Advert

Kenali Jenis-jenis Kursi Kantor yang Bikin Nyaman Saat Kerja

jenis jenis kursi kantor

Jenis-jenis Kursi Kantor – Dalam kehidupan sehari-hari kita menemui beragam jenis kursi. Mulai dari sofa, kursi untuk belajar, kursi tamu dan lainnya. Lantas apa itu kursi kantor? Sesuai dengan namanya kursi kantor adalah kursi yang dipergunakan untuk bekerja dan ditempatkan di ruang kerja atau kantor. 

Jenis ini tentu berbeda dengan kursi biasa. Sebab desain kursi kantor mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan proses bekerja. Mulai dari kenyamanan untuk digunakan berjam-jam saat bekerja, desain yang menyesuaikan dengan jenis pekerjaan dan aktivitas yang dilakukan. 

Jenis-jenis Kursi Kantor 

Kursi kantor memiliki beragam jenis. Sebelum memutuskan untuk membeli yang mana sebaiknya ketahui dulu keunggulan-keunggulan dari setiap jenis agar bisa memilih yang paling pas dengan kebutuhan. Berikut adalah jenis-jenis kursi kantor:

1. Kursi Komputer 

jenis-jenis kursi kantor

Jika Anda bekerja dengan menggunakan komputer ataupun laptop, jenis ini sangat cocok untuk menemani kerja Anda. Untuk memilih kursi komputer yang akan digunakan, sebaiknya perlu mempertimbangkan juga dengan pilihan meja kerjanya, agar bisa cocok dan nyaman saat dipakai. 

Kursi komputer memiliki beragam model, tapi model ini yang direkomendasikan karena nyaman digunakan. Sebab kursi ini dilengkapi sandaran yang mampu menjaga postur tubuh saat duduk. Serta memiliki bantalan dan sandaran empuh serta roda agar memudahkan fleksibilitas saat bekerja. 

2. Kursi Meeting 

jenis-jenis kursi kantor

Kursi jenis ini didesain khusus dengan sandaran yang condong ke depan sehingga pengguna tetap bisa nyaman terlibat aktif dalam rapat. Selain itu sandaran dan bantalan yang digunakan empuk sehingga nyaman saat diskusi. 

Kursi meeting ini juga didukung dengan roda di bagian bawah sehingga pengguna akan lebih mudah melakukan pergerakan jika dibutuhkan. Selain itu jenis kursi ini juga akan memudahkan pengguna untuk mengatur dan merapikan kembali setelah digunakan meeting.  

3. Kursi Eksekutif 

jenis-jenis kursi kantor

Jika Anda menduduki jabatan eksekutif, maka kursi ini cocok menjadi teman kerja Anda. Sebab kualitas dan kenyamanannya lebih bagus dibanding model lainnya. Selain itu, jenis kursi ini juga memiliki model yang elegan dan mengesankan sehingga cocok dengan jabatan para eksekutif. 

Sandarannya dibuat cukup tinggi sehingga sempurna menopang bagian punggung hingga kepala. Kursi jenis ini memiliki kualitas dan ketebalan yang pas sehingga sangat nyaman digunakan dalam waktu yang lama sekalipun. 

4. Kursi Tamu 

jenis-jenis kursi kantor

Saat di kantor, tidak menutup kemungkinan ada tamu yang datang untuk mendukung proses kerja kita. Oleh sebab itu kursi kantor jenis ini juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan para tamu yang biasanya berperan mendukung pekerjaan kita. 

Kursi jenis ini tak didesain dengan roda, melainkan kaki yang tetap karena mereka tak terlalu banyak membutuhkan pergerakan kesana kemari. Desainnya juga sederhana sehingga memungkinkan untuk menampung banyak kursi jenis ini dan ditata dengan rapi.  

5. Kursi Event 

jenis-jenis kursi kantor

Pada kegiatan kantor biasanya ada event-event tertentu untuk memperingati hari-hari yang penting bagi perusahaan. Oleh sebab itu, untuk menyelenggarakan acara ini kantor juga perlu menyediakan kursi event. 

