Insight

Wajib Ada! Daftar Peralatan dan Perlengkapan Kantor yang Penting

Peralatan dan perlengkapan kantor sangat penting keberadaannya guna menunjang segala kegiatan kantor secara keseluruhan, baik administrasi maupun operasional kantor. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai peralatan dan perlengkapan kantor penting yang wajib ada.

Baca Juga : 10 Desain Meja Kantor Minimalis Terbaik dan Banyak Dicari 2021

Anda dapat menemukan peralatan dan perlengkapan alat tulis kantor dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading.

Peralatan dan Perlengkapan Kantor

Banyak disangka sama atau mirip, peralatan dan perlengkapan kantor nyatanya memiliki pengertian dan ciri yang berbeda. Sebelum membahas lebih jauh apa saja yang masuk kedalam daftar peralatan dan perlengkapan kantor penting yang wajib ada, ada baiknya untuk tau lebih dalam mengenai perbedaan pengertian peralatan kantor dengan perlengkapan kantor.

Peralatan kantor merupakan semua barang yang merupakan inventaris atau aset kantor yang tidak habis terpakai dalam kurun waktu paling sedikit satu tahun. Lebih dari itu, peralatan kantor memiliki daya tahan dan nilai guna yang tinggi sehingga bisa dijual kembali.

Sedang perlengkapan kantor merupakan aset temporal milik perusahaan yang daya tahan dan nilai guna nya habis terpakai kurang dari satu tahun. Berbanding terbalik dengan peralatan, perlengkapan kantor tidak dapat dijual kembali jika daya tahan dan nilai guna sudah tidak ada.

Perbedaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor

Sekilas disebutkan dalam pengertian di atas mengenai perbedaan peralatan dan perlengkapan kantor. Lebih detail lagi, berikut perbedaan yang dapat dengan mudah menjadi ciri pembeda antara peralatan dan perlengkapan kantor tersebut.

  1. Peralatan tidak habis dipakai dalam kurun waktu setidaknya satu tahun, sedang perlengkapan kantor habis terpakai.
  2. Peralatan kantor umumnya memiliki ukuran yang besar sesuai dengan fungsi kegunaannya, sedang perlengkapan kantor banyak yang memiliki ukuran kecil
  3. Peralatan kantor digunakan untuk mendukung jalannya kegiatan usaha perusahaan, sedangkan perlengkapan kantor digunakan untuk melengkapi peralatan yang digunakan untuk kegiatan perusahaan.
  4. Peralatan kantor dapat dijual kembali, sedangkan perlengkapan kantor tidak dapat dijual kembali
  5. Peralatan kantor umumnya digunakan dengan menggunakan listrik, sedang perlengkapan kantor dapat digunakan tanpa menggunakan listrik

Peralatan dan Perlengkapan Kantor Penting yang Wajib Ada

Peralatan Kantor

Setelah mengetahui perbedaan ciri, berikut daftar peralatan kantor penting yang wajib ada sebagai dasar inventaris ataupun aset perusahaan, diantaranya adalah :

1. Meja dan Kursi Kantor

Kebutuhan Meja dan Kursi kantor sangat lah penting dalam kegiatan perkantoran. Pasalnya, Intensitas penggunaan meja dan kursi kantor dalam kegiatan perkantoran perusahaan sangat banyak dan juga vital bagi perusahaan. 

Meja dan kursi kantor juga merupakan inventaris atau aset perusahaan yang dapat menambah kenyamanan pegawai dalam bekerja. Biasanya meja kerja atau kursi kerja yang nyaman dapat membantu produktivitas pegawai.

2. Peralatan Kebersihan

Masih berkaitan mengenai kenyaman kantor, inventaris atau aset kantor lainnya yang wajib ada adalah seperangkat alat kebersihan. Peralatan ini wajib ada sebab kebersihan kantor merupakan salah satu faktor yang juga mempengaruhi kenyamanan dan ke produktivan pegawai. 

