Insight

Melihat Peluang Bisnis Bengkel Las Selama Pandemi

bisnis bengkel las

Meskipun kondisi ekonomi Nasional ikut surut selama pandemi, ternyata hal ini tidak menurunkan semangat masyarakat untuk mengembangkan ide bisnis dan meraih penghasilan. Bisnis bengkel las menjadi salah satu peluang yang bisa Anda coba.

Bisnis yang satu ini nyatanya memberikan banyak prospek dan keuntungan, mengingat di masa pandemi ini Anda harus mampu mengelola keuangan dengan baik meskipun sedang berbisnis.

Tips Mendirikan Usaha Bengkel Las

bisnis bengkel las 1

Sebelum Anda sibuk dengan urusan teknis dari pengadaan bengkel las, ada hal-hal penting yang harus dipertimbangkan dengan matang. Hal-hal di bawah ini akan berpengaruh pada kelancaran bisnis yang Anda rintis secara jangka panjang.

1. Tentukan Lokasi Bengkel

Beruntungnya, bisnis yang satu ini bersifat fleksibel dalam pemilihan tempat. Anda bisa memanfaatkan sebagian lahan di rumah, ruko, maupun lokasi kecil lainnya. Di sisi lain, Anda bisa menghemat modal untuk hal penting lainnya.

2. Jangan Lupakan Persiapan Alat

Nantinya, Anda harus mampu mengelas berbagai macam barang, seperti kanopi, pagar, hingga teralis pintu. Beberapa rekomendasi mesin las dan alat di bawah ini akan mendukung pekerjaan Anda di bidang mengelas, yaitu:

  • Mesin las sebagai sumber dari aktivitas pengelasan.
  • Kompresor untuk mengecat dan memperindah produk yang sudah dilas.
  • Bor listrik biasa dan khusus beton.
  • Gerinda tangan untuk menghaluskan dan memotong permukaan setelah dilas.
  • Genset portable sebagai alternatif ketika mati listrik.
  • Mesin pemotong besi.
  • Mesin trafo las.

3. Ketahui Estimasi Biaya yang Harus Disiapkan

Dengan biaya sekitar 5 juta rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan alat lengkap yang belum disertai aksesoris. Namun, perkiraan tersebut bisa berubah-ubah sesuai kebutuhan.

Perhitungkan dengan matang supaya tidak ada yang tertinggal dari perencanaan anggaran modal. Karena saat ini jenis mesin las sudah bermacam – macam, jadi pilih mesin las sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 11 Cara Memulai Bisnis Konveksi Dari Rumah dan Strateginya

Upaya Mengembangkan Bisnis Bengkel Las

bisnis bengkel las 2

Setelah menyiapkan segala kebutuhan bisnis dan mulai membangunnya secara bertahap, ini waktu yang tepat bagi Anda untuk menaikkan nilai jual dan kelancaran bisnis saat pandemi.

1. Jaminan Hasil Kerja yang Memuaskan

Meskipun sekadar mengelas dan mengatasi masalah-masalah sejenis, nyatanya kepuasan pelanggan akan membuat bisnis Anda banyak direkomendasikan kepada yang lainnya. Hasil kerja yang berkualitas menjadi bukti nyata bahwa bisnis las ini mampu menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

2. Layanan yang Maksimal

Bisnis las Anda akan semakin berkembang apabila mampu melayani setiap pelanggan secara maksimal. Berikan keramahan dan bantu pelanggan untuk mengatasi masalahnya.

Berikan kesempatan kepada konsumen untuk bertanya maupun berdiskusi menentukan bahan atau pewarnaan sesuai keinginan.

3. Perbandingan Harga

Konsumen sudah pasti akan membandingkan harga jasa las yang Anda berikan dengan kompetitor lainnya. Upayakan bisnis Anda menjadi yang paling unggul dengan memberikan banyak manfaat dan keuntungan kepada pelanggan.

Entah itu melalui harga yang lebih rendah, setara, atau lebih tinggi, jaminan kualitasnya dapat dilihat dari hasil pekerjaan Anda. Umumnya, hasil pengelasan yang banyak dicari harus rapi, kuat, awet, dan tahan lama.

