Berita

Ingin Mendapatkan Banyak Uang dari Blog? Begini Caranya!

Cara mendapatkan uang dari blog

Siapa bilang mencari uang hanya dengan bekerja kantoran saja? Buktinya, banyak orang yang kaya raya tanpa harus menjadi pegawai kantoran. Salah satunya adalah blogger. Ya, istilah blogger memang sudah tidak asing lagi. Profesi yang ciamik ini benar-benar banyak diminati terutama untuk kaum yang hobi menulis. Berkat keberadaan internet-lah yang menjadikan profesi ini begitu menguntungkan. Anda bisa menghasilkan uang melalui situs blog Anda, mulai dari endorsement hingga Google AdSense.

Buat Anda yang mungkin baru ingin membangun blog dan menghasilkan untung (uang), ada 6 cara jitu yang bisa dilakukan. Namun perlu dipastikan jika yang terpenting dari membuat blog adalah menciptakan konten-konten berkualitas. Konten berkualitas merupakan investasi atau modal untuk Anda memperoleh untung. Sehingga sangatlah perlu untuk memikirkan secara matang mengenai konsep blog yang ingin Anda terapkan. 

Nah, untuk mempersingkat waktu, yuk simak langsung apa saja 6 cara menghasilkan uang dari blog berikut ini!

     1. Bangun Blog di Platform Terbaik

CMS platform

Langkah awal yang perlu dipertimbangkan sebelum membangun sebuah blog adalah dengan menentukan platform. Seperti yang kita tahu, saat ini sudah banyak hadir berbagai platform blog yang menawarkan fitur-fitur terbaik, mudah dan efektif. Salah satunya yang fenomenal adalah WordPress. Di samping masih banyak jejeran platform blog lain seperti Joomla, Drupal, Blogspot dan Magento, WordPress menjadi satu-satunya pilihan yang banyak disukai oleh warganet.

Mengapa? Pertama, WordPress dapat diakses secara gratis oleh semua kalangan. Baik untuk pemula hingga yang professional sekali pun. Kedua, WordPress menawarkan kualitas yang sangat baik. Bahkan tak sedikit perusahaan tersohor di dunia yang mengandalkan platform ini untuk membangun website mereka seperti The Walt Disney Company, Mercedes-Benz, Microsoft News Center dan lain-lain. Kemudian platform ini juga menawarkan aneka Plugin yang memberikan banyak fungsi untuk memaksimalkan kualitas website Anda, baik dari segi performa, desain dan lain-lain. 

     2. Buat Aneka Konten yang Berkualitas

Konten Berkualitas

Langkah penting berikutnya adalah membangun konten berkualitas. Perlu diingat, konten adalah kunci atau modal utama untuk Anda bisa meraih untung. Pastikan konten Anda dapat menjadi jawaban dalam menyelesaikan masalah para pembaca. Misalnya, ketika user mencari kata kunci “Bagaimana cara memulai bisnis online” pada mesin pencari Google (Search Engine), maka pastikan tulisan Anda mampu menjelaskan secara rinci langkah-langkah memulai bisnis online kepada para pembaca. Namun harus diingat, hindari plagiarisme alias penulisan konten yang tidak orisinil karena hal ini bisa menurunkan pamor blog Anda di mata Google.

Selain itu, membicarakan konten yang berkualitas tak melulu soal isinya saja, tapi juga bagaimana cara Anda menyajikannya melalui penulisan judul, maupun penambahan berbagai jenis visual menarik seperti foto, grafik, ilustrasi atau video yang membuat para pembaca semakin terkesan saat mengunjungi blog Anda.

     3. Pertajam Performa SEO Blog Anda

Optimasi SEO blog

Bila ingin sukses menarik banyak pengunjung pada blog atau website, persiapkan strategi SEO sematang mungkin. Ini merupakan upaya yang sangat membantu untuk menuntun blog Anda bisa berada pada posisi tertinggi di mesin pencari Google. Walaupun begitu, menciptakan ranking unggul dari SEO tentunya tidak bisa dilakukan dalam sekejap. Perlu dilakukan secara berkala agar performa SEO blog Anda bisa optimal dan menghasilkan banyak traffic. Buat Anda yang membutuhkan tips seputar optimasi blog dengan SEO, Anda bisa menguliknya pada artikel berikut ini.

