4 Kebiasaan Buruk Berikut Akan Mengganggu Produktivitasmu di Kantor

Setiap orang di tempat kerja ingin melakukan pekerjaannya dengan baik dan ingin diperlakukan baik pula. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap cara pandang atasan ataupun kolega memandang diri kita. Namun tidak semua orang dapat melakukan pekerjaannya dengan baik, hal ini dikarenakan seringnya melakukan kebiasaan buruk hingga akhirnya menghambat produktivitas dalam bekerja.

Tentu saja setiap tempat kerja atau perusahaan memiliki peraturannya sendiri. Sebagai acuan dasar, kita harus menghindari hal-hal yang berpotensi menimbulkan kontroversi di tempat kerja. Dilansir dari id.techinasia.com berikut beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari.

  1. Perencanaan kerja yang kurang baik

Tidak sedikit banyak orang yang memiliki kesulitan dalam melakukan pekerjaannya, apalagi jika ia dilimpahkan pekerjaan yang sangat banyak. Hal ini bisa jadi karena perencanaan kerja yang kurang baik. Jika perencanaan kerjaan kurang baik tentu akan membuang waktu kita yang berharga, kita juga akan kehilangan momentum untuk bekerja lebih produktif dan terstruktur. Jadi harus menghindari melaukan pekerjaan yang tanpa perencanaan.

  1. Menghabiskan waktu dengan pembicaraan yang tidak penting

Sangat wajar jika di tempat kerja kita merasa bosan, mengobrol dengan rekan kerja tentu saja menjadi hal yang seru untuk melepas penat sesaat. Tidak ada salahnya juga jika kita saling melempar lelucon untuk mencairkan suasana rasa bosan di dalam ruangan. Tetapi apabila kegiatan tersebut sudah mulai menyita waktumu atau terdengar mengarah ke hal-hal yang akan menyulitkan posisimu di perusahaan, sebaiknya kamu menghentikan pembicaraan tersebut.

Jangan mengobrol dan bercanda secara berlebihan hingga tidak ingat waktu dan kondisi tempat kerjamu. Selain akan dipandang negatif oleh rekan kerja dan atasanmu, juga akan menghabiskan waktu hanya untuk sekadar bercanda, tanpa mengingat bahwa masih ada segudang pekerjaan yang harus diselesaikan.

  1. Terlalu sering menggunakan smartphonedi tengah jam kerja

Disaat banyaknya bermunculan smartphone dengan berbagai fitur memudahkan para pengguna dalam mengakses berbagai macam informasi dan hiburan, sehingga mampu membuat penggunanya menjadi kecanduan.

Nah, jika sudah kecanduan alias tidak bisa lagi terlepas dari telpon genggam tersebut justru akan membahayakan diri dalam berbagai bidang salah satunya mengganggu produktivitas di tempat kerja.

Sebisa mungkin batasi penggunaan smartphone ketika sedang bekerja. Apabila merasa ingin mengakses media sosial favorit, atau berselancar lainnya di internet lakukan hal tersebut selama lima menit setiap dua jam bekerja. Distraksi konstan yang hadir akibat penggunaan smartphone akan mengganggu fokusmu terhadap pekerjaan. Karenanya, jangan manjakan dirimu dengan hal-hal yang mungkin akan mengganggu produktivitasmu.

  1. Bersikap emosional terhadap kolega

Dalam setiap situasi di tempat kerja pasti akan selalu ada permasalahan yang datang, baik antar atasan dengan bawahan atau antar karyawan. Bisa juga antar karyawan dan manjemen. Itu sangat lumrah terjadi dalam sebuah organisaai baik formal maupun informal.

Namun sebisa mungkin hindari potensi konflik dengan lawan bicara yang emosional dengan membiarkan mereka menenangkan diri terlebih dahulu sebelum menyelesaikan konflik. Karena akan percuma jika kita berdebat diiringi dengan emosi, selain tidak akan menemui jalan keluar, kolegamu juga mungkin saja akan malas untuk berinteraksi dengan kamu akibat perilakumu yang emosional.

Itulah beberapa alasan yang harus kita hindari karena akan menghambat produktivitas kita di tempat kerja.

0 Comments Lihat semua →


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *