Insight

Begini Cara Pakai Bidet yang Tepat dan Manfaatnya

Penggunaan nya yang masih jarang di beberapa negara terkadang membuat banyak orang bingung akan cara pakainya dan fungsi sebenarnya dari keberadaan bidet sebagai alat bersih di toilet. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai cara pakai bidet.

Baca Juga : Peluang Bisnis Sewa Toilet Portable Yang Banyak Dicari Orang

Anda dapat menemukan produk bidet dengan kualitas dan harga terbaik dari supplier terpercaya di sini.

Apa Itu Bidet?

Banyak yang meyakini bidet merupakan alat bersih yang berasal dari negara Perancis, namun ada juga yang mengatakan bidet berasal dari negara Italia. Perdebatan tersebut membuat informasi negara asal diciptakannya Bidet masih belum jelas.

Namun, baik dari Perancis ataupun Italia bahkan banyak negara di seluruh dunia memiliki pengertian yang sama akan bidet, yakni sebagai alat bersih tambahan yang biasanya banyak ditemukan di samping toilet.

Lebih jelasnya, bidet merupakan alat bersih – bersih yang digunakan setelah menggunakan kloset, dengan tujuan untuk lebih memastikan kebersihan dan kehigienisan setelah menggunakan kloset.

Bentuk dan material bidet menyerupai jenis-jenis bathtub dan wastafel. Kebanyakan bidet berwarna putih gading dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan bathtub, dan sedikit lebih besar dibandingkan wastafel. Ukuran ideal bidet biasanya sama dengan ukuran kloset yang ada di sampingnya.

Jenis-jenis Model Bidet

Terdapat dua jenis model bidet yang banyak tersebar dan digunakan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Kedua jenis modet bidet tersebut banyak terbuat dari granit ataupun marmer untuk bagian body bidet. 

Jenis dan model bidet ini dibedakan berdasarkan peletakan alat bidet tersebut. Adapun jenis-jenis model bidet dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut :

1. Bidet yang langsung menyatu dengan closet (Built in Bidet)

Sudah banyak ditemukan di toilet Indonesia, bidet jenis ini merupakan bidet yang sering digunakan di kloset modern.

Pada closet modern terdapat selang pipa kecil yang berfungsi menyemprotkan air untuk membilas dan bersih-bersih setelah menggunakan kloset.

Jenis bidet ini dirasa lebih hemat biaya dan juga hemat ruang dibandingkan dengan jenis bidet yang terpisah dari kloset. Namun penggunaannya tidak lebih nyaman dibandingkan dengan bidet yang terpisah.

2. Bidet yang terpisah dengan kloset

Satu lagi jenis bidet yang ada di pasaran namun penggunaan nya masih belum banyak ditemukan di Indonesia. Jenis bidet yang terpisah dari kloset.

Biasanya bidet yang terpisah dari kloset akan diletakan persis di samping kloset. Juga ukuran bidet yang terpisah dengan kloset akan disesuaikan atau disamakan dengan ukuran tinggi closet.

Meskipun lebih memakan biaya dan ruang, bidet jenis ini dirasa lebih efektif sebagai alat bersih-bersih setelah menggunakan kloset.

Fungsi dan Manfaat Penggunaan Bidet

Penggunaannya yang terbilang masih jarang, kadang membuat banyak orang salah memfungsikan bidet, terlebih untuk jenis bidet yang terpisah dari kloset.

Ditambah lagi, bentuknya yang sangat mirip dengan wastafel, banyak yang kemudian menganggap bidet dan wastafel merupakan satu alat bersih yang sama. Meskipun sama – sama sebagai alat bersih, namun fungsi dan manfaat penggunaan bidet berbeda dengan wastafel.