Selain itu, kebersihan kantor juga dapat membentuk citra atau gambaran untuk perusahaan. Jenis peralatan kebersihan yang wajib dimiliki diantaranya seperti sapu, kain pel, kain lap, kemoceng, tempat sampah, kaca, wastafel dan lain sebagainya.

Baca Juga : Perusahaan Wajib Siapkan Hal-hal Ini Untuk Cegah Penyebaran Corona

3. Mesin-Mesin Kantor

Selanjutnya aset wajib yang dimiliki perusahaan adalah mesin-mesin kantor. Tujuannya adalah agar dapat membantu memudahkan serta mempercepat pekerjaan pegawai.

Mesin kantor tersebut diantaranya adalah mesin fotokopi, mesin komputer atau laptop, printer,serta LCD proyektor dan telepon kantor.

4. Jaringan Internet dan telepon

Jaringan internet dan telepon juga merupakan peralatan kantor wajib ada. Sebab peralatan kantor ini dapat mempengaruhi daya atau kemampuan kerja dan kreativitas para pegawai. Lebih penting lagi, keberadaan jaringan internet dan telepon dapat mempengaruhi target capaian visi misi perusahaan. Sebab, jaringan internet dan telepon kantor merupakan akses media komunikasi perusahaan baik komunikasi internal maupun eksternal.

Biasanya perusahaan sedang dan besar banyak menggunakan jaringan telepon PBAX , jaringan telepon yang dapat menyambungkan serta menghubungkan langsung anta meja pegawai internal perusahaan.

5. Inferior

Selain memiliki nilai guna, aset inferior kantor biasanya juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Rak penyimpanan yang cantik, hiasan dinding, bunga hias di ruangan contohnya. Aset inferior tersebut dapat menjadi penambah semangat para pegawai sebab ruang kerja yang ditampilkan memiliki keindahan yang dapat memberikan kesan sejuk dan nyaman.

Perlengkapan Kantor

Selain peralatan, perlengkapan kantor juga penting keberadaannya guna mendukung aset untuk kegiatan perusahaan. Perlengkapan kantor penting yang wajib ada diantaranya adalah :

1. Perlengkapan Kebersihan

Perlengkapan kebersihan merupakan satu perlengkapan yang penting guna mendukung aset peralatan kebersihan agar dapat digunakan secara maksimal. Pastikan ketersediaan perlengkapan kebersihan paling tidak satu bulan sekali. Biasanya untuk lebih menghemat anggaran pembelanjaan perlengkapan kantor dilakukan sistem stock atau simpan untuk digunakan nanti di kemudian hari.

Sabun cuci tangan, hand sanitizer, pengharum ruangan, pewangi lantai, sabun cuci piring, cairan pembersih kaca, tissue toilet, serta plastik trash bag masuk ke dalam perlengkapan kantor penting yang wajib ada.

2. Perlengkapan Administrasi

Selanjutnya perlengkapan kantor yang wajib ada dalam mendukung kegiatan perusahaan adalah perlengkapan administrasi kantor. Intensitas penggunaan perlengkapan yang satu ini sangat tinggi. 

Alat tulis seperti pensil, pulpen, penghapus, tipe-x, stabilo, serutan pensil, penjepit kertas, lem kertas, staples, paper clip, gunting, stempel, serta perforator (pelubang kertas), kertas, serta tinta printer masuk kedalam daftar perlengkapan administrasi yang wajib ada di kantor.

Demikianlah pembahasan mengenai peralatan dan perlengkapan kantor penting yang wajib ada. Barang-barang tersebut memiliki fungsi kegunaan serta usia pemakaian yang berbeda-beda, Anda hanya perlu memastikan barang tersebut agar dapat berfungsi dengan baik agar dapat membantu meningkatkan performa kegiatan perusahaan.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Buruk Berikut Akan Mengganggu Produktivitas Kerja di Kantor

Di Indotrading, Anda dapat menemukan berbagai jenis peralatan dan perlengkapan kantor dengan kualitas dan harga terbaik dari berbagai Supplier di Indonesia!

To Top