Digital Marketing

4 Langkah Jitu Membangun Blog dengan Optimasi SEO

Seperti yang rekan indopreneurs ketahui, blog merupakan salah satu produk media online yang berfungsi sebagai curahan hati atau aktualisasi diri. Akan tetapi, jika rekan indopreneurs serius mengelola blog, bukan tak mungkin blog tersebut akan mendatangkan keuntungan suatu hari nanti. 

Semakin hari, semakin banyak orang yang terjun ke dunia blogging. Sebagian dari mereka menjadikan kegiatan menulis di blog hanya karena ingin mencurahkan isi hati, membagikan informasi, ide, dan gagasan, berbisnis, atau membuktikan eksistensi diri. Sayangnya, tulisan-tulisan di blog tersebut tidak dibarengi dengan strategi agar tulisan tersebut mampu menjaring banyak pengunjung.

Sementara itu, perkembangan jumlah blogger di Indonesia dari tahun ke tahun pun mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Puncaknya terjadi pada bulan Mei 2011 dengan dideklarasikannya ASEAN Blogger Community yang bertujuan sebagai wadah blogger ASEAN untuk saling berbagi informasi, diskusi, dan saling menyalurkan aspirasi terkait hal yang berhubungan dengan 3 pilar, yakni politik keamanan, ekonomi, dan sosial budaya yang terjadi di ASEAN.

Banyaknya blogger yang bertebaran di dunia maya tersebut membuat ‘persaingan’ dalam dunia online menjadi semakin sengit. Hal ini tentunya menuntut para blogger untuk tidak hanya mahir menulis, namun juga piawai dalam menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) agar lebih bersahabat dengan Google sehingga lebih banyak menarik pengunjung. Berikut ini merupakan langkah jitu untuk membangun blog dengan optimasi SEO:

Melakukan riset kata kunci

Gambar 765

Salah satu aspek penting sebelum Anda memulai kegiatan menulis adalah pemilihan nama produk, perusahaan, artikel, atau hal lainnya yang dapat dengan mudah ditemukan pada mesin pencari. Riset kata kunci merupakan teknik mencari tahu kata kunci apa yang biasa diketik oleh orang-orang ketika mencari sesuatu di mesin pencari.

Selain berfungsi untuk mengetahui kata kunci apa saja yang biasa digunakan oleh pengguna mesin pencari, riset kata kunci juga berguna untuk menentukan kata kunci apa yang harus dipilih agar mampu mendapatkan banyak pengunjung blog atau website dari mesin pencari.Sebagai contoh, orang yang mempunyai bisnis menjual suplemen penggemuk badan akan menggunakan kata kunci seperti jual suplemen, suplemen berkualitas, atau penggemuk badan.

Memahami 3 proses kerja Google Search Engine

Gambar 766

Ketiga kunci proses kerja Google tersebut diantaranya perayapan (Crawling), pengindeks-an (Indexing), dan menyajikan hasil pencarian (Serving/Delivering). Pada 3 proses ini, mesin pencari google menyaring segala sesuatu informasi yang relevan dengan keyword yang dicari. Informasi yang relevan diproses oleh Google tidak hanya dari struktur yang ada di halaman website seperti a (link), head, body, meta, tittle, img (gambar), dan lain sebagainya, namun juga dari atribut-atribut seperti alt, rel, href bahkan CSS dan javascript. Oleh karena itu, komponen-komponen tersebut haruslah mengandung kata kunci yang telah ditentukan.

Fokus pada penciptaan dan penyajian konten yang berkualitas

Gambar 768

Tak bisa dipungkiri bahwa tampilan dan struktur navigasi pada suatu blog adalah hal penting. Warna, logo, bentuk huruf, dan desain yang bagus membuat situs terlihat lebih menarik. Hal penting lainnya yakni teknologi yang tepat seperti sistem manajemen konten yang dapat membuat situs lebih mudah untuk diperbaharui. Namun, hal terpenting dari semuanya ialah konten, khususnya bagaimana konten tersebut diorganisir dan bagaimana konten mampu mempengaruhi para pembaca untuk melakukan tindakan.

Dengan sebuah cara yang komprehensif, konsisten, dan menarik, situs blog yang kaya konten akan menciptakan ciri khas online organisasi Anda dalam menyenangkan, menghibur dan yang terpenting mampu menginspirasi kepada setiap pengunjung situs blog Anda.

Menyebar konten secara luas dan tepat dengan berburu backlink

Gambar 769

Agar semakin luas dampak dari konten suatu blog maka konten tersebut harus bisa diakses oleh oleh banyak orang. Baik dari sisi kuantitas penyebaran konten maupun kualitas media yang tepat, diyakini menjadi strategi yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Secara garis besar, SEO harus dipadukan dengan kekuatan isi tulisan. Ketika isi tulisan yang berkualitas tinggi didukung oleh SEO yang handal, ketika itu juga kesuksesan blog atau website akan bersinar terang benderang. Lampu keberhasilan Anda sebagai blogger akan memberi cahaya tersendiri pada dunia online. SEO dan isi adalah dua kekuatan besar yang harus disinergikan agar mampu menjadi blogger yang berkompeten dan bermanfaat bagi khalayak banyak.

Artikel ini ditulis oleh Rahadi Catur Yuwono, M.M.(Internet Marketing Expertise, Executive Development Service PPM Manajemen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top