Insight

Tidak Semuanya Sama, Pilih Jenis-jenis Exhaust Fan Sesuai Kebutuhan Anda

jenis-jenis exhaust fan

Seperti yang mungkin Anda ketahui, salah satu kriteria hunian sehat adalah sirkulasi udara yang bersih dan lancar. Udara segar yang mengalir akan mendukung kesehatan anggota keluarga dan para penghuni di dalam ruangan. Selain itu, sirkulasi udara ini dapat mencegah perkembangbiakan bakteri, jamur dan mencegah kelembapan ruangan. Eksistensi jendela atau ventilasi, dapat membantu sirkulasi udara yang lancar. Sayangnya, di beberapa gedung atau hunian, tidak memungkinkan membuat banyak jendela. Untuk mengatasinya, Anda tak perlu khawatir! Sebab, exhaust fan bisa menjadi solusinya. Lantas, apa itu exhaust fan dan apa saja jenis-jenis exhaust fan yang tersedia di pasaran yang dapat Anda pilih? Yuk, simak saja informasi selengkapnya!

Apa Itu Exhaust Fan?

Exhaust fan merupakan alat yang berguna untuk membuang udara kotor dari dalam ruangan dan menggantinya dengan udara yang bersih dari luar ruangan. Selain itu, exhaust fan juga mampu mengusir panas di ruangan yang langsung berhubungan dengan udara luar. Dengan begitu, suhu di dalam ruangan akan terjaga karena panas dialihkan ke luar ruangan.

Saat ini, jenis exhaust fan sudah mulai beragam dengan desain yang disesuaikan dengan kondisi ruangan. Exhaust fan dapat ditempatkan di ruangan yang membutuhkan sirkulasi udara seperti dapur, kamar mandi, kamar tidur, atau garasi. Pemasangan exhaust fan juga harus disesuaikan dengan kondisi ruangan. Untuk itu, sebelum memasang exhaust fan, Anda harus tahu terlebih dahulu jenis-jenis exhaust fan agar lebih pas dengan kebutuhan. Kenali beberapa jenis exhaust fan berikut, agar Anda tidak salah saat memilihnya ya!

1. Exhaust Fan Langit-Langit

jenis-jenis exhaust fan

Dari deretan jenis-jenis exhaust fan yang ada di pasaran, exhaust fan langit-langit bisa Anda jadikan pilihan jika Anda memiliki kamar di lantai atas yang membutuhkan aliran udara yang lebih baik. Anda bisa memasang exhaust fan pada plafon rumah Anda. Exhaust fan yang dipasang pada langit-langit ruangan akan mengeluarkan udara yang ada dalam melalui lubang di langit-langit rumah Anda.

2. Exhaust Fan Dinding

jenis-jenis exhaust fan

Exhaust fan dinding merupakan model yang exhaust fan yang dipasang dengan cara ditempelkan pada dinding di rumah. Pemasangannya berhadapan langsung dengan area terbuka. Sehingga, memungkinkan udara di dalam ruangan keluar langsung melalui exhaust fan ini. Anda bisa meletakkan exhaust fan ini di kamar mandi atau dapur untuk mengalirkan udara bersih setiap saat.

3. Exhaust Fan Jendela

jenis-jenis exhaust fan

Exhaust fan jendela menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan kesegaran udara di dalam kamar, ruang tamu, atau ruang keluarga. Exhaust fan ini bisa Anda pasangkan pada jendela kaca yang mempunyai ketebalan mulai dari 3 mm hingga 7 mm. Sebaiknya, exhaust fan jendela dipasang menghadap ke area terbuka supaya udara kotor dari dalam ruangan bisa langsung dibuang keluar.

4. Exhaust Fan Inline

jenis-jenis exhaust fan

Exhaust fan inline sangat berbeda dengan tipe exhaust fan lainnya karena mempunyai beberapa komponen seperti saringan dalam, saringan luar, kipas penyedot, dan pipa. Komponen tersebut berguna untuk menghisap uap air dan udara kotor dari dalam ruangan yang tidak mempunyai akses ke ruangan terbuka di luar bangunan.

Exhaust fan inline dipasang di tengah saluran yang menghubungkan saringan dalam dan saringan luar. Dengan begitu, suatu ruangan yang terisolasi dari lingkungan luar bisa terhubung ke area terbuka. Model exhaust fan inline sangat cocok digunakan pada kamar mandi atau ruangan yang terisolasi dari luar.

5. Exhaust Fan Cooker Hood

jenis-jenis exhaust fan

Exhaust fan cooker hood secara spesifik bisa Anda pasangkan di atas alat memasak seperti kompor. Exhaust fan ini bisa bekerja dengan kuat untuk menyingkirkan asap, uap, serta bau yang dihasilkan dari proses masak-memasak di dapur. Exhaust fan cooker hood lebih simple, sebab Anda bisa memasang pada plafon atau dinding dapur supaya asap kotor lebih cepat disingkirkan.

Setelah mengetahui kelima jenis exhaust fan di atas, maka Anda bisa menentukan pilihan yang tepat untuk rumah Anda. Dalam memilih, Anda harus mengerti terlebih dahulu keadaan rumah Anda, sehingga exhaust fan yang digunakan bisa memberikan kinerja yang maksimal.

Baca juga: 10 Amplifier Unggulan untuk Hasilkan Kualitas Stereo yang Memuaskan

Bagaimana, kira-kira sudah mendapatkan gambaran jenis-jenis exhaust fan yang tepat? Selanjutnya, yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan supplier exhaust fan yang terpercaya. Hanya di Indotrading.com, satu-satunya platform supplier terverifikasi di Indonesia yang terbukti memberikan layanan profesional dan produk exhaust fan berkualitas. Klik Indotrading.com sekarang juga dan temukan produk exhaust fan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

To Top