Tips Bisnis

Peluang Bisnis Sepatu Sneakers yang Bisa Kalian Coba 2021

bisnis sepatu sneakers

Tak bisa dipungkiri, sepatu sneakers memiliki banyak peminat. Dulu sepatu sneakers hanya digunakan oleh anak sekolah dan olahragawan. Kini beragamnya penggemar sepatu sneakers membuat jenis sepatu ini menjadi incaran banyak pengusaha untuk menggeluti bisnis sepatu sneakers.

Tak sedikit orang kantoran juga gemar menggunakan dan bahkan mengoleksi sepatu sneakers. Apalagi peminatnya tak hanya dari kalangan pria. Wanita pun tak kalah antusias mengoleksi sepatu sneakers sebagai pelengkap penampilannya.

Selain tak mengenal gender, penggemar sepatu sneakers juga tak memandang usia. Anda tentunya tak jarang melihat orang tua, atau bahkan manula yang tak canggung berjalan kaki menggunakan sepasang sepatu sneakers.

Fungsi penggunaannya pun tak hanya diperuntukkan sebagai sepatu olahraga, namun juga sering dipakai untuk berjalan-jalan santai, baik itu di taman, di pusat perbelanjaan seperti pasar dan mall, pelengkap penampilan saat berwisata, hingga untuk beraktivitas secara formal.

Ketika dipakai untuk mengendarai kendaraan roda dua, banyak orang cenderung memilih menggunakan sepatu sneakers karena dinilai memiliki ketahanan yang lebih kuat dibanding sepatu lainnya. Apalagi bahan solnya yang kesat semakin meminimalisir kemungkinan terpeleset.

Bahkan bagi pekerja lapangan seperti pekerja proyek hingga sales, sepatu sneakers sudah lama menjadi andalan untuk menemani kegiatan selama berkutat di lapangan. Kuat dan nyaman, begitulah alasan mereka dalam memilih sepatu sneakers dibanding sepatu jenis lainnya.

Baca juga : Terapkan 5 Tips Ini Supaya Bisnis Baju Kalian Berhasil 2021

Namun jangankan pekerja lapangan, sepatu sneakers-pun tampak begitu stylish digunakan oleh karyawan kantoran, mulai dari staf kantor hingga jajaran direktur. Meski memiliki kesan sepatu santai, namun nyatanya sepatu sneakers jenis tertentu memang memiliki tampilan formal.

Sepatu sneakers sekiranya wajar jika semakin diminati. Hal ini karena sepatu sneakers memang begitu nyaman dipakai, dan bahkan mampu melindungi seluruh permukaan kaki dari berbagai gangguan selama digunakan, baik untuk berjalan, berlari, maupun berkendara.

Menggunakan sepatu sneakers tentunya akan melindungi kaki dari berbagai jenis kotoran seperti lumpur, pasir, hingga cipratan air. Sepatu sneakers bahkan juga memberikan perlindungan lebih baik pada kaki penggunanya dari sengatan sinar matahari yang seringkali membakar kulit.

Seiring berkembangnya fashion, model-model tampilan sepatu sneakers juga semakin menarik. Ada banyak pilihan model dengan ragam pilihan warna yang cocok digunakan di momen apapun. Bahkan pilihan modelnya tak sedikit yang begitu cocok dipadu padankan berbagai busana.

Nah, meski telah banyak pengusaha yang membuka bisnis sepatu sneakers, baik itu dari kalangan pengusaha kecil, menengah hingga pengusaha kelas atas, Anda yang juga mempunyai keinginan mencoba bisnis sepatu jangan langsung berkecil hati.

Banyaknya usaha bisnis sepatu menandakan begitu banyaknya permintaan pasar atas sepatu. Jadi, meski pengusaha bisnis sepatu kian bertambah, keuntungan yang diperoleh masing-masing pemilik usaha tetap menjanjikan, karena permintaan pasarnya yang tak pernah mati.

Bisnis sepatu juga cocok dijadikan sebagai bisnis untuk mahasiswa dan pebisnis pemula lainnya, karena seperti halnya bisnis konveksi, modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis sepatu tidaklah begitu besar. Cukup menyiapkan beberapa juta rupiah, sudah bisa memulai usaha.

Tips Membuka Bisnis Sepatu Sneakers

Bahkan bisnis yang menjanjikan omset dan keuntungan yang besar seperti bisnis sepatu ini sangat bisa Anda andalkan sebagai sumber penghasilan utama, terlebih jika Anda menggelutinya dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati.

