Insight

Cara Ampuh Perbaiki Wastafel Mampet Dijamin Langsung Lancar

cara perbaiki wastafel mampet

Sering terjadi, wastafel mampet jadi salah satu masalah yang paling sering dialami. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai cara ampuh perbaiki wastafel mampet.

Jika Anda sedang mencari wastafel dengan harga dan kualitas terbaik dari supplier terpercaya, Anda bisa dapatkan di sini!

Wastafel merupakan barang rumah tangga yang juga penting keberadaannya. Umumnya wastafel diletakan di dapur sebagai tempat pencuci piring ataupun di kamar mandi sebagai tempat mencuci tangan, dan muka. Meskipun tidak menjadi barang rumah tangga yang bersifat primer, namun penggunaan wastafel banyak membantu aktivitas rumah tangga dan keseharian.

Penyebab Wastafel Mampet

Tidak hanya ditemukan di dapur sebagai tempat pencuci piring, wastafel juga banyak ditemukan dikamar mandi. Berbeda tempat pemasangan, biasanya beda pula masalah penyebab wastafel mampet.

Berikut beberapa penyebab yang bisa jadi membuat wastafel Anda mampet.

1. Rambut Rontok

Wastafel mampet karena rambut sering terjadi pada wastafel yang ada di kamar mandi. Meskipun penggunaan utamanya adalah untuk mecuci tangan namun ada saja rontokan rambut yang ditemukan tersangkut dalam lubang saluran wastafel. Hal seperti ini akan menyubat saluran wastafel jika dibiarkan terus menerus, dan tidak segera dibersihkan.

2. Sisa Makanan

Ketika selesai mencuci piring setelah makan, biasanya ada saja sisa makanan yang menumpuk dan menyebabkan wastafel mampet. Biasanya sisa-sisa makanan yang menumpuk ini dalam bentuk kecil yang awalnya dikira akan hilang ketika menyiramkan air kesaluran. Bentuk-bentuk kecil ini biasanya menyelip disaluran air wastafel dan sulit tersapu air. Jika sudah menumpuk, sisa-sisa makanan kecil ini akan menjadi masalah utama wastafel menyumbat.

3. Karatan

Masalah lain yang sering menjadi penyebab wastafel mampet biasanya adalah karat yang bertumpuk. Karat yang bertumpuk ini disebabkan oleh banyak hal salah satunya perawatan yang tidak maksimal ataupun jenis air yang digunakan. Karatan yang menyebabkan wastafel tersumbat umumnya terjadi pada saluran pipa wastafel, sehingga cara memperbaiki dan perawatannya pun harus dilakukan langsung pada saluran pipa tersebut.

4. Serangga

Wastafel cuci piring yang menimpan banyak sisa makanan yang tidak tersapu air menjadi salah satu sarang serangga. Kecoa, ataupun laba-lapa menjadi serangga paling betah berlama-lama pada wastafel ataupun saluran pipa wastafel.

Wastafel yang jarang dirawat ataupun dibersihkan akan menjadi sarang serangga tersebut, dan menyebabkan penyumpatan pada saluran air wastafel. Efek lainnya adalah menjadi sumber penyakit.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Virus Corona, 10 Benda Ini Wajib Anda Beli!

Cara Ampuh Perbaiki Wastafel Mampet

Sering digunakan, masalah wastafel mampet juga pasti sering terjadi dan ditemukan. Begini cara ampuh perbaiki wastafel mampet.

1. Menggunakan Penyedot atau Plugger

Cara praktis pertama dalam memperbaiki wastafel mampet adalah dengan menggunakan alat penyedot atau biasa disebut juga plugger. Walaupun biasanya plugger digunakan untuk menyodot wc, namun plugger juga bisa digunakan menjadi penyodot wastafel yang mampet. Cara penggunaan nya sama persis dengan penggunaan plugger di WC. Bedanya hanya tempat nya, yakni wastafel.

Selain plugger yang biasa digunakan di WC, ada juga jenis plugger yang khusus digunakan pada wastafel. Bentuknya lebih kecil dibandingkan plugger WC. Keefektifan nya juga sama dengan plugger pada umumnya.

Menggunakan plugger ini merupakan cara paling praktis dan efektif dibandingkan semua nya. Anda hanya memerlukan plugger kemudian wastafel mampet kembali lancar.

2. Menggunakan Backing Soda

Selain terkenal digunakan sebagai bahan pembuat kue, backing soda juga bisa menjadi solusi untuk memperlancar wastafel yang mampet. Pengaplikasian nya pun cukup sederhana. Anda hanya perlu menuangkan ½ cangkir backing soda ke dalam saluran air wastafel yang mampet. Diamkan selama kurang lebih satu atau dua menit, lalu siram dengan air panas. Dapat dipastikan kotoran yang menempel dan menyebabkan wastafel tersumbat akan rontok.

3. Menggunakan Garam

Selain menggunakan backing soda, jenis bahan makanan lainnya yang dapat memperbaiki wastafel yang tersumbat adalah garam. Tidak ada jenis garam khusus yang diperlukan, atau dengan kata lain semua jenis garam dapat digunakan.

Cara penggunaannya pun sama dengan cara penggunaan backing soda. Anda hanya perlu menuangkan beberapa takaran garam, dan menggosokan nya ke wastafel yang mampet. Tunggu beberapa menit, kemudian gosok wastafel yang sudah digarami tadi dengan sikat.

Ada juga yang mencampurkan garam dengan backing soda dengan tujuan penggabungan dua bahan aktif itu dapat lebih efektif dalam merontokan kotoran menempel pada lubang wastafel.

Dengan bahan yang mudah ditemukan dan didapatkan, cara yang satu ini banyak disarankan.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Kaprah! Begini Penggunaan Cairan Disinfektan yang Benar

4. Cuka

Zat aktif yang biasa digunakan pada bahan makanan lainnya yang bisa menjadi solusi wastafel mampet adalah cuka. Biasanya cuka digunakan ketika kotoran yang menempel pada wastafel terbilang cukup parah.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu meneteskan beberapa tetes cuka pada bibir saluran pipa wastafel, diamkan beberpa menit lalu siram dengan menggunakan air panas. Sama halnya dengan penggunaan backing soda dan garam yang lebih efektif jika digabungkan. Penggunaan soda juga lebih efektif digabungkan dengan backing soda.

5. Drain Snake

Selain Plugger, alat bantu perbaiki wastafel lainnya adalah Drain snake. Alat ini sangat efektif digunakan untuk menyedot kotoran pada saluran wastafel yang mampet. Hanya saja, penggunaan alat ini tidak sepraktis menggunakan plugger ataupun cara lainnya.

Baca Juga : Berikut Ukuran Selang Spiral dan Kegunaannya Sesuai Kebutuhan

Untuk menggunakan drain snake ini, anda harus membuka saluran pembuangan dan pipa p-trap yang ada dibawah wastafel. Kemudian, masukan drain snake kedalamnya hingga merasakan adanya kotoran yang menyumbat.

Meskipun terbilang memerlukan usaha lebih, penggunaan drain snake dirasa paling efektif, karena memecahkan solusi langsung hingga kedalam salurannya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara ampuh perbaiki wastafel mampet. Mengetahui dan mengenali penyebab wastafel mampet merupakan salah satu cara efektif memperbaikinya.

banner seller
To Top