Digital Marketing

10 Marketing Trends 2020 yang Perlu Anda Ketahui

10 Marketing Trends 2020 yang Perlu Anda Ketahui

Memasuki tahun 2020, perubahan marketing trends semakin meningkat. Trends terus datang untuk mendominasi persaingan pasar. Nilai produk dan promosi produk secara mobile atau melalui aplikasi semakin dilirik oleh para marketer. Tidak hanya itu, pembayaran melalui cara baru (e-wallet) mulai dipantau bersamaan dengan peran content creator dalam menciptakan image atau citra sebuah brand.

Bagi Anda yang menjalankan bisnis, Anda harus tahu 10 marketing trends 2020 agar brand bisnis Anda dapat bersaing dengan kompetitor. Berikut ini 10 marketing trends tersebut.

1. Artificial Intelligence (AI)

10 Marketing Trends 2020 yang Perlu Anda Ketahui

Artificial Intelligence (AI) masih menjadi pilihan favorit di kalangan marketer. Saat ini, setidaknya AI telah digunakan oleh para marketer untuk menyesuaikan iklan yang ditampilkan kepada target pasar atau calon konsumen secara online. Dalam praktiknya, AI lebih sering digunakan untuk menganalisis perilaku konsumen dan menemukan pola terbaik.

AI berfungsi untuk mengoleksi data dari platform media sosial dan unggahan blog/website yang nantinya dapat digunakan untuk membantu perusahaan mengetahui cara para pelanggan bisa menemukan produk yang tepat. Anda bisa mulai untuk menerapkan marketing trends ini dengan mempelajari metrik analisis terhadap website yang tersaji di Google Analytics.

2. Personalisasi Iklan

10 Marketing Trends 2020 yang Perlu Anda Ketahui

Personalisasi iklan juga sedang menjadi marketing trends yang bisa Anda terapkan saat ini. Personalisasi iklan akan membantu bisnis Anda melalui penggunaan hasil analisis data pelanggan. Anda bisa melakukan analisis melalui website dan data yang didapat dari hasil penayangan video iklan atau hasil engagement dari konten yang Anda unggah di berbagai platform media sosial.

3. Video Marketing

10 Marketing Trends 2020 yang Perlu Anda Ketahui

Sebagian orang tidak suka melihat sebuah iklan yang langsung ditampilkan ketika melihat unggahan. Maka dari itu, Anda bisa mengatasi pesan iklan yang ingin Anda sampaikan dengan lebih menarik perhatian melalui video marketing. Iklan tidak perlu berdurasi panjang, namun video tersebut cukup berdurasi 1 sampai 2 menit saja. Video marketing tidak harus selalu berisi soal iklan. Anda bisa membuat beberapa jenis video marketing lainnya seperti web series, live video, video tutorial, dan lain sebagainya.

4. Live Chat atau Chatbot

10 Marketing Trends 2020 yang Perlu Anda Ketahui

Chatbot merupakan komunikasi pintar yang bisa merespon pesan dengan cepat. Teknologi layak menjadi trend dan patut dilirik oleh marketer di tahun 2020. Live chat atau chatbot secara garis besar berorientasi terhadap respon pelanggan agar pelanggan mendapatkan informasi yang lebih tepat dan memuaskan.

5. Influencer

10 Marketing Trends 2020 yang Perlu Anda Ketahui

Influencer merupakan orang yang mampu menyebarkan pesan yang dituju oleh suatu brand kepada target yang dimilikinya. Orang yang dipilih menjadi influencer harus orang dengan niche yang satu tipe dengan brand yang ingin beriklan. Misalnya, untuk bisnis yang bergerak di bidang IT, Anda bisa menggunakan influencer yang sering membagikan konten bertema informasi teknologi.

Anda perlu menggunakan influencer untuk menjaring target pasar dari bisnis sebab influencer menjadi marketing trends yang mulai meroket sejak pertengahan 2010 lalu. Selain itu, pendekatan yang dilakukan akan terasa lebih personal dan menjadi tepat sasaran. Trends ini memungkinkan Anda untuk menawarkan brand kepada orang-orang yang tepat dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan mengiklankan di media sosial.