Agar bisnis sepatu sneakers yang Anda jalankan bisa terus berkembang, bahkan hingga menghasilkan omset ratusan juta rupiah setiap bulannya, berikut adalah tips-tips yang bisa anda coba untuk memulai menjalankan bisnis sepatu:

  1. Kenali ragam sepatu sneakers untuk dijual

Sepatu sneakers sejatinya ada beberapa turunan lagi, jenisnya dibedakan berdasarkan bahan, model dan fungsinya. Jangan sampai saat ada pembeli yang datang ke lapak Anda dan menanyakan sebuah model, namun Anda tak mengetahui jenis apa yang dimaksud.

Terdapat cukup banyak jenis sepatu sneakers, di antaranya adalah leather sneakers, textile blend, velcro sneakers, canvas, slip-on, authentic sneakers, high-top basketball, athletic kicks, dad sneakers, knit sneakers, plimsoll sneakers, dan running sneakers.

Maka, alangkah baiknya jika di lapak Anda tersedia semua jenis sneakers tersebut. Jika jenis sneakers yang tersedia di lapak Anda cukup lengkap, bisa dipastikan pengunjung tak akan bosan untuk melihat-lihat ragam sneakers di lapak Anda.

  1. Cari distributor atau supplier sneakers yang tepat

Usahakan untuk mencari distributor atau supplier sneakers yang terpercaya agar Anda bisa menyediakan sneakers yang kuat dan berkualitas dengan pilihan model dan warna yang menarik, yang sekiranya akan banyak dicari dan diminati para penggemar sneakers.

Usahakan untuk lebih cermat dan teliti dalam memilih distributor atau supplier sneakers yang akan memasok kebutuhan sepatu Anda, terlebih lagi jika Anda berniat menjual sneakers branded, maka waspadalah akan adanya distributor atau supplier nakal yang suka memalsukan merk-merk ternama.

Anda bisa menemukan supplier sepatu terpercaya disini

  1. Perluas jangkauan konsumen

Agar bisnis sepatu Anda cepat dikenali masyarakat, selain memajang koleksi sepatu sneakers Anda di etalase lapak, lakukan juga pemasaran melalui internet dengan memanfaatkan akun-akun media sosial yang Anda miliki.

Selain itu, Anda juga dapat membuka toko secara online dengan cara mendaftar pada sebanyak mungkin platform-platform marketplace yang ada di Indonesia, agar koleksi sepatu sneakers Anda bisa cepat dikenal oleh masyarakat secara luas.

Melalui internet, pasar dunia bisa dijangkau dengan bergabung di platform marketplace internasional. Semakin banyak jangkauan bisnis Anda, maka semakin besar pula peluang Anda mendapatkan keuntungan jutaan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya.

  1. Tepat memberikan harga

Sebagai permulaan bisnis, sebaiknya ambillah keuntungan yang tak begitu besar untuk mengumpulkan lebih banyak pelanggan. Jika pelanggan telah percaya dengan kredibilitas toko Anda, pelan-pelan secara bertahap Anda dapat menaikkan laba untuk setiap sepatu.

Namun perlu Anda ingat, jangan pernah mengambil keuntungan yang terlalu tinggi, karena hanya akan membuat pelanggan menjadi kabur. Usahakan selalu memberikan harga yang mampu bersaing dengan pengusaha sepatu sneakers lain di luar sana.

  1. Promosikan bisnis sepatu sneakers Anda secara menarik

Jika Anda memiliki toko fisik, pasanglah banner toko yang mudah terlihat secara jelas oleh tiap orang yang melintasi toko Anda. Di etalase terdepan, pajanglah beberapa sneakers yang Anda nilai memiliki tampilan paling trendy di antara sepatu-sepatu sneakers lainnya.

Pada momen-momen tertentu, jangan ragu untuk memberikan promo menarik dan memajang informasi promo tersebut di luar toko agar dapat menarik lebih banyak pengunjung.

Baca juga : Panduan Lengkap Cara Optimasi Website Bisnis dengan SEO

Berbeda lagi promosi yang perlu Anda lakukan untuk lapak online Anda. Untuk berpromosi, Anda bisa memajang foto terbaik setiap item koleksi sepatu Anda dan memberikan detail yang jelas seperti bahan dan rincian ukuran sepatu.

Jangan lupa juga untuk selalu memberikan pelayanan terbaik, seperti memberikan respon yang cepat, jelas menjawab pertanyaan dari pembeli, serta sesegera mungkin mengirimkan pesanan barang agar pembeli merasa puas dan merekomendasikan bisnis sepatu sneakers Anda.

 

Referensi :

banner seller
To Top