Insight

Simak 5 Tips Memilih Troli Barang Terbaik

Jika Anda bekerja di bagian gudang atau perusahaan distribusi, sudah pasti troli barang terbaik adalah perlengkapan wajib dimiliki. Dengan troli barang, memindahkan benda yang berat dalam jumlah banyak akan lebih efisien waktu dan tenaga.

Biasanya, troli barang bisa dijumpai di supermarket, gudang pabrik, atau bahkan bandara. Tapi, bagaimana agar Anda bisa mendapatkan troli barang terbaik? Sebab, di pasaran saat ini, banyak supplier atau penyedia troli barang bermacam model dan harga. Jika tidak teliti atau hanya tergiur harga murah, bisa saja malah mendapat troli barang yang kualitasnya abal-abal. 

Nah, maka itu sebelum memutuskan untuk beli troli barang, yuk perhatikan terlebih dulu beberapa hal penting untuk memilih troli barang terbaik di bawah ini. Setiap jenis troli bisa saja memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Langsung simak tip-tips memilih troli barang berikut ini, ya!

1.Sesuaikan dengan Kondisi Barang

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memilih troli yang sesuai dengan kondisi barang. Artinya, troli yang akan Anda pilih nantinya tepat penggunaannya dan maksimal untuk barang yang ingin Anda pindahkan. Anda harus memilih troli yang sesuai dengan berat dan ukuran barang. Pada umumnya, troli dibuat dengan ukuran kapasitas tertentu sehingga memiliki batasan bobot berat yang harus diangkut. 

Dalam hal ini, sangat perlu bagi Anda untuk tahu standar ukuran yang umum dipakai untuk menentukan muatan barang pada troli. Standar tersebut yaitu troli untuk berat muatan 300 kg sampai dengan 400 kg dengan panjang 90 cm dan lebar 60 cm, troli dengan berat muatan 150 kg sampai dengan 200 kg dengan panjang 70 cm dan lebar 45 cm, serta  troli dengan berat muatan 50 kg sampai dengan 100 kg dengan panjang 40 cm dan lebar 30 cm.

Jadi, untuk menentukan kapasitas troli yang sesuai standar, Anda harus menentukan berat muatan maksimum terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda akan memanfaatkan troli dengan baik dan troli akan menjadi lebih awet.

2. Pilih Berdasarkan Desain Pegangan 

Setelah mengerti kebutuhan barang yang akan diangkut menggunakan troli, saatnya bagi Anda untuk mempertimbangkan desain pegangan troli. Saat ini, troli tersedia dengan pegangan yang digunakan untuk mendorong atau menarik, dan juga troli yang tanpa disertai pegangan.

Troli yang didesain dengan pegangan juga bermacam-macam, ada yang untuk satu tangan, dua tangan, dan pegangan bertingkat yang bisa diatur ketinggiannya sesuai kebutuhan. Pegangan pada trolley didesain sebaik mungkin untuk membantu Anda ketika menggerakkannya. 

Troli tanpa pegangan lebih unggul dalam hal keleluasaan untuk mengangkut barang yang berukuran lebar. Namun, troli ini sedikit merepotkan ketika ingin dipindahkan. Troli tanpa pegangan hanya disediakan lubang untuk mengaitkan tali agar penggunanya dapat menarik troli dengan lebih mudah. Sedangkan, troli dengan pegangan digunakan untuk membawa barang yang berat, agar lebih efisien tenaga. 

3. Kemudahan dalam Perawatan

Troli barang akan selalu digunakan, sehingga supaya bisa tetap awet Anda harus melakukan perawatan yang benar. Misalnya untuk penyimpanan, sebaiknya Anda memilih troli barang yang bisa dilipat agar mudah disimpan. Selain kenyamanan dalam menggunakan troli barang, kemudahan dalam menyimpan troli setelah digunakan atau saat tidak digunakan sangat penting. Troli barang terbaik yang bisa dilipat tentunya akan menghemat tempat penyimpanan. 

4. Perhatikan Bahan dan Harga

Troli barang terbaik dapat terbuat dari berbagai macam bahan yang pastinya akan mempengaruhi harganya. Pada umumnya, troli barang terbuat dari bahan besi dan plastik PP (Polipropilena). Troli barang berbahan besi memiliki daya tahan yang lebih kuat dan harga yang cenderung lebih murah.

Tetapi, troli barang berbahan besi memiliki bobot yang cukup berat. Sementara troli barang yang terbuat dari bahan plastik PP memiliki bobot yang relatif lebih ringan dan mudah digunakan. Tetapi, dari segi harga relatif lebih mahal dari pada troli barang berbahan besi.

