Insight

Bedakan! Inilah Jenis – jenis Rak Penyimpanan Barang

Memiliki fungsi yang sama sebagai tempat penyimpanan barang, banyak yang belum tau ternyata nama dan spesifikasi rak penyimpanan barang ini berbeda, lho! Kali ini tim News Indotrading akan membahas mengenai macam-macam jenis rak barang penyimpanan mulai dari beda nama, spesifikasi hingga fungsi kegunaannya.

Anda juga bisa temukan berbagai jenis rak penyimpanan barang dengak kualitas terbaik dari supplier terpercaya di sini

Rak Penyimpanan Barang

Rak penyimpanan barang merupakan salah satu furniture yang sangat penting dalam keseharian. Dijadikan sebagai tempat penyimpanan seluruh barang agar lebih rapih dan terorganisir menjadikan rak penyimpanan barang tidak bisa dilepaskan dari daftar list barang yang harus ada dan dimiliki di rumah, kantor ataupun tempat kegiatan lainnya.

Macam-Macam Jenis Rak Penyimpanan Barang

Meskipun sudah sangat dekat di keseharian, ternyata belum banyak yang tau bahwa jenis tempat penyimpanan  barang ini berbeda. Umumnya tempat untuk menyimpan barang sering disebut masyarakat sebagai lemari atapun rak. Namun, masih ada jenis tempat penyimpanan lain yang perlu diketahui selain lemari ataupun rak. Berikut pembahasannya.

Baca Juga : Deretan Dry Cabinet Terbaik yang Mampu Menjaga dan Melindungi Peralatan Fotografi agar Tetap Aman dan Awet

1. Kabinet

Bentuk kabinet pada umumnya adalah berbentuk seperti lemari pakaian. Perbedaannya hanya pada jumlah tempat penyimpanan nya. Tempat penyimpanan kabinet lebih banyak dibandingkan lemari pakaian.

Biasanya jumlahnya lebih dari dua. jenis ini banyak digunakan sebagai tempat penyimpanan barang seperti pajangan, figura foto, aksesoris bahkan sampai alat perkakas bisa juga disimpan di Kabinet.

Kabinet juga memiliki berbagai macam paket atau set, diantaranya ; kabinet set dapur, kabinet set tv, kabinet set kamar. Biasanya ukuran kabinet standar adalah 1500 mm x 500 mm x 425 mm. Namun besarnya ukuran kabinet bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Di pasaran, jenis kabinet yang banyak dijual adalah kabinet yang terbuat dari kayu. Meskipun begitu, kabinet yang terbuat dari bahan material lainnya seperti marmer, ataupun besi juga bisa anda temukan dipasaran.

Baca juga : Sudah Tau Perbedaan Marmer dan Granit. Cari Saja di sini

2. Rak

 

Jika kabinet banyak digunakan per set, rak bisa digunakan satuan. Rak juga merupakan tempat penyimpanan barang yang sudah sangat akrab sebagai tempat penyimpanan barang  yang banyak dimiliki sebagai furniture rumah.

Bentuk rak biasanya menyerupai kabinet, hanya saja lebih minimalis dan lebih terbuka. Bahan material yang digunakan pun lebih banyak menggunakan kayu. Anda akan lebih mudah menemukan rak kayu dibandingkan rak lainnya. Tapi, saat ini banyak juga rak dari bahan plastik yang bisa menjadi alternative pilihan.

Ada banyak jenis rak yang bisa Anda pilih, diantaranya :

Rak Buku

Jelas seperti namanya, rak buku ini difungsikan sebagai tempat penyimpanan buku. Ada yang berbahan kayu, besi ataupun plastik. Tapi pada umumnya, rak buku lebih banyak ditemukan menggunakan bahan kayu dan besi karena mempertimbangkan kekuatan dan daya tahan nya dalam menahan beban yang cukup berat dari tumpukan buku tersebut.

Rak Display

Rak ini banyak ditemui di ruangan yang ingin ditonjolkan, atau titik poin utama satu hunian. Biasanya ruang tamu. Digunakan sebagai rak pajangan, rak display berukuran lebih kecil dibandingkan kabinet.

Rak display banyak terbuat dari kayu dengan ukuran yang lebih kecil dibanding kabinet.