6. Stories di Media Sosial

10 Marketing Trends 2020 yang Perlu Anda Ketahui

Perkembangan stories di media sosial selalu berkaitan dengan peran instagram, WhatsApp, Facebook, Skype, YouTube, dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan fitur yang disediakan oleh berbagai platform media sosial tersebut untuk memberikan sentuhan Fear of Missing Out pada target pasar. Konten yang diunggah ke stories hanya akan bertahan selama kurang lebih 24 jam sehingga para pengikut media sosial harus lebih cepat jika ingin mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Melalui fitur tersebut, Anda juga bisa mendapatkan awareness, engagement, dan dapat meningkatkan traffic website yang disertai dengan biaya terjangkau.

Baca juga: 10 Hobi yang Dapat Menghasilkan Uang di Era Digital

7. Konten Marketing akan Terus Mendominasi SEO

10 Marketing Trends 2020 yang Perlu Anda Ketahui

Berbagai website saling berlomba menaikkan peringkat konten mereka hingga mencapai posisi tertinggi di mesin pencari Google (search engine). Konten yang mendominasi SEO masih menjadi salah satu marketing trends hingga tahun 2020 yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan brand Anda.

SEO sangat berguna untuk meningkatkan kredibilitas brand yang Anda kelola atau bisnis yang sedang Anda jalankan. Faktor terpenting dalam mengejar peringkat SEO bukan hanya algoritma mesin pencari, melainkan harus diiringi dengan website yang cepat, link yang relevan, serta konten berbobot yang ditulis secara ideal.

8. Social Commerce

10 Marketing Trends 2020 yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda sering mengakses media sosial Instagram melalui aplikasi mobile, tentu Anda pernah menemukan beberapa toko yang menjajakan produk langsung di akun Instagram. Salah satu marketing trends yang disebut dengan Social Commerce ( shopable posts) sudah cukup lama diterapkan oleh Instagram, Facebook, Twitter, dan Pinterest. Meskipun beberapa platform media sosial ini sudah tenggelam dalam persaingan membuat social commerce di akun media sosial, namun saat ini kamu bisa menggunakan fitur di Instagram dengan mengaktifkan fitur Instagram Checkout (hanya untuk akun bisnis)

9. User-Generated Content (UGC)

10 Marketing Trends 2020 yang Perlu Anda Ketahui

Setiap orang pasti ingin dikenal oleh orang lain, apalagi di media sosial yang tujuannya agar brand bisnis dapat dikenal. Maka dari itu, UGC bisa Anda gunakan sebagai sumber potensial teknik marketing kalau target pasar. Teknik ini lebih ditujukan kepada orang-orang yang masuk dalam kategori generasi Milenial dan Gen Z.

10. SERP Position Zero dan Knowledge Graph Box

10 Marketing Trends 2020 yang Perlu Anda Ketahui

Search Engine Result Page (SERP) menjadi persaingan bagi para website yang ingin menyuguhkan artikel atau konten paling berguna yang dapat menarik para pengunjung di mesin pencari (search engine) terutama Google. Ketika sebuah artikel sudah berada di peringkat teratas, Anda bisa merasa lega. Namun, saat ini para marketer dan pebisnis yang mengejar target SEO sudah mulai SERP position zero (posisi nol).

Knowledge Graph Box menjadi salah satu marketing trends yang akan diminati oleh banyak marketer karena kemampuan yang ditawarkan. Knowledge Graph Box adalah kotak di sebelah kanan halaman SERP yang berisi ringkasan informasi yang Anda butuhkan ketika menggunakan mesin pencari.

Itulah 10 marketing trends di tahun 2020 yang harus digunakan bagi setiap pebisnis. Tidak mengikuti trends adalah sebuah kemunduran bagi bisnis atau perusahaan. Maka dari itu, terapkan trend tersebut agar brand bisnis Anda dapat menarik konsumen baru dan mempertahankan loyalitas konsumen lama.

 

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top