Tips Bisnis

Panduan Lengkap Buka Bisnis Alat Tulis Kantor Hingga Modalnya

bisnis alat tulis kantor

Bisnis alat tulis kantor dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda untuk menjadi jutawan dari sekian banyaknya bisnis yang ada. Bisnis tersebut terkenal dengan nama ATK (Alat Tulis Kantor) yang pastinya semua orang sudah banyak yang mengenalnya.

Dari pertama kita dikenalkan dunia pendidikan, sejak itulah orang pasti membutuhkan barang-barang yang disebut ATK ini. Seperti contoh kertas, pulpen, buku, penghapus dan masih banyak lagi lainnya.

Sampai saat ini kebutuhan akan ATK bisa dikatakan stabil bahkan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Sekarang ini ATK tidak hanya dibutuhkan dalam dunia pendidikan saja tetapi juga di semua instansi swasta maupun negeri.

Nah, itulah mengapa bisnis yang satu ini dapat menjadi celah yang strategis jika dapat menggarapnya secara maksimal. Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini bisa mencoba beberapa tips berikut.

Beberapa Tips Mudah Membuka Bisnis ATK

Sama halnya dengan bisnis lainnya, untuk sukses menjalankan bisnis alat tulis kantor tentunya tidaklah mudah. Anda membutuhkan suatu pemahaman serta keuletan tersendiri agar bisnis yang dijalankan dapat terus mengalami perkembangan.

Nah apabila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis yang satu ini, simaklah penjelasan berikut supaya usaha Anda dapat berkembang dengan pesat!

Kenali Produk Alat Tulis Kantor (ATK)

Alat Tulis Kantor adalah kebutuhan yang barang-barangnya memiliki jenis beragam. Mungkin keberagaman ini terkadang sedikit membingungkan bagi pembeli maupun penjualnya. Oleh sebab itu Anda perlu memiliki pemahaman akan macam-macam alat tulis kantor itu sebelum menjalankannya.

Ada seseorang yang menyebutnya berdasarkan kebiasaan dalam kesehariannya, ada juga yang menamainya dengan Bahasa Indonesia. Bahkan ada juga orang yang menyebut nama barang ATK dengan nama Bahasa inggris.

Nah, Anda sebagai pebisnis tentunya harus mengetahui semua penamaan tersebut seperti stip, ordner, punch holder tentunya tidak banyak yang tahu.

Oleh karena itu, salah satu hal yang perlu Anda pelajari sebelum menjalankan bisnis ini yaitu mengenali produknya terlebih dulu.Anda dapat memulainya dengan cara membuat catalog lengkap beserta gambarnya supaya mudah untuk mengenalinya. Dan seiring berjalannya waktu Anda akan hafal nama-nama barang tersebut secara jelas.

Baca juga : 10 Merk Printer yang Cocok Untuk di Rumah dan Kantor

Temukan Distributor Terpercaya

Tips yang selanjutnya untuk menjalankan ide bisnis kreatif tersebut yaitu Anda harus menemukan distributor yang tepat. Dari sinilah cikal bakal yang kuat atau tidaknya bisnis ATK yang sedang Anda jalankan.

Dengan mendapatkan distributor, Anda bisa memperoleh harga yang kompetitif dan lebih murah. Dengan begitu dapat diolah kembali supaya dapat masuk dalam segala persaingan di pasaran.

Anda dapat menemukan distributor dari kota-kota besar seperti Surabaya, Bandung, Jakarta. Mencari harga yang murah dari distributor pastinya tidaklah mudah, karena Anda tidak akan diberikan harga murah tanpa adanya kepercayaan.

Distributor akan percaya apabila pembeli seringkali belanja di tempatnya dalam jumlah yang besar. Harga murah dari distributor berbeda dengan hanya sekali beli saja dan akan jauh lebih terjangkau jika Anda menjadi pelanggan tetapnya.

Temukan Importir yang Tepat

Apabila Anda ingin menjadi pemenang dalam bisnis ATK ini maka menjadi importir langsung adalah solusinya. Akan tetapi untuk perusahaan yang masih pemula menjadi importir pasti akan sangat sulit.

Itu akan membutuhkan dokumen yang lengkap, selain itu dana yang dibutuhkan juga besar. Kepercayaan produsen serta jalur impor yang cukup rumit juga dapat menjadi penghalang dalam suksesnya mengimpor barang.

Apabila Anda mempunyai niat yang sungguh-sungguh dan modal yang dimiliki besar, perlu sekali untuk melakukan impor barang.

