Digital Marketing

Mengupas Manfaat Marketing Campaign Bagi Kelangsungan Bisnis Anda

marketing campaign

Pentingnya melakukan kegiatan marketing campaign atau kampanye marketing untuk bisnis saat ini memang punya pengaruh cukup besar. Jika Anda mendirikan suatu usaha dan, namun tidak menggunakan pendekatan ini, maka usaha atau bisnis yang Anda tekuni tidak akan bisa cepat berkembang bahkan tidak berkembang sama sekali. Dampak yang lebih serius dan lebih cepat terasa adalah tertinggal jauh oleh kompetitor usaha Anda. Maka dari itu, Anda perlu melakukan kampanye marketing untuk kelangsungan bisnis Anda.

Menggunakan pendekatan dengan marketing campaign juga berguna untuk kegiatan mempromosikan produk atau barang yang Anda miliki. Anda bisa bergerak lebih luas untuk mempromosikan brand yang Anda miliki dan menghadapi segala persaingan bisnis yang semakin ketat. Kampanye marketing merupakan strategi yang lebih fleksibel yang bisa Anda lakukan dengan beberapa cara sekaligus. Agar mendapatkan hasil yang lebih optimal dan bisa mencapai tujuan bisnis, maka Anda harus terus mengoptimalkan strategi ini. Banyak teknik yang bisa Anda gunakan agar cara pemasaran brand Anda bisa sukses.

Pengertian Marketing Campaign 

marketing campaign

Marketing Campaign merupakan proses dalam perencanaan, pelaksanaan, pengukuran, dan peningkatan beberapa aspek bagi suatu produk yang dipasarkan. Kegiatan ini memiliki tujuan yang penting untuk melakukan pendekatan secara terstruktur dan masif dengan pelanggan loyal atau calon pelanggan. Sebagai marketer, Anda harus dapat menyesuaikan situasi dan peluang yang tidak terduga atau di luar kendali. Maka dari itu, kegiatan kampanye marketing selalu melibatkan perencanaan dan pengambilan keputusan secara sadar.

Tujuan Marketing Campaign

marketing campaign
Ketika Anda mempromosikan sebuah brand dengan berbagai cara, Anda membutuhkan suatu program untuk menarik target sasaran. Dengan adanya program yang disusun dalam pendekatan ini, maka pesan yang ingin disampaikan akan menjadi lebih terstruktur hingga bisa mencapai target dengan tepat. Maka dari itu, jika Anda adalah seorang marketer, Anda membutuhkan strategi kampanye marketing yang mantap melakukan pemasaran produk yang efektif dan sesuai dengan sasaran. Bagi perusahaan, marketing campaign bertujuan untuk mencapai 4 target, yaituattention, interest, desire, dan action. 

Manfaat Marketing Campaign

marketing campaign

Dalam dunia bisnis, pemasaran atau marketing sangat penting untuk dilakukan. Bahkan, seiring perkembangan teknologi yang pesat saat ini, kegiatan pemasaran juga berubah menjadi lebih modern, seperti digital marketing campaign yang menggunakan media internet untuk melakukan promosi. Berikut merupakan manfaat kampanye marketing bagi brand Anda:

1. Dapat Mendapatkan Brand Awareness dan Recognition

Brand merupakan hal utama yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk menciptakan citra produk yang akan dipasarkan. Kegiatan marketing campaign bermanfaat untuk menciptakan brand yang mudah diingat. Selanjutnya, marketing campaign dilakukan untuk menciptakan brand awareness dan recognition. Melalui kegiatan kampanye marketing, sebuah perusahaan dapat menjangkau lebih banyak target. Anda dapat menghasilkan lead (prospek) dan mencapai peningkatan konversi (penjualan) lebih maksimal. Marketing Campaign membuka jalan pemasaran yang akan membuahkan hasil yang menguntungkan.

2. Meningkatkan Prospek (Leads) Calon Pelanggan

Ketika calon konsumen sudah tidak tertarik lagi mencari informasi mengenai suatu produk, marketing campaign berguna sebagai penghubung antar calon pelanggan dengan perusahaan. Ada kalanya perusahaan harus sabar menunggu calon pelanggan tersebut untuk mengeksplor produk yang ditawarkan. Dengan menerapkan pendekatan kampanye marketing, maka pengunjung akan berniat melakukan pembelian.

3. Membantu Menghasilkan Pendapatan Tinggi

Konsumen yang melakukan transaksi, mungkin akan mengulangi keputusannya untuk bertransaksi kembali. Dengan demikian, perusahaan akan mendapatkan hasil yang lebih tinggi dari pemasaran produknya. Selain itu, dari sekian banyak prospek konsumen yang berhasil melakukan pendekatan dengan produk yang ditawarkan, beberapa dari mereka akan melakukan pembelian produk. Melalui pendekatan marketing campaign, maka penjualan akan mengalami peningkatan.

4. Menjaga Loyalitas Konsumen

marketing campaign

Ketika brand sudah mencapai tahap loyalty, bukan berarti tantangan berkurang. Perusahaan harus dapat mempertahankan loyalitas pelanggan. Ketika sebuah produk sudah dapat memenuhi permintaan para pelanggan, artinya para konsumen sudah mengetahui kualitas pelayanan dan produk yang diberikan perusahaan. Tugas selanjutnya adalah mencari cara mempertahankan para pelanggan agar melakukan pembelian kembali.

Baca juga: Cara Meninggkatkan Peringkat Video Youtube di Mesin Pencari

Tujuan dan manfaat dari marketing campaign tidak serta merta diperoleh. Ada tahap-tahap yang perlu dilakukan secara berkesinambungan. Untuk melakukan kampanye yang benar, Anda harus mengatur tujuan dan menentukan batas kesuksesan. Selain itu, perlu perencanaan yang meliputi rancangan anggaran, strategi kampanye, membuat timeline, dan action plan. Selanjutnya Anda bisa melakukan aksi kampanye marketin dan terus tetap melakukan evaluasi.

Marketing campaign merupakan hal yang sangat esensial bagi para pebisnis agar dapat menaruh pada benak calon konsumen mengenai brand yang ditawarkan. Strategi ini baik berupa digital maupun konvensional tetap memerlukan rencana yang masif dan terstruktur agar pesan produk yang ingin disampaikan bisa menarik hati pelanggan.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top