Review Produk

Raised Floor, Sistem Lantai yang Modern Nan Multifungsi

raised floor
Sistem raised floor banyak digunakan dalam industri arsitektur modern seperti saat ini. Banyak yang mengaplikasikan sistem ‘lantai yang dinaikkan’ ini sebagai fitur penting dalam bangunan modern, rumah, maupun bangunan kantor. Lalu apa sebenarnya raised floor? Apa kegunaan dan manfaat yang akan kita dapat saat mengaplikasikannya ke dalam hunian atau produk arsitektur kita? Nah, kebetulan sekali artikel berikut ini memang hendak membahas mengenai hal-hal tersebut, lho! Yuk, smak baik-baik!

Apa Itu Raised Floor?

Secara harfiah, raised floor diartikan sebagai ‘lantai yang dinaikkan’, namun hingga saat ini belum ada padanan kata yang pas untuk sistem lantai yang satu ini sehingga istilah ‘raised floor’ masih sangat lumrah digunakan. Raised floor adalah satu fitur penting dalam bangunan modern,  rumah atau office building yang bukan hanya berfungsi sebagai lantai saja, melainkan juga sebagai tempat penyimpanan.
Yup, raised floor atau juga akrab disebut dengan access floor merupakan sistem lantai yang terdiri dari rangka dan modul lantai yang biasanya memiliki tinggi sekitar dua hingga empat inchi atau 60×60 cm dan berbentuk menyerupai mini panggung. Sistem ini memungkinkan elevasi lantai menjadi lebih tinggi, dengan begitu ruang di bagian bawah bisa dimanfaatkan untuk storage place.

Kegunaan Raised Floor

1. Mengatur sistem sirkulasi udara

raised floorAccess floor sangat membantu mengatasi sistem sirkulasi udara untuk gedung-gedung bertingkat dengan kebutuhan sirkulasi udara yang besar. Pasalnya, sistem ini dapat meningkatkan aliran udara dengan aman karena server dan sistem perkabelan dialirkan melalui tempat yang aman dan tidak terjamah orang banyak. Selan itu, access floor juga berguna untuk mengurangi kebisingan aliran udara.

2. Tempat yang aman untuk sistem kontrol IT

Sumber: http://www.evansfederal.comAnda seringkali menemukan raised floor di beberapa tempat seperti data center, ruang server, ruang kontrol, studio broadcasting, laboratorium, dan lain sebagainya. Tempat-tempat tersebut memang ideal untuk dipasang access floor sebab bagian bawahnya dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti instalasi perkabelan, pemipaan, dan sistem kontrol sehingga ruangan akan terlihat lebih rapi dari gulungan kabel dan alat-alat IT lainnya.

Selain menyingkirkan kabel-kabel yang dapat membuat ruangan kurang elok dipandang, sistem perkabelan dan pemipaan ditambah dengan banyaknya sensor dan nozzle fire suppression sangatlah rumit sehingga membutuhkan space tersendiri agar aman dan dapat berfungsi dengan baik tanpa gangguan apapun. Maka, kehadiran access floor ini berfungsi sebagai media anti statis yang sangat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

3. Manunjang hunian modern

raised floorSeiring dengan perkembangan dunia arsitektur, jika Anda ingin memberikan sentuhan kreatif pada hunian, maka raised floor bisa menjadi salah satu solusinya. Rumah dengan ruang keluarga sempit akan terasa lebih nyaman dan modern berkat penggunaan raised floor sebab sistem lantai ini bisa dijadikan pembatas untuk membedakan zona satu dengan yang lainnya. Selain itu, lantai ini juga dapat dijadikan sebagai tempat menaruh barang dan bisa dijadikan untuk menyiasati ruang-ruang sempit, meniadakan lemari atau sarana penyimpanan konvensional lainnya.

Jenis-Jenis Raised Floor

raised floorPada umumnya, hampir semua access floor menggunakan rangka penyangga yang berbahan galvanis. Perbedaannya terletak pada pengisi panelnya yang dibuat dari jenis bahan yang beragam. Pertama, Calcium sulphate yang terbuat dari bahan kalsium atau sejenis zat kapur. Kedua, wooden panel berbahan partikel kayu atau particle board. Terakhir, adalah cementitious or light concrete panel  yang dibuat dari bahan semen atau beton ringan.

Sedangkan, jika dibedakan berdasarkan finishing permukaannya, access floor dibedakan menjadi:

1. Tipe Bare (polos)

Pada umumnya, panel tipe ini memiliki lantai berbahan logam dan menggunakan finishing lantai berupa karpet tile atau vinyl tile. Sangat cocok sekali untuk kebutuhan interior perkantoran seperti untuk area kantor, koridor, dan main lobby.

2. Tipe HPL

Berbeda dengan tipe bare, tipe HPL memiliki panel yang telah dilapisi oleh bahan vinyl anti statis sehingga sudah siap untuk digunakan. Access floor tipe ini kebanyakan digunakan untuk menunjang kebutuhan ruangan data center atau ruang IT.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Harus Memilih Pallet Plastik Untuk Menunjang Kebutuhan Pabrik

Keunggulan Raised Floor 

  1. Ruangan terlihat lebih rapi
  2. Proses bongkar pasang lebih mudah dan cepat
  3. Elevasi atau ketinggian dapat diatur sesuai kebutuhan
  4. Proses bongkar pasang sangat mudah
  5. Panel dapat diangkat sewaktu-waktu jika diperlukan karena sudah dilengkapi dengan fitur handle
  6. Ukuran presisi dan berstandar internasional

Nah, terbukti bukan bahwa access floor bukan hanya berfungsi sebagai lantai semata, melainkan dapat juga diandalkan sebagai storage place yang aman untuk kebutuhan penyimpanan elektrik dan mekanik. Nah, jika Anda tengah mencari produk raised floor yang berkualitas, berkunjunglah ke situs Indotrading karena di situs ini kami menyediakan produk dari supplier, importir, distributor, dan penjual yang terpercaya dengan penawaran harga istimewa.

To Top