Dengan melakukan impor barang, Anda akan memperoleh modal untuk bersaing dalam bisnis ATK dengan harga yang jauh lebih murah. Sebab dalam dunia perdagangan, memperoleh harga yang murah adalah suatu rumus untuk mendapatkan kemenangan.

Membuka Outlet Copy Center serta Toko Buku

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuka outlet copy center atau toko buku. Jika Anda sudah memperoleh harga yang terjangkau dari distributor ataupun impor, maka selanjutnya yaitu membuka outlet.

Outlet di sini memiliki dua kegunaan yaitu untuk tempat menyimpan dan juga tempat menjual barang. Barang yang Anda simpan di outlet bisa dijual dengan harga eceran.

Sedangkan barang yang berada di belakang outlet bisa diedarkan kepada pengecer dengan harga yang murah, Nah supaya outlet Anda menjadi lebih ramai lagi maka sediakan juga fotocopy centernya atau bisnis percetakan untuk menarik para pengunjung. Dengan seperti itu perputaran barang Anda akan lebih cepat.

Perkuatlah Legalitas untuk Lelang Tender

Dalam menjalankan sebuah usaha apapun perlu adanya legalitas maka dapat memperkuatnya, baik dalam bentuk CV ataupun PT. Dengan adanya legalitas maka pembeli akan semakin percaya bahwa bisnis yang Anda jalankan memang benar-benar ada dan legal keberadaannya. Legalitas harus diurus hingga usaha berstatus PKP (Pengusaha Kena Pajak).

Banyak proyek besar yang biasanya mendapatkan dengan cara tender terutama jenis tender terbuka. Untuk mengikuti lelang tender syaratnya yaitu dengan melengkapi dokumen-dokumen perusahaan termasuk dalam hal pajak. Anda dapat mencoba mengikuti proses lelang tersebut dengan cara sportif dan sebenarnya.

Apabila Anda benar-benar bisa memberikan harga yang murah maka kemungkinan besar bisa memenangkan tender tersebut. Tender terbuka biasanya bernilai ratusan juta bahkan sampai milyaran, sebab kebutuhan ATK untuk jenis lelang tender ini untuk kebutuhan kantor serta sekolah dalam satu wilayah tertentu. Untuk informasi mengenai lelang Anda bisa mengaksesnya melalui surat kabar nasional ataupun situs-situs dinas terkait.

Baca juga : Jenis-jenis Kursi Kantor yang Bikin Nyaman Saat Kerja

Contoh Analisis Bisnis ATK

Modal awal investasi

  • Renovasi tempat Rp 3.000.000
  • Etalase kaca Rp 2.000.000
  • Rak display kayu, meja Rp 1.500.000
  • Meja & kursi kasir Rp 300.000
  • Papan nama Rp. 200.000
  • Total = Rp 7.000.000

Biaya Operasional Perbulan

  • Listrik Rp. 200.000
  • ATK Rp. 3.200.000
  • Gaji Karyawan Rp. 800.000
  • Biaya perlengkapan Rp. 500.000
  • Kantong plastic Rp. 100.000
  • Lain-lain Rp. 100.000
  • Total = Rp. 4.700.000

Asumsi Pendapatan dan Keuntungan perbulan

Pendapatan

= asumsi omzet per hari Rp 250.000

= 250.000 x 30

= Rp 750.000

Keuntungan

= Pendapatan – Biaya Operasional Bulanan

= Rp 7.500.000 – Rp 4.700.000

= Rp. 2.800.000

Bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis ATK namun belum tahu dimana link untuk membeli barangnya, kami bisa memberikan solusi. Anda bisa beli kebutuhan alat tulis kantor dengan harga yang sangat terjangkau hanya di Indotrading.

Mengapa harus di Indotrading? Sebab Indotrading menyediakan berbagai macam barang ATK dengan jumlah yang besar sehingga cocok jika Anda berlangganan untuk menjalankan bisnis retail.

Indotrading ini juga memiliki 80 ribu lebih supplier yang memberikan penawaran menarik dan pastinya sangat berkualitas. Dengan melakukan satu permintaan dengan banyak penawaran Anda sudah dapat melakukan perbandingan penawaran.

Menarik sekali, bukan? Untuk Anda yang baru pertama kali berbelanja tidak perlu khawatir sebab Indotrading memiliki Antarmuka web yang dapat memudahkan. Tertarik menjalankan bisnis alat tulis kantor? Segera cek kebutuhan alat tulis kantor Anda hanya di Indotrading bukan yang lain.

To Top