Insight

Begini Cara Pasang Batako Ringan yang Mudah dan Tepat

Meskipun kerap dipasang oleh orang yang berpengalaman, namun pemasangan batako ringan juga bisa dilakukan sendiri. Tentunya dengan bekal pengetahuan dan persiapan yang matang. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai cara tepat dan mudah pasang batako ringan.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Scaffolding Frame Hingga Jenis jenisnya

Di Indotrading, Anda dapat menemukan produk batako dengan kualitas dan harga terbaik dari berbagai Supplier di Indonesia!

Apa Itu Batako Ringan?

Batako ringan merupakan salah satu jenis batu konstruksi yang memiliki ciri, sifat serta kelebihan dan berbeda dibandingkan batu konstruksi lainnya.

Penggunaannya sebagai bahan bangunan kini meningkat menjadi alternatif pilihan batu konstruksi selain bata merah, batako, ataupun jenis batu lainnya.

Harga batako ringan sedikit lebih mahal dibandingkan harga batu konstruksi bata merah ataupun batako biasa namun di masyarakat.

Kelebihan dan Kekurangan Batako Ringan

Menjadi alternative pilihan batu konstruksi, batako ringan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Umumnya batako ringan lebih diunggulkan akan kekuatannya menahan tekanan ataupun guncangan keras seperti gempa bumi. Namun, batako ringan juga dirasa lebih mahal dibandingkan jenis batu kontrusksi bahan bangunan rumah lainnya.

Lebih detail, berikut kelebihan dan kekurangan batu batako ringan yang baik untuk Anda ketahui :

Kelebihan Batako Ringan

1. Kedap udara dan tahan Air

Kelebihan pertama yang telah banyak dikenal dari batu batako ringan adalah kemampuan kedap udaranya serta ketahanan nya terhadap air.

Batako ringan mampu menahan masuknya udara berlebih lewat pori-porinya, selain itu batako ringan juga mampu tahan terhadap air sehingga membuat usia gunannya lebih panjang sebab tidak mudah lapuk akibat air.

2. Bobot ringan

Meskipun memiliki ukuran yang besar, bahkan 12 x lipat dari batu bata merah biasa, namun batako ringan memiliki berat bobot yang ringan. Bobot batako ringan ini bisa dibilang sebagai batu konstruksi bangunan yang paling ringan dibandingkan yang lainnya.

3. Perputaran suhu baik

Kelebihan selanjutnya adalah kemampuannya terhadap perputaran suhu yang sangat baik. Batako ringan dapat mempertahankan suhu dingin di dalam ruangan dengan tidak banyak menyerap suhu panas dari luar ruangan.

4. Kuat

Kelebihan batako ringan yang paling banyak diketahui adalah kekuatannya. Meskipun memiliki bobot yang ringan, jensi batako ini mampu menahan tekanan dan guncangan dengan kekuatan tinggi seperti gempa bumi.

Hal tersebut juga membuat batako ringan menjadi batu konstruksi khusus untuk bangunan anti gempa.

5. Pemasangan cepat

Kerap kali diragukan untuk bisa melakukan pemasangan batako ringan sendiri karena banyak pendapat yang bilang harus memiliki keahlian khusus sebelum memasang batako ringan, namun fakta lainnya, proses pemasangan batako ringan tidak memerlukan waktu yang lama.

Proses pemasangan batako ringan banyak yang dilakukan secara berulang yang sama persis. Hal tersebut yang menjadikan proses pemasangan batu batako ringan lebih cepat.

Kekurangan Batako Ringan

1. Lebih Mahal

Menimbang berbagai kelebihan dari batako ringan, harga batako ringan dibandrol lebih mahal dibanding batu konstruksi lainnya. Biasanya batako ringan di jual per pcs dan berdasarkan ukuran tertentu. Beda ukuran akan berbada pula harganya.

2. Butuh perkat khusus

Batako ringan juga memerlukan semen perekat khusus yang dicampurkan pada adonan semen perekat. Semen perekat khusus batako ringan ini biasa disebut thin bed mortar.

3. Butuh orang berpengalaman

Meskipun proses pemasangan batako ringan terbilang cepat, namun proses pemasangannya tidak mudah. Tidak semua tukang bangunan bisa memasng batako ringan dengan tepat.

