Tips Bisnis

10 Tips Membuka Bisnis Mebel Bisa Untung Besar

bisnis mebel

Banyak orang menganggap bahwa bisnis mebel atau furnitur memiliki modal yang besar dan jarang lakunya. Namun ternyata opini itu salah. Kebutuhan perabotan rumah saat ini semakin gencar dicari. Hal ini seiring dengan banyaknya orang yang membeli dan membangun rumah baru.

Untuk membangun bisnis mebel tentu Anda butuh modal. Namun modal paling penting yang Anda butuhkan adalah keterampilan. Banyak orang tidak berani membuka bisnis yang satu ini. Peluang suksesnya bisnis ini cukup besar. Akan sangat sayang jika Anda tidak ambil kesempatan ini.

Beberapa Tips Membangun Bisnis Mebel

Selain keterampilan, ada beberapa hal yang juga cukup penting untuk diperhatikan saat membangun bisnis mebel. Lantas bagaimana agar pembangunan bisnis ini bisa berjalan dengan baik? Simak beberapa tips dari News Indotrading di bawah ini:

  1. Tentukan Target Pasar

Secara umum, bisnis furnitur atau mebel ini punya dua jenis kelas target pasar. Yang pertama adalah target kelas atas dan yang kedua adalah kelas menengah ke bawah. Dari sini, Anda bisa mulai menentukan target pasar Anda.

Jika Anda lebih dominan menargetkan penjualan pada kelas atas, maka Anda juga harus siap dengan resiko pembuatan furnitur yang serba mewah dengan bahan terbaik.

Namun jika sebaliknya, maka Anda bisa membuat furnitur dengan bahan yang kualitasnya agak rendah namun juga tidak jelek. Furnitur dengan bahan berkualitas tinggi, tentu harus dijual dengan harga lebih mahal.

Sedangkan furnitur berbahan agak rendah, akan memberikan tawaran harga yang cukup terjangkau. Sebaiknya perhatikan lingkungan sekitar Anda, apakah mereka banyak dari kelas atas atau menengah ke bawah.

  1. Carilah Referensi Sebanyak Mungkin

Menjalankan usaha mebel memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karenanya, Anda butuh pembelajaran ekstra dan banyak referensi untuk membuat berbagai produk. Carilah referensi sebanyak mungkin. Baik itu referensi online maupun offline.

Belajarlah dari pebisnis mebel yang lebih senior. Bila perlu, Anda bisa ikut pelatihan khusus untuk belajar tentang mebel dan dunia furnitur.

  1. Menyiapkan Bahan Baku Terbaik

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan baku furnitur. Secara umum, bahan baku yang sering digunakan adalah kayu biasa dan kayu rotan. Dalam hal ini, Anda bisa sesuaikan penggunaan jenis bahan baku dengan tingkat kualitas furnitur.

Namun jika Anda ingin mengambil cara yang lebih simpel, Anda bisa cari vendor dari Jepara yang terkenal punya kualitas furnitur bagus. Dengan catatan, Anda harus punya kemampuan untuk melakukan finishing terhadap kayu yang Anda beli sehingga menjadi furnitur bagus.

Baca juga :

Peluang Bisnis Properti dan Ketahui Tips Memulainya

10 Tips Membuka Bisnis Toko Bangunan Saat Pandemi

  1. Siapkan Alat Yang Mumpuni

Selain menyiapkan bahan, Anda juga perlu menyiapkan berbagai peralatan canggih untuk membuat berbagai produk mebel berkualitas. Semakin bagus dan lengkap peralatannya, semakin bagus juga untuk jalannya usaha Anda.

Jangan lupa, pastikan Anda sudah belajar mengenal berbagai alat dan fungsi dari alat mebel tersebut.

  1. Tentukan Lokasi Jual

Lokasi jual adalah hal yang cukup penting diperhatikan. Sebisa mungkin pilihlah lokasi yang strategis. Lokasi strategis untuk mendirikan kantor mebel adalah di dekat lahan perumahan atau di tengah kota.

Dengan lokasi yang dekat dengan perumahan, para pemilik rumah baru akan lebih mudah untuk mendapatkan furnitur rumah yang dibutuhkan.

  1. Rekrutlah Tenaga Kerja Berbakat

Mendirikan perusahaan mebel sendiri mungkin bisa dilakukan sendiri. Namun untuk menjalankan bisnis ini, Anda mungkin tidak bisa menanganinya sendiri. Anda akan membutuhkan karyawan yang akan membantu menyelesaikan pesanan furnitur.

Perekrutan ini juga tidak bisa dilakukan asal-asalan. Pastikan Anda memilih karyawan yang memang punya skill dalam bidang mebel. Usahakan juga untuk mengutamakan poin kreativitasnya. Semakin kreatif karyawan Anda, semakin bagus hasil furniturnya.

  1. Siapkan Modal Usaha

Apapun bisnisnya, akan sedikit sulit dijalankan jika tidak ada modal usaha. Paling tidak, Anda bisa menyiapkan modal usaha dari hasil pekerjaan awal Anda. Sebaiknya, Anda bisa menjadi reseller mebel terlebih dulu untuk mengumpulkan modal.

Selain mendapatkan keuntungan modal, Anda juga bisa mendapatkan sedikit pengalaman dalam penjualan furnitur atau benda mebel. Namun jika Anda ingin melakukan pinjaman untuk modal, maka meminjamlah pada sumber terpercaya dan tidak memberatkan Anda.

  1. Belajarlah Membaca Peluang

Seorang pebisnis harus pandai membaca peluang bisnis. Tips yang satu ini tidak hanya berlaku untuk bisnis furnitur. Semua bisnis membutuhkan kecerdikan dalam membaca peluang.

Sebagai contoh, carilah informasi terkait perkembangan minat masyarakat terhadap pembangunan rumah baru. Dari sana, Anda bisa menemukan banyak peluang untuk dijadikan target penjualan benda mebel atau furnitur Anda.

  1. Daftarkan Usaha Anda

Ada banyak perusahaan bisnis besar yang melewatkan hal penting satu ini. Setelah mereka sukses dan menjadi besar, mau tidak mau mereka harus terkena denda karena membuka usaha tanpa adanya ijin dari pemerintah.

Karenanya, sebaiknya daftarkan usaha Anda sejak pertama kali dibuka. Sewaktu-waktu jika bisnis Anda besar dan terkenal, Anda hanya tinggal menikmati hasilnya.

  1. Lakukan Promosi Dengan Gencar

Bagi Anda yang masih pemula, promosi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan dengan gencar. Tidak hanya promosi secara offline, Anda juga bisa melakukan promosi secara online. Manfaatkan berbagai media sosial untuk melakukan promosi.

Pastikan Anda juga membuat kartu nama beserta brosur atau katalog. Dari katalog tersebut, orang akan melihat berbagai model furnitur yang bisa Anda buat untuk kebutuhan mereka. Bila perlu, Anda bisa membayar iklan untuk usaha Anda tersebut.

Berbagai tips bisnis mebel di atas, mungkin bisa menjadi acuan bagi Anda yang ingin mulai membuka bisnis tersebut. Untuk Anda yang ingin membeli peralatan furniture lebih lengkap, Anda bisa andalkan indotrading.com. Berbagai perlengkapan bisnis bisa Anda dapatkan secara mudah.

To Top