Insight

Simak 5 Jenis Alat Pelindung Wajah dan Beda Fungsinya

Banyak yang menganggap alat pelindung wajah adalah face shield semata, sedang itu hanya salah satu jenis nya saja. Ada banyak macam alat pelindung wajah yang dapat dijadikan sebagai alat safety saat bekerja. Namun tidak semua jenis tersebut memiliki fungsi yang sama. Jika Anda hendak membeli alat pelindung wajah untuk kebutuhan usaha dan pekerja Anda. Simak pembahasan Tim News Indotrading kali ini mengenai Beda  5 Jenis Alat Pelindung Wajah.

Anda juga dapat menemukan berbagai jenis alat pelindung wajah dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading!

Baca Juga : Jenis dan Arti Perbedaan Warna pada Rompi Safety K3

Apa Itu Pelindung Wajah?

 

Salah satu jenis alat keamanan saat bekerja adalah alat pelindung wajah. Alat ini banyak digunakan sebagai perlindungan dasar pada bagian wajah dan sekitarnya. Umumnya alat pelindung ini terbuat dari material plastik, fiberglass, ataupun logam khusus yang telah terjamin kekuatan dan kualitasnya.

Alat ini juga menjadi salah satu alat keamanan kerja yang telah banyak diusulkan oleh badan organisasi pemerhati terkait seperti OSCHA (Occupational Safety and Health Administration) dari Amerika serikat, yang kemudian ditetapkan menjadi standar keamanan kerja internasional dalam aturan regulasi proses keamanan kerja atau process safety management (PSM).

Dengan dengan begitu, semakin menguatkan bahwa alat pelindung wajah ini sangat penting dan dibutuhkan pekerja. Tentu saja tujuannya adalah untuk memberikan keamanan pada para pekerja serta menghindari dan mengurangi resiko kecelakaan kerja.

Para pekerja juga akan merasakan kenyamanan yang lebih dalam melakukan pekerjaannya saat mereka merasa aman terlindungi. 

Biasanya pekerja yang menggunakan jenis alat pelindung diri ini diantaranya adalah mereka yang bekerja di lapangan seperti pekerja pertambangan, pengelasan, bengkel reparasi, laboratorium dan sebagainya.

Baca Juga : Melihat Peluang Bisnis Alat Safety Selama Pandemi

Jenis Alat Pelindung Wajah

Alat pelindung wajah tidak hanya sebatas face shield. Lebih banyak lagi alat ini dapat dibedakan menjadi 5 jenis. Kelima jenis tersebut memiliki fungsi spesifik masing-masing berdasarkan kebutuhan juga tempat dimana alat ini digunakan. Berikut 5 Jenis Alat Pelindung Wajah :

1. Spectacle

Spectacle merupakan satu jenis pelindung wajah berbentuk kacamata yang tentunya memiliki area spesifik pengamanan yakni mata. Spectacle biasanya terbuat dari bahan material plastik ataupun logam bening yang tahan benturan. 

Alat pelindung diri bargain mata ini dapat membantu Anda menghindari serpihan partikel, debu halus, zat kimia ataupun yang lainnya untuk masuk ke area mata Anda. Untuk itu, pastikan bagian spectacle harus terpasang dengan benar dan kuat pada frame kacamata keamanan tersebut dan pas di wajah.

2. Safety Goggles

Ada juga Safety Goggles. Jenis alat pelindung wajah ini juga memiliki bentuk rupa kacamata sama seperti spectacle. Bedanya safety goggles memiliki spesialisasi penanganan pada partikel halus yang bertebaran seperti debu dan serpihan halus lainnya. Jenis yang satu ini terbuat dari material logam dan plastik dengan keunggulan lensa nya yang bening.

Selain itu, safety goggles juga memiliki banyak jenis lensa yang juga dapat digunakan bersamaan dengan kacamata resep. Atau dalam kata lain safety google memiliki kemampuan untuk bisa digunakan bersamaan dengan kaca mata minus ataupun plus bawaan.

3. Face Shield

Selanjutnya yang paling umum digunakan dan paling banyak diketahui adalah jenis face shield. Face shield memiliki bentuk seperti perisai yang menutupi seluruh wajah. Biasanya face shield juga dilengkapi dengan fitur atau komponen headgear agar face shield bisa tegak digunakan. Jenis alat safety wajah yang satu ini juga banyak dibuat dari material plastik bening sehingga tidak menghalangi penglihatan saat bekerja.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, jenis face shield tidak hanya digunakan untuk keamanan saat bekerja, namun juga sebagai pelindung diri ganda untuk mencegah dan menghindari masuknya partikel virus melalui area wajah. Sebagai alat pelindung diri di masa pandemi, bentuk face shield ini juga kemudian disesuaikan agar bisa digunakan sehari – hari.

Jenis face shield sebagai alat pelindung diri ganda kesehatan ini tidak menggunakan headgear atau helmet, namun menggunakan jenis bingkai kacamata yang dilengkapi perisai bening.

4. Perisai Pengelasan

Setipe dengan face shield, ada perisai pengelasan. Perisai pengelasan merupakan jenis yang memiliki bentuk penuh seperti face shield. Bedanya, perisai pengelasan digunakan dalam industri pengelasan. Jenis ini dibuat dari material fiberglass yang lebih kuat dibandingkan plastik terhadap serpihan benda.

Banyak digunakan saat proses pengelasan yang memiliki resiko tinggi terhadap iritasi dan kecelakaan kerja akibat serpihan las, perisai pengelasan ini biasanya juga digunakan bersamaan dengan kacamata safety. Tujuannya adalah untuk memberikan perlindungan ganda saat bekerja.

5. Kacamata Pengaman Laser

Sesuai dengan namanya, kacamata pengaman laser digunakan untuk melindungi para pekerja dari sinar laser berbahaya terhadap keamanan mata. Berbeda dari jenis kacamata pengaman lainnya yang umumnya memiliki warna lensa bening agar tidak menghalangi penglihatan pekerja, kacamata laser memiliki lensa berwarna gelap yang bertujuan untuk meredam dan menghalau sinar laser.

Biasanya warna dasar hijau, biru, dan merah ataupun hitam gelap. Tidak hanya di warna, spesifikasi lain yang membedakan kacamata pengaman laser dengan kacamata pengaman lainnya ada pada fitur teknologi anti laser dan sinar UV tinggi. jenis pelindung yang berbentuk kacamata ini dilengkapi dengan anti laser dan sinar uv tersebut.

Demikianlah informasi pembahasan mengenai 5 jenis alat pelindung wajah dan bedanya. Masing-masing alat tersebut dilengkapi dengan spesifikasi dan keunggulannya sendiri. Anda hanya perlu menyesuaikan jenis alat pelindung wajah tersebut dengan kebutuhan kegiatan industri atau pekerja yang Anda miliki. Perlu diperhatikan juga spesifikasi serta kualitas alat pelindung wajah yang hendak Anda beli agar dapat digunakan secara maksimal dan efektif.

Di Indotrading, Anda dapat menemukan jenis alat pelindung wajah dengan kualitas dan harga terbaik langsung dari berbagai Supplier di Indonesia!

Baca Juga : Cegah COVID-19! 8 Rekomendasi Masker 3 Ply Terbaik untuk Sehari-hari

banner seller
To Top