Berikut fungsi dan manfaat bidet yang perlu diketahui :

  1. Bidet digunakan untuk membersihkan bagian genital setelah menggunakan kloset
  2. Bidet tidak digunakan untuk membersihkan anggota tubuh lainnya, seperti tangan ataupun merendam kaki seperti bathtub
  3. Bidet sangat bermanfaat untuk digunakan orang-orang dengan mobilitas terbatas; lansia, sakit, ataupun cacat.

Baca Juga : Cara Ampuh Perbaiki Wastafel Mampet Dijamin Langsung Lancar

Cara Pakai Bidet yang Tepat

Banyak juga yang masih bingung dan tidak tahu mengenai bidet dan cara pakai nya yang benar dan tepat, sebab jarang ditemui bidet dalam keseharian.

Pada dasarnya, cara pakai bidet yang terpisah dari kloset sama dengan penggunaan closet. Pengguna duduk dan menyalakan air yang kemudian air tersebut akan keluar dari pipa kecil bidet yang akan membasuh dan membershikan bagian genital.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan bidet. Lebih lengkap lagi, berikut cara pakai bidet yang tepat :

1. Melakukan Pembersihan Utama di Closet

Langkah pertama dalam memakai bidet , pastikan Anda menggunakan alat bersih atau selang bersih utama pada toilet untuk bersih-bersih setelah menggunakan kloset.

Perlu diingat, bidet digunakan untuk melakukan bilas ganda atau double cleansing pada bagian genital yang biasanya dilakukan dengan tissue di beberapa negara, bukan merupakan alat bersih utama setelah menggunakan kloset.

2. Duduk pada Bidet

Setelah itu, Anda bisa melakukan pembersihan ganda di bidet dengan cara duduk seperti menggunakan closet. Anda perlu menyesuaikan posisi duduk di bidet dengan keran air pada bidet, karena posisi keran air bidet ada yang terletak di depan, ada pula yang terletak di belakang posisi duduk normal ketika Anda duduk di closet.

3. Nyalakan Keran

Setelah Anda memastikan posisi duduk yang nyaman, Kemudian nyalakan keran dan tunggu hingga air dari pipa kecil bidet keluar. Pada beberapa model bidet, Anda dapat menyesuaikan suhu air yang digunakan.

4. Bilas Bidet Setelah Dipakai

Meskipun hanya digunakan sebagai pembilas setelah melakukan pembersihan utama di closet, Anda tetap perlu membilas bidet setelah menggunakannya. Terlebih ketika Anda menggunakan bidet di tempat umum, atau bukan milik pribadi. Hal tersebut agar kebersihan dan kehigienisan bidet tetap terjaga.

Adapun hal – hal penting yang perlu diperhatikan saat menggunakan bidet diantaranya adalah :

  1. Tidak langsung menggunakan bidet setelah buang air besar. Bidet tidak dilengkapi dengan pipa pengalir kotoran, sehingga penggunaan langsung setelah buang air besar tidak tepat dan akan merusak bidet.
  2. Bidet bukan wastafel ataupun bak spa seperti bathtub. Sehingga penggunaannya yang difungsikan sebagai tempat mencuci tangan ataupun merendam anggota tubuh tidak tepat. Hal ini berpengaruh pada tingkat kehigienisan nya.
  3. Bidet untuk semua gender. Anggapan bahwa bidet hanya digunakan untuk wanita tidaklah tepat, Bidet juga bisa digunakan untuk pria dengan fungsi yang sama sebagai alat bersih kedua setelah menggunakan kloset.

Demikianlah pembahasan mengenai bidet dan cara pakai nya. Hal penting yang perlu diingat dari bidet dan cara menggunakannya adalah dengan mengingat dan membedakan fungsi penggunaan bidet dengan wastafel ataupun bathtub karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Baca Juga : Tidak Semuanya Sama, Pilih Jenis-jenis Exhaust Fan Sesuai Kebutuhan Anda

Anda bisa temukan Bidet dengan kualitas dan harga terbaik dari berbagai Supplier di Indonesia di Indotrading!

 

To Top