Insight

Kelebihan dan Kekurangan Karpet Karet Lantai yang Harus Anda Ketahui

Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai Kelebihan dan Kekurangan Lantai Karpet Karet Lantai yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya.

Di Indotrading, Anda dapat menemukan berbagai macam karpet lantai karet dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indonesia!

Jika lantai hunian Anda licin, lantai karet bisa menjadi pilihan pelapis yang tepat. Jenis karpet ini banyak dijadikan sebagai alternatif alas pilihan. Layaknya jenis karpet lainnya seperti karpet lantai vinyl ataupun rumput sintetis, ada baiknya untuk lebih dulu mengetahui kelebihan dan kekurangan karpet lantai karet sebelum Anda membelinya! Berikut pembahasannya.

Baca Juga : Cara Mudah dan Tepat Pasang Lantai Vinyl dan Jenisnya

Kelebihan Karpet Karet Lantai

Karpet yang banyak dijadikan sebagai alternatif ini memiliki Kelebihan yang kemudian menjadi dasar daya tariknya. Kelebihan tersebut diantaranya :

1. Tahan Lama

Kelebihan pertama dari karpet karet ini adalah daya tahan nya. Karpet dengan bahan material dasar karet ini sudah banyak dikenal dengan karakteristiknya yang tahan lama atau awet. Sebab karpet lantai dari bahan karet ini tidak mengalami korosi atau karatan. Selain itu, Anda juga dapat meletakan karpet karet ini dimana saja tidak terbatas kondisi ataupun cuaca.

2. Kuat

Selain tahan lama, karpet karet juga banyak dikenal akan kelebihannya yang kuat. Maksudnya adalah karpet yang dibuat dari material karet ini tidak mudah rusak.

3. Terjangkau

Karpet lantai juga dikenal dengan kelebihan dari segi harganya. Harga karpet lantai lebih terjangkau dibandingkan jenis lantai dan karpet pada umumnya. Karpet jenis ini juga mudah ditemui di pasaran sebab permintaan pasar terhadap produk ini sangat banyak karena harganya yang lebih terjangkau.

4. Anti-Statis

Terbuat dari material karet, karpet ini memiliki kelebihan yang menjadi keunggulannya dibandingkan jenis lain, yakni anti statis. Karpet ini memiliki karakteristik tidak mudah bergerak sehingga juga mengurangi resiko terjatuh atau terpeleset akibat pergerakan karpet. Karpet ini juga dikenal sebagai karpet yang ramah untuk anak-anak karena keunggulannya tersebut.

5. Kedap Suara

Kelebihan lainnya yakni kedap suara. Maksudnya adalah karpet jenis ini memiliki sifat yang dapat meredam suara. Benda jatuh dilantai, ataupun pijakan kaki tidak akan terdengar saat menggunakan karpet karet pada lantai anda.

Kekurangan Karpet Karet Lantai

Meskipun memiliki kelebihan yang banyak menjadi dasar daya tarik peminatnya, lantai karet juga memiliki kekurangan yang juga harus Anda pertimbangkan. Kekurangan tersebut diantaranya adalah :

1. Bau yang Menyengat

Terkadang beberapa jenis karpet karet masih menyisakan bau yang menyengat. Hal ini tentu saja cukup mengganggu. Bau menyengat pada karpet karet ini menunjukan kualitas karpet karet yang kurang baik. Sebab, bau ini datang dari sisa produksi karpet yang belum hilang yang mempengaruhi kualitasnya. Namun tidak perlu khawatir, Bau menyengat karet pada sisa produksi tersebut bisa Anda minimalisir dengan cara dicuci dan dijemur terlebih dahulu sebelum digunakan.

2. Mudah Terbakar

Meskipun karpet karet cocok dipasang di hampir semua tempat dan memiliki sifat yang kuat serta awet, kekurangan karpet karet yang harus Anda perhatikan adalah sifatnya yang mudah terbakar. Sehingga, karpet karet tidak begitu cocok untuk diletakan di dekat pemanas ruangan ataupun sumber panas lainnya.

3. Banyak Noda Terselip

Desain atau model pada karpet karet lantai umumnya didesain dengan menggunakan rongga atau sekat kecil. Rongga tersebut biasanya banyak menyisakan noda terselip. Noda – noda terselip tersebut kadang sulit untuk dihilangkan sehingga membuat karpet karet terlihat kotor.

Baca Juga : Raised Floor, Sistem Lantai yang Modern Nan Multifungsi

Kegunaan Karpet Karet Lantai

Memiliki kelebihan dapat dipasang ataupun digunakan pada hampir semua tempat, karpet karet lantai juga memiliki kegunaan untuk dipasang di beberapa ruang ataupun tempat spesifik. Biasanya jenis karpet ini digunakan untuk melindungi pengguna pada aktivitas di tempat yang memiliki mobilitas gerak yang tinggi. Berikut diantara tempat yang biasa menggunakan karpet karet sebagai alasnya.

1. Alas Lantai Ruang Gym

Jika And perhatikan, banyak tempat gym memasang dan memakai karpet karet sebagai alas lantainya. Hal tersebut karena ruangan gym memiliki tingkat mobilitas atau pergerakan yang tinggi. Karpet lantai kemudian digunakan untuk tetap melindungi pergerakan aktivitas ruang gym. Bagi Anda pemilik usaha gym, wajib sekali untuk memasang jenis karpet ini di ruang gym Anda guna memberikan kenyamanan maksimal untuk pengunjung.

2. Alas Dek Mobil

Tidak hanya digunakan pada ruang hunian, karpet ini juga digunakan pada dek mobil. Biasanya karpet alas dek mobil ini memiliki bentuk persegi panjang seukuran keset lantai. Hanya saja, bedaya ada di detail bentuk yang perlu menyesuaikan ruang sudut mobil. Umumnya karpet karet yang dijadikan sebagai alas dek ini memiliki warna hitam. Tujuannya agar memberikan kesan karpet tidak terlalu kotor karena sering digunakan.

3. Playground, Hotel, Rumah Sakit

Memiliki kelebihan karakteristik yang terkenal ramah terhadap pengguna, terlebih anak-anak dan lansia serta orang sakit, karpet jenis ini juga banyak digunakan pada tempat – tempat tersebut. Tujuannya tidak lain untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan terhadap penggunanya yang rawan tersebut. Oleh sebab itu, banyak karpet karet digunakan pada tempat-tempat seperti taman bermain, hotel, serta rumah sakit.

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan karpet karet lantai yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. Informasi tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dan tambahan informasi mengenai karpet karet. Penting untuk diingat kelebihan dan kekurangan tersebut sangat mempengaruhi kualitas karpet karet.

Anda bisa temukan berbagai jenis karpet karet dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Baca Juga : Daftar Harga Karpet Lantai yang Awet Terbaru 2021

banner seller
To Top