Tips Bisnis

12 Ide Bisnis untuk Mahasiswa Selama Kuliah Online

bisnis untuk mahasiswa

Pada masa pandemi seperti ini, hampir semua kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online, tak terkecuali pada tingkat perguruan tinggi. Dengan adanya kegiatan belajar online ini, seorang mahasiswa harusnya bisa mengambil peluang bisnis. Ada banyak bisnis untuk mahasiswa saat ini.

Banyak dari kalangan mahasiswa yang ingin mendapat keuntungan dan tambahan uang jajan, selama kuliahnya masih online. Bisnis yang bisa dijalani oleh mahasiswa juga tidak melulu yang sifatnya offline. Anda juga bisa menjalankan bisnis secara online.

Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak sekali peluang bisnis mahasiswa yang semakin mudah dijalani secara online. Mengingat kegiatan kuliah yang masih dijalankan secara online, akan sangat disayangkan jika Anda tidak melakukan pekerjaan sampingan.

Bagi Anda yang sangat butuh penghasilan sampingan, maka di bawah ini ada beberapa jenis ide bisnis secara online dan tidak banyak membuang waktu. Di antaranya adalah:

1. Reseller/Dropshipper

Pada dasarnya, kedua kegiatan bisnis ini adalah sama. Keduanya sama-sama menjual produk yang tidak diproduksi sendiri. Anda akan diizinkan pihak penjual pertama untuk turut menjual produknya. Anda pun bisa menentukan sendiri keuntungan yang ingin Anda dapatkan.

Anda bisa memanfaatkan banyak sekali media online untuk menjadi reseller atau dropshipper. Bahkan Anda juga bisa membuat toko online sendiri. Menjadi reseller/dropship juga bisa menjadi salah satu ide bisnis rumahan yang cocok untuk dikerjakan.

2. Bisnis Kuliner Online

Untuk Anda yang sangat hobi masak dengan kualitas rasa yang oke, maka menjalankan bisnis kuliner online sangat cocok dengan Anda. Anda bisa mulai memasarkan menu andalan yang Anda kuasai.

Untuk pemasarannya, Anda bisa gunakan beragam jenis media online, seperti WhatsApp, Instagram, Line, Twitter, dan lainnya.

3. Konten Kreator

Dunia media sosial saat ini sudah menjadi sebuah wadah yang banyak digemari masyarakat. Menjadi seorang konten kreator adalah keputusan yang tepat jika Anda ingin sukses mendapatkan banyak cuan dari tiap kreasi yang dibuat.

Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan YouTube, Instagram, dan Tik Tok untuk membuat kreasi sekreatif mungkin. Dengan banyaknya netizen yang melihat dan menyukai kreasi Anda, maka Anda bisa mendapatkan banyak hasil keuntungan.

4. Freelancer

Freelance sendiri merupakan jenis pekerjaan yang tidak tetap. Biasanya, pekerja freelance hanya bekerja ketika mendapat waktu luang. Adapun pekerjaan ini tidak hanya dikerjakan secara offline.

Saat ini banyak sekali pekerjaan freelance online yang bisa dilakukan bersamaan dengan kegiatan perkuliahan. Ada banyak sekali mahasiswa yang saat ini mulai aktif bekerja menjadi freelancer online.

5. Web Developer

Untuk Anda yang sedang kuliah di bidang IT, web developer bisa menjadi bidang pekerjaan yang tepat. Anda bisa mengisi web tersebut dengan beragam konten yang mengundang para pengunjung online.

Semakin banyak jumlah pengunjung web Anda, maka penghasilan yang didapat juga semakin banyak. Untuk membantu memasarkan web, Anda bisa cantumkan link tautan di setiap media sosial.

6. Blogger

Bisnis yang satu ini hampir sama dengan bisnis web developer. Hanya saja, blog sifatnya lebih personal. Anda bisa mulai membangun blog pribadi Anda dengan berbagai hal. Anda bisa share berbagai hal di dalamnya.

Pastikan Anda juga memasarkan blognya, sehingga pengunjungnya pun akan banyak. Ketika pengunjung blog meningkat, Anda juga akan mendapatkan penghasilan yang meningkat.

7. Translator

Menjadi seorang translator kini bisa dilakukan secara online. Keuntungan menjadi seorang translator juga terbilang cukup banyak. Bahkan selain cocok dijadikan pekerjaan sampingan di masa pandemi, menjadi translator bisa menambah wawasan untuk mahasiswa.

8. Jual Pulsa Elektrik dan Paket Data

Menjual pulsa dan paket data, ternyata tidak harus dilakukan di sebuah counter. Dengan kecanggihan teknologi informasi saat ini, Anda bisa menjual pulsa dan paket data secara online. Penjualan paket data bisa jadi pilihan yang tepat sebagai bisnis untuk mahasiswa.

Apalagi saat ini, banyak hal dilakukan secara online, sehingga hampir semua orang pasti membutuhkan stok paket data untuk akses internet setiap saat.

9. Bimbingan Belajar

Pada masa pandemi, ada banyak sekali lembaga bimbingan belajar yang dilakukan secara online. Jika Anda mencari bisnis modal kecil atau bahkan tanpa modal, maka pilihan bisnis yang satu ini bisa jadi keputusan yang tepat.

Kamu bisa memanfaatkan media Zoom atau sejenisnya untuk melakukan pengajaran secara online. Selain menambah penghasilan, Anda bisa sekaligus belajar mengajar anak-anak.

10. Desain Grafis

Bagi Anda yang senang dan pandai membuat desain, Anda bisa pertimbangkan bisnis yang satu ini. Modal yang dibutuhkan mungkin hanya media dan aplikasi untuk mendesain. Jika Anda sudah punya laptop, maka Anda bisa kembangkan bisnis desain tersebut.

11. Penulis Lepas

Menjadi seorang penulis lepas bukanlah hal yang sulit. Anda bisa memanfaatkan waktu luang dan laptop Anda sebagai media untuk menulis. Penulis lepas biasanya memiliki tugas menulis artikel atau sejenisnya.

Penghasilan yang didapatkan memang bukan gaji bulanan, namun Anda bisa kalkulasi sendiri sesuai dengan seberapa banyak Anda menulis. Tentunya dengan begini akan membuat Anda bisa menentukan seberapa banyak penghasilan yang akan didapatkan.

12. YouTuber

Bisnis yang satu ini, bisa menjadikan Anda lebih terkenal di dunia maya. Pasalnya, Anda hanya perlu membuat konten video yang menarik perhatian banyak orang. Untung-untung jika banyak juga yang menyukai video Anda dan menjadi subscribers Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa membuat konten video yang sesuai dengan passion. Misalnya membuat tutorial penyelesaian soal, vlog, video review, dan lain sebagainya.

Dari berbagai ide bisnis di atas, Anda bisa menyesuaikan bisnis untuk mahasiswa mana yang lebih diminati. Kebutuhan bisnis online Anda bisa didapatkan dengan mudah dari indotrading.com. Segala kebutuhan bisa Anda dapatkan di sini. Soal kualitas barang, tidak perlu diragukan lagi!

To Top