Insight

Ketahui Kelebihan PVC Foam Board Hingga Proses Pembuatannya

Kali ini tim News Indotrading akan membahas tentang keunggulan pvc foam board yang bisa Anda ketahui. Selain itu, jika Anda ingin mencari produk ini. Bisa langsung mencarinya di Indotrading dengan klik link di sini.

PVC Foam Board atau biasa disebut composite board merupakan produk berbahan sejenis pipa PVC yang biasa digunakan sebagai pengganti multipleks.

Material ini berbentuk lembaran padat yang permukaannya cukup keras dan berwarna putih susu tetapi cukup halus dan licin. Produk ini dianggap lebih ramah lingkungan daripada produk lain yang sejenis. Produk ini sudah banyak digunakan di Eropa, China, dan beberapa negara maju lainnya. 

Kerennya, material ini tidak mengandung sedikit pun bahan beracun karena diproduksi menggunakan mesin ekstrusi dengan proses foam. Sehingga, produk ini dianggap sangat ideal untuk menggantikan material akrilik, aluminium, dan kayu.

Material PVC Board ini sangat cocok untuk aplikasi eksterior atau interior, bahkan juga untuk building construction. Meskipun ringan, tetapi PVC board ini sangat kuat, anti karat, tahan rayap, dan tahan air.  

Material ini tersedia dalam ukuran ketebalan mulai 3 mm hingga 18 mm. Sedangkan, dimensi panjang dan lebarnya seukuran dengan tripleks pada umumnya. Harganya pun bervariasi, tergantung ketebalan dan berat dari PVC Foam Board tersebut.

Di samping itu, PVC Board ini juga memiliki banyak sekali keunggulan dan kegunaan. Berikut ini penjelasan mengenai pembuatan serta beberapa keunggulan dan kegunaan dari Pproduk ini yang harus Anda ketahui!

Di Indotrading, Anda bisa temukan berbagai jenis PVC Foam Board dengan harga dan kualitas terbaik dari supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : Mengenal Jenis Pipa Galvanis dari Fungsi Hingga Ukurannya

Sejarah Singkat dan Proses Pembuatan PVC Foam Board

Sebenarnya, paten pertama PVC pertama kali sudah diperoleh sejak tahun 1912. Namun, pada tahun 1930-an baru dapat diproduksi dan dipasarkan dengan harga yang murah. Kemudian, adanya Perang Dunia II membantu produk ini semakin populer karena digunakan untuk membuat berbagai macam barang untuk tentara.

Dari sinilah PVC terbukti memiliki ketahanan yang sangat baik dari air. PVC pun mulai banyak digunakan untuk membuat properti dan perkakas pada aplikasi kelautan. 

Sayangnya, setelah perang kepopuleran PVC mulai menurun karena dianggap kurang padat. Namun, setelah bertahun-tahun tak di lirik masyarakat, rupanya pada 1970-an PVC mulai digunakan lagi. Hal ini dikarenakan PVC cukup menjawab kebutuhan masyarakat akan material yang kuat, ringan, dan juga tahan air.

Tak lama kemudian, tercipta lah PVC Foam Board yang diproduksi dari perpaduan PVC dengan poliuria tingkat molekuler. Produk ini sendiri terdiri dari jaringan polimer interpenetrating antara PVC dengan poliuria. Proses pembuatannya pun bisa dibilang cukup rumit. Diantaranya yaitu:

  1. Polivinil klorida dan poliurua dicampur secara bersamaan dalam kondisi yang terkendali. Lalu, campuran tersebut dimasukkan ke dalam cetakan yang umumnya berbentuk persegi. 
  2. Setelah terisi, kemudian cetakan tersebut ditutup rapat dengan cara menjepit seluruh sisi-sisinya. Cetakan yang telah tertutup rapat pun dimasukkan ke dalam mesin press besar untuk dipanaskan. Setelah proses pemanasan selesai, keluarlah lempengan materai padat dari cetakan tadi. 
  3. Kemudian, bahan tersebut dimasukkan ke bak mandi air panas untuk dikembangkan sampai mencapai kepadatan yang diinginkan. Jika sudah, PVC Foam Board bisa langsung dipotong dengan berbagai ukuran dan ketebalan. 

Hingga saat ini, banyak yang mengira bahwa PVC Foam Board merupakan material yang sama dengan papan Foam Core Ekstra ringan. Dua material ini memang sama-sama ringan dan biasa digunakan untuk dekorasi atau modelling di dalam maupun ruangan. Namun, seperti PVC, PVC Foam Board memiliki sel struktur yang sangat kaku dan selnya cenderung tertutup padat. 