Kursi ini didesain sederhana, tapi tetap dengan sandaran dan bantalan yang empuk sehingga membuat penggunanya nyaman. Selain itu, kursi jenis ini dapat ditumpuk dengan mudah saat tidak digunakan sehingga akan memudahkan penyimpanannya. 

6. Kursi Ergonomis

jenis-jenis kursi kantor

Jika kalian adalah pekerja yang waktu kerjanya panjang dan melebihi normal, maka Anda harus memiliki kursi kantor jenis ini. Sebab dengan kursi ini, dijamin Anda tidak akan mengeluh nyeri di punggung, leher dan bahu sebab dudukan dan sandarannya sangat nyaman. Sebab kursi jenis ini menyesuaikan dengan lekuk tubuh saat duduk. 

Cara Memilih Kursi Kantor yang Tepat 

Setelah Anda sudah mengenai jenis-jenis kursi kantor yang bisa dipilih, selanjutnya Anda perlu tahu tips memilih kursi kantor yang tepat. 

1. Memiliki sandaran lengan 

Idealnya kursi di kantor memiliki sandaran lengan. Jadi saat Anda merasa pegal, kedua lengan bisa ditaruh di sisinya untuk membantu tangan beristirahat sejenak. Hal ini bagus untuk merelaksasi ketegangan otot-otot pada lengan yang telah bekerja seharian, entah untuk mengetik, menulis atau yang lainnya. 

2. Ketinggian kursi bisa diatur 

Kursi yang bisa diatur ketinggiannya mampu menyesuaikan dengan tinggi penggunanya. Sehingga pengguna dengan kaki panjang dan pendek tetap merasa nyaman menggunakan kursi yang sama. Selain itu, kursi model ini juga bisa menyesuaikan dengan berbagai ukuran tinggi meja. 

3. Kaki kursi memiliki roda

Saat kita sedang fokus pada suatu pekerjaan, biasanya kita malas untuk bangun dan beranjak ke tempat lain. Selain itu, pada pekerjaan yang sangat padat mengharuskan kita duduk diatas meja dalam waktu yang lama. Nah dengan kursi jenis ini, akan sangat memudahkan mobilisasi Anda jarak dekat, misal sekedar untuk mengambil air minum.  

4. Bantalan duduk yang tebal dan nyaman 

Bantalan duduk yang tebal dan empuk bisa mengurangi ketegangan otot panggul selama Anda bekerja. Jadi Anda akan tetap merasa nyaman meski sudah duduk berjam-jam. Bahkan saking nyamannya, Anda bisa tertidur di kursi dengan bantalan duduk seperti ini. 

5. Sandaran belakang yang mengikuti bentuk punggung 

Kursi dengan sandaran yang mengikuti anatomi punggung akan memberikan kenyamanan yang lebih besar dibandingkan dengan kursi dengan sandaran yang lurus dan tegak. Khususnya kenyamanan pada ruas tulang vertebrata pada manusia. 

6. Kursi yang cocok dengan meja 

Kecocokan dengan meja juga harus menjadi perhatian penting bagi pengguna. Jangan sampai kursi terlalu tinggi dibandingkan dengan meja atau sebaliknya. Sebab hal ini akan mengganggu kenyamanan. Dengan desain yang cocok, maka tidak hanya nyaman tapi juga indah dipandang. 

7. Kursi yang cocok dengan luas area kerja 

Jika area kerja Anda cukup luas, Anda bisa bebas memilih jenis kursi yang besar dan cocok dengan kebutuhan kenyamanan Anda. Tapi jika ruangan terbatas, sebaiknya pilih jenis kursi yang lebih simpel dan kecil sehingga tak membuat ruangan tampak sesak.

Anda sudah pahami sekarang bahwa banyak jenis kursi kantor yang bisa Anda pilih. Anda bisa menemukan melihat deretan produk dari supplier kursi kantor di website Indotrading!

#CariSupplier? Indotrading aja!

To Top