Baca juga: 4 Langkah Jitu Membangun Blog dengan Optimasi SEO

     4. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosikan Blog Anda

Memanfaatkan media sosial

Selain mengembangkan teknik SEO, memanfaatkan media sosial juga dapat membantu meningkatkan jumlah pembaca blog Anda. Mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, YouTube dan sebagainya. Manfaatkan followers Anda untuk mengkampanyekan tulisan blog Anda agar mereka tertarik membaca. Tentunya selain praktis, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai fitur pemasangan iklan seperti Instagram atau Facebook Ads.

      5. Lakukan Monetisasi Secara Maksimal

Monetisasi Blog

Nah, setelah Anda sudah menerapkan langkah-langkah yang telah disebutkan, terakhir adalah Anda bisa mulai untuk monetisasi blog agar bisa menghasilkan uang. Cara dalam monetisasi blog pun ada beberapa macam, berikut ini adalah contohnya:

  • Google AdSense

Google Adsense merupakan sebuah layanan periklanan yang dimiliki oleh raksasa internet yaitu Google, dan telah banyak digunakan oleh para pemilik website atau publisher untuk beriklan. Di samping Google Ads, Google juga memfasilitasi layanan lain yang disebut Adwords. Yang membedakan adalah Adwords menawarkan layanan untuk Anda yang ingin membeli iklan. Sedangkan publisher dapat menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan pada blog mereka dari layanan Adsense. 

Langkah pertama, Anda perlu meletakkan kode Adsense pada website atau blog Anda. Pengiklan atau Advertiser akan melakukan penawaran untuk iklan, kemudian penawaran harga terbesar akan ditampilkan pada situs Anda. Maka setelahnya Anda akan memperoleh bayaran setiap kali pengunjung blog meng-klik iklan Anda. Umumnya setiap satu kali klik dikenakan biaya mulai dari $0.1 hingga $5 tergantung dari negara, kompetitor antar pengiklan dan pembahasan konten. Misalnya, bila membandingkan website yang menjual produk elektronik dengan website penjual pakaian anak, maka jelas saja biaya iklan website produk elektronik akan lebih tinggi dibanding website penjual pakaian anak. 

  • Endorsement

Strategi lainnya yang bisa Anda terapkan untuk memperoleh penghasilan dari blog, adalah menjadi endorser. Biasanya endorser menciptakan berbagai macam jenis konten mulai dari menulis review produk, unboxing dan lain-lain. Nah, untuk mendapatkan penawaran endorse dari perusahaan, yang perlu Anda terapkan adalah meningkatkan kualitas blog Anda. Jika sudah demikian, maka tak sedikit berbagai perusahaan akan menghubungi Anda untuk memakai jasa Anda sebagai endorser. 

  • Afiliasi Blog

Program afiliasi, menjadi salah satu strategi yang bisa Anda terapkan untuk bisa mendapatkan uang dari blog pribadi. Program ini membantu Anda untuk memperoleh komisi setiap kali ada pengunjung blog yang melakukan pembelian melalui link ataupun banner afiliasi. Untuk komisi yang diperoleh akan berbeda dari masing-masing perusahaan. Ada yang menjaminkan komisi sebesar 25%, 50% hingga 70%. 

  • Jasa Menulis dan Webinar

Jika rasanya Anda masih merasa kesulitan untuk memperoleh uang dengan cara program afiliasi atau endorsement, maka langkah lain yang bisa dipilih adalah menawarkan jasa menulis kepada para pembaca blog Anda. Tak menutup kemungkinan Anda juga bisa menawarkan jasa lainnya seperti membuat desain grafis, membuat website dan sebagainya. Bahkan, jika nama blog Anda sudah cukup familiar di banyak kalangan, Anda juga bisa menawarkan jasa webinar ke para pengunjung. Dengan begitu, ilmu Anda pun tak hanya semakin terasah, tapi juga menghasilkan uang dalam waktu yang bersamaan. Menarik, kan?

Baca juga: 6 Cara Ampuh Meningkatkan Referral Traffic dan Leads

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top