4. Bonus dan Fasilitas

Garansi adalah salah satu fasilitas yang tidak pernah lepas dari layanan produk dan jasa. Manfaatkan peluang tersebut untuk mengembangkan bisnis las Anda.

Tidak hanya berkualitas, Anda bisa memberikan kemudahan yang meringankan beban pelanggan. Berikan klaim garansi selama 2 minggu sampai 1 bulan untuk hasil las teralis, pagar, atau kanopi. Jangan lupa siapkan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pelanggan.

5. Strategi Pemasaran Terbaik

Mengembangkan bisnis bengkel las tentu tidak akan pernah lepas dari pemasaran yang optimal. Tidak hanya sekadar mouth to mouth, Anda juga bisa memanfaatkan peluang dari dunia online. Saat ini, media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram bisa menjadi lahan promosi yang menjanjikan.

6. Ikuti Tren dan Update Seputar Bidang Bengkel Las

Tren pasar selalu berkembang, begitu pula dengan dunia bengkel las. Pagar, jungkat-jungkit, hingga kanopi biasanya mendapatkan upgrade baru, baik dari materialnya maupun trik pemasangannya. Anda harus bisa beradaptasi dengan hal tersebut supaya bisnis juga ikut berkembang.

7. Perdalam Skill dan Keahlian

Hal penting yang juga harus Anda perhatikan adalah skill yang dipakai untuk mengelas. Perkaya diri sendiri maupun karyawan supaya senantiasa memberikan hasil las yang berkualitas.

Karena saat ini mesin las ada banyak, sebaiknya pelajari semua mesin las. Mulai dari cara menggunakan las co2, cara setting las mig, hingga memperbaiki las inverter.

Di samping itu, menggunakan teknik-teknik tertentu yang berpotensi disukai pelanggan juga tidak ada salahnya. Yang terpenting, keahlian tersebut harus tetap diasah supaya semakin banyak orang berdatangan menuju bengkel Anda.

8. Rawat dan Upgrade Peralatan yang Ada

Hasil las yang memuaskan bisa diperoleh ketika alat pendukungnya juga awet dan dapat dioperasikan dengan baik. Peralatan harus rajin dirawat dan dibersihkan supaya tidak cepat rusak. Namun, apabila sudah waktunya diganti, pastikan Anda juga memilih alat baru yang juga kuat dan tahan lama.

Cara Mempromosikan Bengkel Las

bisnis bengkel las 3

Dengan pangsa pasar yang sudah luas, tentu Anda ingin bisnis ini bisa menarik banyak pelanggan, bukan? Memanfaatkan teknik dan strategi pemasaran yang tepat akan meningkatkan daya jual dari bengkel las Anda. Apa saja yang bisa dilakukan?

  • Pasang iklan baris di koran.
  • Sebarkan katalog promosi dan iklan.
  • Gunakan teknologi, manfaatkan Facebook Ads dan Google Ads untuk beriklan.
  • Kembangkan pemesanan atau booking jasa las jarak jauh.
  • Carilah konsumen yang potensial.
  • Jangan takut untuk melakukan kolaborasi dan kerja sama dengan pihak tertentu.
  • Siapkan website dan video profil dari bisnis ini.
  • Sebarkan kartu nama Anda kepada teman, saudara, dan kerabat.
  • Bagikan brosur dengan menyelipkannya di kaca mobil.
  • Mencari dan memfollow up calon konsumen yang bergabung di komunitas seputar bengkel.
  • Memberikan kesempatan bagi calon pelanggan untuk melihat-lihat proses pengelasan.

Baca Juga: 10 Tips Membuka Bisnis Mebel Bisa Untung Besar

Ketika berada di situasi yang tidak memungkinkan seperti ini, bisnis bengkel las bisa membuka pintu penghasilan bagi Anda. Kini, Indotrading telah menyediakan perlengkapan las, seperti mesin las untuk mendukung pekerjaan Anda. Cek website indotrading.com, pilih mesin las, dan pesan sekarang juga.

To Top