Insight

Untuk Keperluan Rumah Tangga Hingga Industri, Ini Fungsi Pasir Silika dalam Kehidupan Sehari-hari!

fungsi pasir silika

Pernah mendengar mengenai pasir silika? Jika belum, di dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu pasir silica dan fungsi pasir silika dalam kehidupan sehari-hari, lho! Jadi, simak uraian berikut ini yuk!

Apa Itu Pasir Silika?

Pasir silica atau juga disebut dengan pasir kuarsa merupakan salah satu mineral yang mempunyai struktur Kristal heksagonal yang dapat ditemukan dari kerak kontingen bumi. Pasir ini terbuat dari silika trigonal terkristalisasi dan memiliki bentuk unik. Biasanya pasir silica berbentuk prisma segi enam dengan ujung praimida yang juga segi enam.

Di Indonesia sendiri, ada banyak daerah yang menjadi sumber pasir yang satu ini, di antaranya adalah di Bandar Lampung, Tuban, Sumatera, Bangka, dan Tuban. Khusus untuk daerah Bangka, pasir ini dikenal dengan nama Pasir Bangka.

Kandungan dan Komposisi Pasir Silika

Berbicara soal kandungan, pasir ini tentu saja memiliki kandungan yang sangat berbeda dari kandungan pasir pada umumnya. Pasir silika memiliki komposisi gabungan yang terdiri dari Fe203, K20, Ti02, Mg0, Al203 yang memiliki warna bening dan warna lain jika sudah tercampur dengan zat pengotor lainnya. Adapun berat dari pasir ini sendiri sekitar 2,65 dengan titik lebur 17150C dengan tingkat kekerasan  mencapai 7 (skala Mohs), panas spesifik 0,185,5 dan juga konduktivitas panasnya 12 sampai dengan 1000C.

Fungsi Pasir Silika dalam Kehidupan Sehari-hari

Pasar kuarsa ini memiliki banyak sekali fungsi dalam kehidupan manusia. Keberadaanya sangat menunjang aktivitas baik dalam kehidupan sehari-hari maupun kegiatan produksi manusia. Dalam berbagai bidang kehidupan pasir ini sangatlah berguna, salah satunya dalam bidang industri. Ada yang menjadikan pasir ini sebagai bahan utama dan ada pula industri yang menjadikan pasir ini sebagai bahan pendukung material. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak poin-poin berikut:

1. Sebagai Media Penyaring Air

fungsi pasir silica

Tak banyak yang tahu bahwa keberadaan pasir silika dalam proses penyaringan air itu sangatlah berpengaruh besar. Bagaimana tidak, pasir ini dijadikan sebagai alat untuk filter air dari adanya kotoran-kotoran yang mungkin ada di dalamnya. Karbon aktif dalam pasir ini akan menangkap kotoran dan bau yang ada di dalam air. Maka tak heran jika pasir ini digunakan untuk filter air di akuarium.

Bukan hanya berfungsi untuk akuarium saja, nyatanya pasir kuarsa ini juga berfungsi dalam memfilter air untuk isi ulang. Pasir yang satu ini menjadi media filter esensial dalam filter air isi ulang. Adanya pasir ini dengan kandungannya akan menghilangkan kotoran makro, lumpur, dan juga dapat mengurangi TDS, TSS, dan juga turbiditas air.

2. Berguna Untuk Sandblasting

fungsi pasir silica

Fungsi pasir silika yang kedua adalah terkait dengan industri, tepatnya membantu proses sanblasting. Proses sandblasting sendiri merupakan proses membersihkan permukaan media dengan menggunakan semprotan pasir berkekuatan tinggi. Adapun media yang biasanya disemprot itu berupa besi, baja, bahkan hingga kayu. Media yang kokoh seperti baja dan besi menggunakan pasir silika secara langsung dalam proses sandblasting, sedangkan untuk media yang agak lembek seperti kayu menggunakan glass beads untuk penyemprotannya.

3. Metal Casting

fungsi pasir silica

Metal casting atau sand casting merupakan sebuah proses pencetakan logam dengan menggunakan media pasir. Proses ini adalah proses yang paling umum dan banyak digunakan untuk produksi logam segala jenis ukuran. Karena ketahanannya yang baik terhadap temperatur tinggi, pasir silica kerap dijadikan sebagai cetakan logam dalam proses metal casting.

Selain temperature yang tinggi, alasan lain mengapa pasir ini dijadikan sebagai cetakan logam ialah karena harganya lebih terjangkau dan dapat di daur ulang. Logam seperti nikel, titanium, dan besi yang memiliki temperature tinggi bisa dicetak dengan menggunakan media cetak berupa pasir yang satu ini.

4. Sebagai Media Tanam

Meskipun memiliki kandungan unsur hara yang tidak banyak, pasir silica menjadi media tanam yang tetap digandrungi.Pasalnya, kekurangan kandungan unsur hara tersebut masih bisa diakali dengan memberi bahan pembenah tanah atau biasa disebut dengan ameliorant. Bahan ameliorant ini bisa berupa kapur pertanian, pupuk kandang, serta pupuk anorganik yang bisa menjadi lahan sentra pertanian.

Beberapa penelitian pun sudah banyak membuktikan bahwa pasir ini masih layak digunakan sebagai media tanam dan tentunya bisa tetap menghasilkan tanaman yang produktif. Salah satunya datang dari BPTP Kalimantan Tengah yang menanam pohon semangka, jagung dan lain lain dengan menggunakan pasir kuarsa ini.

5. Berguna Untuk Tambahan Bahan Bangunan

fungsi pasir silika

Tidak hanya digunakan sebagai media berbagai tanaman, fungsi pasir silika ini juga mencakup sebagai bahan tambahan untuk membuat bahan bangunan, salah satunya adalah pembuatan bata ringan. Disebut bata ringan karena jenis bata yang satu ini memiliki pori-pori yang lebih besar dibandingkan dengan batu bata yang dibuat dari tanah liat. Selain itu, karakteristiknya yang ringan merupakan ciri khas dari bata yang satu ini.

Bukan hanya bata ringan, pasir silika juga sering digunakan untuk bahan bed material. Karateristiknya yang memiliki titik leleh yang tinggi membuat pasir ini cocok untuk digunakan sebagai pasir boiler untuk pembakaran batu bara. Dengan menggunakan pasir ini, material yang terletak pada bagian bawah furnace tidak akan terlalu panas sebab pasir ini merupakan media perpindahan yang baik.

Baca juga: Agar Tak Salah Pilih, Kenali Jenis-jenis Sepatu Safety Berikut Ini!

Solusi Mendapatkan Pasir Silika Bermutu Tinggi

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pasir satu ini. Itulah mengapa pasir ini sangat banyak dicari oleh para pelaku industri rumahan maupun industri skala besar. Harganya pun cukup terjangkau dan bisa didaur ulang sehingga sangat ramah lingkungan dengan segudang manfaat yang bisa didapatkan. Kami bisa menyediakan pasir silika bermutu tinggi hanya untuk anda.

Bagi Anda yang membutuhkan pasir silika untuk keperluan pertanian, produksi dan lain-lain, Anda bisa langsung minta penawaran melalui fitur RFQ. Degan bantuan fitur ini, Anda bisa melakukan penawaran dari ribuan supplier pasir silika secara cepat tanpa harus ribet membuka e-mail. Masalah harga, Anda tak perlu khawatir! Sebab, penawaran dengan harga terbaiklah yang akan Anda dapatkan!

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top