Perbedaan dari keduanya adalah terletak pada struktur busa sel tertutup tersebut. Yang mana, sel tertutup tersebut membuat PVC Foam Board lebih ringan daripada papan Foam Core. PVC Foam Board pun juga mudah dibentuk dengan cara dipotong, dilunakkan, atau direndam dalam air yang mendidih. 

Baca Juga : 12 Jenis Pintu PVC yang Wajib Diketahui dan Kelebihannya 2021

Keunggulan yang Dimiliki PVC Foam Board

PVC Foam Board memang menjadi pilihan utama untuk pengganti kayu lembaran dibandingkan produk lain yang sejenis. Rupanya, meski terkenal sangat ringan, tetapi PVC Foam Board ini memiliki sejumlah kelebihan yang begitu menakjubkan. Berikut ini beberapa keunggulan PVC Foam Board yang harus Anda ketahui:

Dapat Mengapung di Air

Karena bersifat ringan, jenis PVC Board yang satu ini dapat mengapung di air. Dengan begitu jika sewaktu-waktu material ini tak sengaja terjatuh di air, Anda tak perlu khawatir PVC Board ini akan tenggelam. 

Tidak Mudah Pecah

Selain kuat, PVC Board ini juga cenderung kaku dan memiliki permukaan yang keras. Sehingga bahan ini tidak akan mudah pecah dan dijamin dapat tahan terhadap benturan maupun goresan ringan. Meski demikian, jangan pernah mencoba sengaja menjatuhkannya dari ketinggian, ya!

Tidak Menimbulkan Masalah Kesehatan

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, material ini tidak mengandung bahan-bahan beracun seperti formalin, asbes, kadmium, timbal, dan lain sebagainya. Karenanya, material ini dijamin tidak akan menimbulkan masalah kesehatan, baik bagi makhluk hidup maupun bagi lingkungan. 

Tahan terhadap Sinar UV

Material ini juga memiliki ketahanan yang baik dari sinar UV maupun bahan-bahan kimia. Sehingga, meskipun digunakan atau dipasang pada area yang terpapar sinar matahari, material ini dijamin akan tahan lama. 

Permukaan Halus dan Licin 

Material PVC Board ini memiliki permukaan yang halus dan licin sehingga cocok untuk finishing pengecatan tanpa dempul. Selain itu, material ini juga dapat dibentuk dan dipanaskan dengan sangat mudah. 

Ramah Lingkungan

Berdasarkan pemakaian yang telah dilakukan, material ini terindikasi dapat di daur ulang. Sehingga PVC Foam Board ini turut serta dalam upaya melestarikan alam dengan cara meminimalisasi penebangan hutan kayu produksi.

Mudah Dibentuk

Material ini memiliki karakteristik mudah dibentuk karena mudah digergaji, dibor, dipaku, dan juga disambung. Bahkan, bahan ini juga dapat dibentuk ulang melalui proses pemanasan. Sehingga Anda juga bisa menggunakannya dalam produksi yang memerlukan pembentukan atau pembengkokan panas. 

Lambat Terbakar

Material ini terkenal lambat atau tidak mudah terbakar. Selain itu, saat terbakar pun, material ini tidak akan menimbulkan lelehan residu ataupun kobaran api. 

Kinerja Sangat Baik

PVC Foam Board terbukti memiliki kinerja yang jauh lebih baik dibandingkan pemrosesan kayu, plat komposit, ataupun aluminium. Hal inilah yang membuatnya efisien dalam waktu pengerjaan, biaya finishing, dan juga memiliki daya tahan yang baik. 

Memiliki Desain yang Eksklusif

Desain dari material ini terbilang sangat mewah dan eksklusif. Bentuknya yang tidak pasaran dan cukup berbeda dari produk lain yang sejenis membuat produk ini banyak dipilih. Tak heran jika material ini sering digunakan pada industri dekorasi, modelling, crafting dan advertising. 

Baca Juga : Sedang Mencari Rising Board Berkualitas Demi Keamanan? Temukan Ulasan Produknya Di Sini!

Sebenarnya, menemukan material PVC Foam Board bukanlah hal yang sulit karena kita pasti bisa menemukannya dengan mudah di toko material bangunan.

Namun, menemukan PVC Foam Board yang benar-benar berkualitas agaknya masih menjadi suatu hal yang cukup sulit. Jika Anda sudah mencari ke mana-mana tetapi belum menemukan yang paling oke, berarti Anda belum berkunjung ke Indotrading. 

Indotrading sendiri merupakan  portal perdagangan online yang berfokus pada promosi dan pemasaran produk-produk-produk dari usaha kecil dan menengah (UKM).

Semua produk yang dipasarkan di Indotrading dijamin merupakan produk yang berkualitas dan terbaik di kelasnya. Anda pun bisa menemukan banyak sekali pilihan produk terlengkap hanya di Indotrading.

banner seller
To Top