4. Boros bahan-bahan

Ukuran nya yang cukup besar kadang menyisahkan batako ringan dengan ukuran tanggung dan tidak terpakai setelah dipotong. Hal tersebut membuat penggunaan batako ringan sedikit lebih boros dan menyisahkan banyak bahan – bahan.

5. Susah kering

Meskipun tahan air, namun jika batako ringan terkena air yang cukup banyak, proses pengeringan nya sangat lama dan membuat batako ringan bersifat susah kering.

Baca Juga : Begini Cara Pasang Bata Hebel yang Benar dan Mudah

Cara tepat dan mudah pasang batako ringan

Pemasangan batako ringan umumnya dilakukan secara horizontal menyamping, hingga ke atas dengan cara direkatkan menggunakan semen perekat batako ringan khusus atau thin bed mortar.

Adapun selengkapnya cara tepat dan mudah pasang batako ringan diuraikan di bawah ini :

1.Tahap persiapan

Tahap pertama pada proses pemasangan batako ringan adalah tahap persiapan. Pada tahap ini Anda perlu menyiapkan bahan dan alat-alat yang diperlukan. Tujuannya adalah agar lebih mudah dan terorganisir pada proses pemasangannya.

Adapun bahan dan alat yang perlu disiapkan antara lain :

Bata ringan, semen, palu karet, benang, alat tulis dan alat ukur, water pass, trowel, dan  gergaji bata ringan.

2. Tahap pembuatan semen perekat

Tahap selanjutnya adalah membuat adonan semen perekat. Semen perekat menjadi salah satu bahan yang sangat penting keberadaan nya dalam proses pemasangan batako ringan. Sebab, semen perekat banyak digunakan pada proses ini. Idealnya, adonan semen perekat dibuat dari komposisi 9,5 – 10, 5 liter untuk 40 kg semen.

3. Tahap pemasangan

1. Buatlah dasar pemasangan dinding batako ringan menggunakan adonan semen perekat. Baiknya, ketebalan semen perekat yag menjadi dasar dinding batako ini mencapai 10-20 mm.

2. Selanjutnya letakan batako pertama dan rekatkan menggunakan palu pukul karet yang sudah disiapkan. Pastikan letak batako pertama sudah benar dan posisinya kuat merekat pada semen sehingga dapat menjadi pondasi dinding batako yang kuat.

3. Selanjutnya tempelkan semen perekat tipis (thin bed mortar) di sisi samping batako ringan pertama. Lalu atur posisi batako dan rekatkan dengan kuat menggunakan palu karet.

4. Jika pemasangan batako kesamping sudah terisi dan selesai, tahap selanjutnya adalah bersihkan permukaan atas batako ringan. Hal ini dilakukan untuk merekatkan batakor ringan selanjutnya.

5. Oleskan bagian horizontal batako menggunkan semen perekat tipis (thin bed mortar) menggunakan trower.

6. Selanjutnya pasang bata ringan diatas thin bed mortar yang sudah dioleskan tadi.

7. Ratakan dengan palu karet posisi antar bata ringan dan pastikan batu merekat dengan kuat.

Perlu diketahui, umumnya pada proses pemasangan batu batako ringan, dipasang juga tali putih bangunan disekeliling tempat yang ingin dipasangkan batako ringan.

Tujuannya adalah untuk membatasi dan mengatur posisi batako ringan yang telah direkatkan agar rata dan menempel antar batako ringan.

4. Tahap akhir plesteran

Tahap akhir jika sudah selesai proses pasang batako ringan adalah plesteran tutupi seluruh bagian bata ringan menggunakan semen dengan tujuan membuat bata ringan tersebut lebih kuat dan kokoh.

Namun, langkah ini merupakan langkah optional. Karena tidak semua bangunan batako ringan kemudian ditutupi atau dilakukan plester.

Demikianlah informasi mengenai cara pasang batako ringan yang mudah dan tepat. Semoga dapat memberikan Anda gambaran agar tidak ragu lagi memasang batako ringan sendiri.

Baca Juga : Untuk Keperluan Rumah Tangga Hingga Industri, Ini Fungsi Pasir Silika dalam Kehidupan Sehari-hari!

Anda dapat temukan produk batako ringan dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading!

To Top