Selain kedua jenis bahan tersebut, troli juga bisa dibuat dari bahan stainless steel yang kuat, anti karat, dan ringan. Namun, harganya jauh lebih mahal daripada troli dari bahan besi dan plastik PP. Untuk menentukan bahan dan harga troli barang, sebenarnya tergantung dengan selera Anda. Namun, sebaiknya Anda mengerti kebutuhan Anda dengan pertimbangan barang yang akan dimuat di atas troli. 

5. Pemilihan Roda 

Sebaiknya, Anda melihat roda troli barang dan pastikan memilih roda yang mudah berputar dan tidak menghasilkan suara yang mengganggu ketika digunakan.Ukuran roda harus dipilih sesuai dengan kondisi tempat. Diameter roda troli barang pada umumnya adalah 5 cm sampai dengan 12,5 cm.

Diameter roda troli yang terlalu kecil akan menyebabkan troli barang sulit bergerak ketika ada gangguan seperti jalan berlubang atau bergelombang. Sedangkan diameter roda terlalu besar, akan membuat penggunanya mengeluarkan tenaga lebih besar untuk menggunakan troli tersebut. 

Pemilihan roda juga harus mempertimbangkan ketahanannya terhadap guncangan. Biasanya, roda troli barang terbuat dari bahan campuran elastomer dan resin. Dengan kedua bahan ini, maka roda troli barang akan memiliki tingkat resisten yang sama terhadap guncangan. Selain itu, roda troli juga ada yang terbuat dari karet. Hanya saja daya tahan bahan karet tidak seberapa dibandingkan campuran elastomer resin. 

Baca Juga: Tips Memilih Terpal Tenda Sesuai Bahan dan Kebutuhan

Rekomendasi Troli Barang Terbaik dari Indotrading

Ada banyak troli barang yang bisa dipilih di pasaran saat ini. Namun, berikut ini Indotrading akan memberikan beberapa rekomendasi troli terbaik untuk dipertimbangkan:

1. Troli Barang Lipat

Troli barang terbaik Pulley Trolley ini dapat memindahkan barang dengan keunggulan dapat dilipat untuk efisiensi tempat penyimpanan. Dibuat dengan handle atau pegangan stainless steel yang anti karat, serta berbahan alas plastik. Troli model lipat diproduksi dalam 2 ukuran, yaitu: Kecil = 72 × 45,7 × 81,4 cm (kapasitas 100 kg) dan Besar = 92 × 61 × 86,7 cm (kapasitas 200 kg).

2. Krisbow Troli Barang 150 Kg

Rekomendasi troli barang terbaik lainnya hadir dari Krisbow. Berdimensi produk: 73 x 47 x 13,5 cm, hand truck ini mampu mengangkut barang hingga maksimal 150 kg. Handle juga dapat dilihat untuk menghemat tempat penyimpanan. 

Troli barang manual dari Krisbow dilengkapi alas anti slip berguna agar tidak mudah tergelincir saat sedang dibawa. Body troli dibuat dari bahan frame besi yang kokoh, dan tangguh menahan bobot hingga 150 kg.

3. Troli Barang Mystar Prestar 150 & 300 kg

Indotrading juga memiliki supplier yang jual troli barang terbaik Mystar Prestar. Troli barang ini dapat melancarkan pekerjaan, terutama perusahaan distribusi dengan kapasitas hingga 150 – 300 kg. Dengan handle atau pegangan yang bisa dilipat, jadi menyusun dan menyimpan troli barang ini bisa lebih mudah dan praktis. Dibuat dari bahan stainless sehingga anti korosi dan pastinya lebih tahan lama dibandingkan pemakaian trolley lainya. 

Bagaimana, sudah punya gambaran ingin memilih troli barang terbaik yang mana? Apapun pilihan Anda, pastikan Anda hanya membeli troli barang terbaik dari supplier terpercaya yang tergabung di Indotrading. Melalui Indotrading, Anda bisa membeli alat angkut langsung dari tangan pertama.

Baca Juga: Tips Memilih Kantong Plastik Ramah Lingkungan

Seperti: troli barang, conveyor system, dan lain sebagainya. Indotrading selalu merekomendasikan produk terbaik dari produsen dan agen terpercaya untuk menjamin layanan dan kepuasan konsumen. Yuk, cek aneka pilihan troli barang terbaik di Indotrading, klik di sini ya.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top