Bisnis

6 Cara Ampuh Meningkatkan Referral Traffic dan Leads

Dalam menjalankan bisnis online meningkatkan referral traffic dan mendapatkan banyak leads tentu saja menjadi tujuan utama para setiap marketer. Untuk mencapai hal tersebut ada beberapa macam taktik yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan itu, termasuk menggunakan search engine optimization (SEO), iklan pay per click (PPC), blogging, social media marketing, dan masih banyak lagi.

Tahukan Anda jika beberapa taktik yang disebutkan tadi salah satunya seperti, SEO membutuhkan waktu, sementara menggunakan PPC harus mengeluarkan biaya yang mahal, Google akan menjenuhkan karena terlalu banyak content blog, dan social media selalu bermasalah dalam membuktikan ROI. Namun jangan khawatir, Anda masih dapat menggunakan taktik yang lain yang dapat berpotensi memberikan efek yang besar, yaitu referral traffic.

Dilansir dari digital marketer yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Referral Traffic?

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui apa itu referral traffic, referral traffic adalah pengunjung yang datang ke situs website Anda karena dari website lain. Ketika seseorang mengklik sebuah link pada website atau jaringan social media dan membawa mereka ke situs web lain, software tracking seperti Google Analytics menghitung pengunjung sebagai referral traffic. Website asal disebut sebagai “referrer” karena mengarahkan traffic dari satu website ke website lain.

Baca juga: Mengenal Google Analytics untuk Strategi Digital Marketing Anda

Mengapa Referral Traffic Itu Penting?

Referral traffic sangat penting untuk inbound marketer, karena hal ini berpotensi untuk mengirimkan pengunjung berkualitas ke website Anda dari situs website lain yang terpercaya.

Untuk meningkatkan referral traffic dan mendapatkan leads lebih banyak Anda dapat melakukannya dengan 6 cara sebagai berikut.

     1. Dipublikasikan pada Review Website

news.indotrading.com

news.indotrading.com

Untuk meningkatkan referral traffic langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menggunakan review website. Karena hal ini merupakan sumber yang sangat berpotensi untuk mendapatkan referral traffic. Dalam review website pengunjung di sini telah melalui tahap awareness dan consideration pada buyer journey. Sekarang mereka telah sampai pada tahap mengambil keputusan dan pastinya mereka akan membandingkan vendor atau produk.

Inilah waktu yang tepat untuk menunjukkan produk atau service Anda di hadapan mereka agar masuk menjadi pertimbangan pilihan mereka.

     2. Publikasi Guest Blog Post

news.indotrading.com

news.indotrading.com

Langkah yang kedua adalah guest blog spot, yaitu menciptakan banyak kesempatan untuk meningkatkan referral traffic dan mendapatkan leads ke website Anda. Kalau Anda dapat menampilkan postingan pada website yang dikenal dalam bidang industrinya, maka Anda bisa memperoleh benefit dalam meningkatkan traffic referral dan mendapatkan leads serta menghubungkannya ke website Anda. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan sekarang adalah fokus pada website-website yang memang merupakan situs yang terdepan dalam bidang industri Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Membaca Data di Google Analytics? Berikut Penjelasannya

     3. Dampak Social Media

news.indotrading.com

news.indotrading.com

Sebuah laporan menunjukkan, 89% dari marketer menyatakan bahwa social media menghasilkan lebih banyak perhatian untuk bisnis mereka. Selain itu, 75% menemukan bahwa traffic website meningkat dikarenakan upaya mereka di social media. Facebook, Twitter, LinkedIn, YouTube, Google+, Instagram, dan Pinterest ada 7 platform social media teratas yang digunakan marketer.

Ya, aktif dalam social media bukan hanya menjadi sekedar trend semata, tetapi juga sudah menjadi sebuah taktik yang bagi para marketer untuk memperoleh lebih banyak traffic, leads, dan penjualan.

     4. Memberi Komentar pada Blog

news.indotrading.com

news.indotrading.com

Menurut Neil Patel, kurang lebih 240 komentar pada sebuah blog menghasilkan 4000 pengunjung untuk mampir ke websitenya. Memberikan komentar pada blog akan meningkatkan referral traffic dan mendapatkan leads, hanya saja Anda harus memastikan untuk tidak memenuhinya dengan spam.

     5. Menjadi Aktif pada Forum Diskusi Bisnis Anda

news.indotrading.com

news.indotrading.com

Langkah yang kelima adalah aktif pada forum diskusi bisnis Anda. Mirip dengan memberikan komentar pada blog, Anda harus fokus pada forum dalam niche Anda dan cobalah untuk selalu menambahkan value tanpa terdengar sedang melakukan kegiatan promosi.

      6. Gunakan Infografik

news.indotrading.com

news.indotrading.com

Langkah yang terakhir adalah dengan menggunakan infografik. Sekitar 37% dari marketer memilih visual sebagai unsur terpenting dalam menyajikan content bisnis mereka.

Alasannya sangat simpel. Manusia memiliki rentang perhatian lebih pendek daripada ikan mas dan lebih mudah bagi otak untuk mengkonsumsi gambar dibandingkan sekumpulan teks. Hal ini dapat dibuktikan dengan postingan gambar hewan peliharaan jauh lebih banyak mendapat like, share dan komentar dibandingkan dengan 100 halaman laporan industri.

Itulah 6 langkah untuk meningkatkan referral traffic dan mendapatkan banyak leads bagi bisnis online Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top