Digital Marketing

Jakarta Kembali PSBB, Gunakan 5 Cara Digital Marketing Ini Agar Bisnis Tetap Optimal

Digital marketing di masa PSBB, Indotrading News — DKI Jakarta kembali harus diberlakukan PSBB secara total di mulai tanggal 14 September 2020, setidaknya sampai dengan 2 minggu kedepan. Kondisi Penyebaran Covid-19 di Ibukota memang terbilang cukup mengkhawatirkan karena terjadi kenaikan yang sangat besar, yaitu sekitar 48% kasus aktif. Menurut data dari Dinas Kesehatan per tanggal 30 Agustus, terdapat 7.960 kasus aktif sehingga meningkat menjadi 11.810 kasus aktif. Karena itulah PSBB dilakukan, dan suka atau tidak suka, pasti banyak kalangan yang terkena imbasnya, baik dari segi sosial maupun ekonomi.
Tapi, PSBB bukan berarti alasan kegiatan bisnis harus berhenti. Masyarakat masih melakukan pembelian produk, meskipun dilakukan dari rumah. Untuk itu, Anda harus bisa memastikan kehadiran bisnis Anda tetap signifikan terutama di internet dengan digital marketing. Dengan berbagai aktivitas yang dilakukan di rumah, maka konsumsi masyarakat terhadap konten yang ada di internet akan naik secara signifikan. Dengan alasan ini, digital marketing dinilai menjadi metode yang paling efektif untuk mengenalkan brand dan mempertahankan bisnis di tengah PSBB kota Jakarta saat ini. Agar bisnis Anda tidak mati dan tetap, maka cobalah 5 cara digital marketing berikut ini.

Berjualan Online via Website

Saat ini, bisnis online sedang menjamur sehingga mewajibkan Anda untuk memiliki sebuah website. Bahkan, website dianggap sebagai kebutuhan primer untuk bisnis online. Jika Anda masih ingin tetap bertahan di dunia bisnis online atau digital marketing, khususnya di masa PSBB ini, maka salah satu cara yang paling efektif untuk memenangkan pasar adalah dengan memiliki website berkualitas. 

Kemampuan jaringan internet untuk menjangkau target pasar sudah tidak perlu diragukan lagi. Sekali Anda posting ke website, maka calon konsumen dari seluruh dunia dapat dijangkau. 

Website akan sangat membantu Anda dalam berinteraksi dengan calon konsumen tanpa batas waktu dan tempat. Website akan semakin optimal jika dilengkapi dengan artikel/tips-tips yang berkaitan dengan produk. Dengan selalu memberikan informasi dan layanan seputar produk Anda, maka pelanggan akan semakin tertarik dengan produk yang Anda jual. 

Google Ads 

Setelah menggunakan website sebagai media promosi bisnis secara online, Anda masih butuh dukungan lain melalui berbagai strategi untuk mempromosikan website bisnis tersebut. Di internet, terdapat ribuan bahkan jutaan website yang memiliki konten dan produk serupa dengan bisnis Anda. Maka dari itu, Anda perlu media iklan yang akan memperkuat promosi brand Anda, salah satunya adalah dengan Google Ads.

Perusahan google merancang khusus sebuah layanan Google Ads (Adwords) untuk memudahkan para pebisnis dalam mendaftarkan iklan website. Melalui Google Ads, iklan akan ditampilkan di halaman hasil pencarian Google dan juga jaringan Google lainnya seperti YouTube dan GDN.

SEO

Search Engine Optimization (SEO) menjadi cara digital marketing selanjutnya yang harus Anda coba. Teknik promosi dengan SEO bertujuan untuk mengoptimalkan mesin pencari sehingga website bisnis Anda bisa berada di peringkat teratas atau setidaknya berada di halaman pertama mesin pencari. 

Jika website sudah ada di halaman pertama mesin pencari, maka dipastikan pengunjung website Anda akan meningkatkan. Setelah jumlah pengunjung meningkat, maka penjualan juga akan semakin tinggi. 

Terdapat 2 macam teknik SEO yang berkaitan dan melengkapi status alam lain, yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page merupakan teknik mengoptimasi website dengan cara memodifikasi bagian-bagian website seperti konten, link, tag, domain, dan kata kunci. Sedangkan SEO off page adalah teknik yang dilakukan diluar website misalnya backlink.

SEO tidak digunakan untuk adanya persaingan satu sama lain, tetapi sangat dibutuhkan untuk memperluas jaringan bisnis di dunia digital saat ini.

Social Media Ads 

Social media merupakan salah satu dari berbagai jenis digital marketing yang sekarang mulai banyak digunakan. Secara sederhana, social media ads memanfaatkan peran media sosial dalam proses promosi, branding, dan pemasaran. Teknik digital marketing jenis ini memang lebih efisien jika dibandingkan dengan metode marketing konvensional. Namun, dalam prakteknya banyak hal yang perlu ditinjau agar bisnis yang dikelola mencapai target yang optimal.

Social media ads adalah salah satu teknik digital marketing yang memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan produk. Social media marketing sangat fleksibel karena mudah digunakan bersamaan dengan teknik digital marketing lainnya. Misalnya penggunaan blog dan sosial media, email dan sosial media, atau gabungan lainnya. Beberapa pilihan social media ads, misalnya Facebook ads dan Instagram ads. 

Marketplace

Marketplace merupakan portal, website, atau aplikasi online yang memberikan fasilitas untuk proses jual beli dari berbagai toko. Pada praktiknya, pihak marketplace tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang dijual. Pihak marketplace hanya  menyediakan tempat untuk berjualan, fitur untuk berkomunikasi dengan pelanggan, dan fitur bertransaksi yang simpel dan mudah. 

Salah satu alasan marketplace cukup terkenal dan cocok untuk strategi digital marketing adalah kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan sehingga banyak yang menggambarkan online marketplace seperti department store.

Untuk marketplace B2C atau yang menjual barang secara eceran, Anda bisa cek Tokopedia, Shopee, atau Lazada. Namun bila Anda adalah supplier yang menjual barang dalam jumlah besar, Anda bisa mencoba berjualan di Indotrading. Dikenal sebagai Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia, Indotrading dapat membantu Anda menyediakan berbagai kebutuhan produk barang dan jasa terlengkap untuk berbagai bisnis dan industri. 

 

PSBB Jakarta September ini meskipun diperkirakan hanya akan berlangsung selama 2 minggu, namun bisa jadi ada kemungkinan akan diperpanjang lagi. Namun, bisnis Anda harus tetap optimal di tengah keadaan yang serba sulit ini. Dengan kelima cara digital marketing di atas, maka Anda akan memiliki peluang yang selebar-lebarnya untuk menjangkau konsumen dan meningkatkan omset bisnis online Anda.

banner seller
To Top