan sebelum memilih jasa digital marketing, portfolio klien juga penting bagi perusahaan maupun digital marketer. Sebab reputasi, prestasi serta rekam jejak dari kemampuannya dapat dicatat dan dilihat pada portfolio kepuasan klien tersebut. 

Demikianlah pembahasan mengenai pentingnya jasa digital marketing untuk bisnis saat ini. Pasalnya perkembangan dunia digital semakin pesat dan cepat yang juga semakin mendorong perubahan sistem di hampir seluruh sektor kegiatan termasuk bisnis.

Indotrading merupakan salah satu platform marketplace B2B terbesar dan terpercaya di Indonesia yang menawarkan jasa digital marketing terbaik langsung dari ahlinya!

Alasan Penting Jasa Digital Marketing Untuk Bisnis

Dalam pengorperasiannya, digital marketing memerlukan keterampilan khusus. Itu mengapa jasa digital marketing sangat diperlukan dalam proses pengoptimalan sistem pemasaran digital untuk bisnis. Lebih jelas lagi, berikut alasan penting mengapa pelaku bisnis memerlukan strategi ini.

1. Menjangkau Target Pasar Lebih Luas

Jasa digital marketing dapat memberikan jangkauan pasar yang lebih luas untuk produk bisnis Anda. Sebab, jasa yang ditawarkan ini dioperasikan dengan kekuatan internet yang jangakauan nya tidak terbatas waktu, dan tempat.

2. Hemat Biaya Promosi

Tidak perlu khawatir akan besar nya biaya yang dikeluarkan. Sebab, strategi ini membantu anda menghemat biaya keluar bisnis Anda. Hal tersebut karena biaya nya lebih hemat dan efektif dibandingkan sistem pemasaran konvensional yang membutuhkan biaya untuk sales, cetak selebaran promosi, dan akomodasi pemasaran.

3. Meningkatkan Omset Penjualan

Strategi jasa digital marketing juga sudah banyak dirasakan lebih efektif meningkatkan omset penjualan produk. Pasalnya strategi pemasaran yang ditawarkan ini dapat menampilkan produk bisnis Anda setiap saat sehingga kemungkinan produk Anda dilihat dan dibeli konsumen lebih banyak. Hal tersebut tentu saja dapat meningkatkan omset penjualan Anda.

4. Kompetitif

Menggunakan pemasaran digital marketing juga dapat membuat bisnis Anda berkembang lebih baik sebab strategi pemasaran pada media digital lebih kompetitif. Jasa digital marketing dapat membantu produk Anda bersaing secara digital dengan produk lainnya. Hal tersebut tentunya akan mendorong bisnis Anda lebih berkembang dan menaikan omset jual.

5. Meningkatkan Prospek Calon Pelanggan

Jasa digital marketing juga akan membantu Anda meningkatkan prospek calon pelanggan. Pasalnya,sistem yang digunakan ini akan melakukan lebih banyak kampanye produk kepada calon pembeli. Dengan kampanye tersebut akan mendorong daya tarik pelanggan untuk membeli dari yang tadinya tidak tertarik.

Baca Juga : 10 Marketing Trends 2020 yang Perlu Anda Ketahui

banner seller
To Top