Rak Sepatu

Sesuai namanya, rak sepatu ini difungsikan sebagai tempat menyimpan sepatu. Sangat mudah menemukan rak sepatu dipasaran dengan berbagai variasi tipe dan ukuran.

Anda juga bisa temukan berbagai macam rak dengan kualitas terbaik dari supplier terpercaya di Indotrading.

Rak sepatu biasanya banyak terbuat dari kayu dengan tutupan kaca dan bahan plastik. Besarnya ukuran rak sepatu pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Rak Dinding

Memiliki fungsi yang hampir sama dengan rak display, rak dinding ini difungsikan sebagai rak pajangan aksesoris dan figura foto. Hanya saja letak penempatan kedua rak tersebut berbeda. Biasanya peletakan rak dinding menempel pada dinding, sedangkan penempatan rak display biasanya di lantai.

3. Lemari

Tempat penyimpanan yang satu ini juga sudah tidak asing lagi ditelinga. Lemari merupakan salah satu tempat penyimpanan penting dalam furniture rumah atau kantor. Bentuknya yang besar, biasanya lemari berukuran hampir sama dengan kabinet. Bedanya hanya di ruang penyimpanan nya saja. Ruang penyimpanan lemari tidak lebih banyak dari ruang penyimpanan kabinet.

Lemari juga banyak menggunakan bahan baku kayu sebagai bahan pembuatannya. Dilapisi dengan porselen mejadikan lemari memiliki warna alami dan lebih menarik.

Sama seperti rak, lemari juga memiliki beberapa jenis yang berbeda sesuai fungsi penggunaan nya.

Jenis-jenis lemari berdasarkan fungsi penggunaannya antara lain :

Lemari Pakaian

Lemari yang biasanya lebih besar dibandingkan lemari lainnya adalah lemari pakaian. Lebih banyak diletakan di dalam kamar atau ruangan khusus wardrobe fungsi dari ekstetika lemari ini tidak terlalu dipamerkan dibanding nilai fungsi gunanya.

Ukuran standar lemari biasanya yang banyak ditemui dipasaran adalah lemari dua pintu, namun ukuran ini sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Lemari Arsip

Ukuran lemari arsip biasanya tidak lebih besar dibandingkan lemari pakaian, ataupun kabinet. Sesuai dengan fungsi guunannya, lemari arsip ini digunakan untuk menyimpan arsip ataupun dokumen-dokumen. Tujuannya adalah agar lebih terorganisir dan mudah ditemukan.

Lemari arsip juga lebih banyak terbuat dari bahan kayu, namun ada juga banyak lemari arsip dari bahan besi. Biasanya jika digunakan untuk menyimpan arsip penting lebih direkomendasikan untuk menggunakan lemari besi untuk menghindari rayap yang akan membahayakan dokumen atau arsip penting tersebut.

4. Laci

Laci ini merupaka tempat penyimpanan yang juga menjadi bagian dari banyak tempat penyimpanan lainnya seperti lemari, rak, dan kabinet. Ruang penyimpanan laci sendiri lebih kecil dibandingkan ruang penyimpanan yang lainnnya. Umumnya laci digunakan untuk menyimpan barang-barang yang tidak terlalu penting, seperti ATK, mainan anak, atau lainnya.

5. Loker

Loker lebih banyak dijumpai di kantor atau tempat kerja, atau tempat publik lainnya.  Hal tersebut dikarenakan sejalan dengan fungsi gunanya yaitu untuk digunakan sebagai tempat menyimpan barang pribadi di tempat umum. Bentuknya kotak berjejer dengan dilengkapi dengan kuci atau kode akses masing-masing pintunya.

Kebanyakan loker yang bisa Anda temui dengan mudah adalah loker berbahan baku besi. Alasannya adalah karena dirasa lebih sebagai barang yang akan digunakan bersama. Namun loker berbahan dasar kayu ataupun plastik juga bisa dengan mudah Anda Temukan.

Diatas adalah pembahasan mengenai macam-macam tempat penyimpanan barang. Beda fungsi, spesifikasi dan kegunaan bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum memilih tempat penyimpanan untuk list furniture rumah atau kantor Anda.

banner seller
To Top