Insight

Wajib Tahu! 10 Skill yang Banyak Dibutuhkan di Tahun 2021

skill yang dibutuhkan

Tidak dapat dipungkiri bahwa skill atau keterampilan merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki seseorang. Hal ini karena skill yang dikuasai seseorang akan sangat dibutuhkan untuk memulai usaha atau bekerja, baik penuh waktu maupun paruh waktu.

Penguasaan skill yang baik dan mumpuni terhadap suatu bidang akan menunjukkan kualitas diri seseorang. Terlebih jika Anda seorang pekerja freelance maka menguasai skill yang sedang banyak dibutuhkan adalah hal wajib yang harus Anda lakukan.

10 Skill yang Dibutuhkan oleh Banyak Perusahaan 2021

Mengingat kondisi pandemi yang menimpa Indonesia saat ini, banyak sekali perusahaan yang mengalihkan usahanya dalam bentuk online. Oleh karena itu, banyak orang yang membutuhkan pekerja yang ahli dalam bidang digital, baik itu desain grafis, web developer, UI/UX design, sosial media marketing, SEO specialist, copywriting, penulis artikel, digital marketing, video production, public speaking, dan sebagainya.

Development (Web, Mobile, Software)

Profesi development yang ahli dalam bidang web, mobile, dan software memang sangat dibutuhkan di zaman yang serba online ini. Perusahaan telah banyak beralih untuk melakukan manajemen perusahaan yang terintegrasi oleh sistem.

Hal ini menyebabkan meningkatnya kebutuhan dalam pembuatan aplikasi maupun website perusahaan. Selain itu, profesi ini juga menawarkan gaji yang terbilang besar sehingga bisa Anda jadikan salah satu profesi yang cukup menjanjikan.

Untuk menguasai skill yang satu ini, Anda bisa memulainya dengan mengikuti kursus, baik online maupun offline. Selain itu, saat ini juga banyak tersedia website dan aplikasi yang menyediakan kursus pemrograman gratis, seperti Coursera, Github, Codecademy, Udemy, aplikasi web development, dan sebagainya.

Content Writing dan Copywriting

Profesi kepenulisan, seperti penulis konten maupun copywriting juga banyak dibutuhkan saat ini. Banyak orang memulai bisnis mereka dengan membuat website, hal ini tentunya membutuhkan skill kepenulisan yang baik agar website tersebut menjadi berkualitas dan disukai banyak orang.

Namun kebanyakan dari mereka tidak mempunyai banyak waktu untuk mengoptimasi website mereka, sehingga membutuhkan penulis untuk mengisi kontennya. Nilai plus-nya jika sebagai penulis Anda juga menguasai SEO (Search Engine Optimization) sehingga konten yang Anda kerjakan dapat muncul di halaman pertama mesin pencari.

Untuk belajar content writing dan copywriting, Anda bisa memulainya dengan mengikuti kursus kepenulisan blog dan copywriting yang banyak beredar di media sosial. Perhatikan juga lembaga pelaksananya sebelum Anda mendaftar.

Selain itu, Anda juga bisa belajar melalui website seperti copyblogger.com, copywriting.com, business casual copywriting.com, goinswriter.com, marketingwords.com, dan lain sebagainya. Selain melatih skill kepenulisan, melalui website tersebut Anda juga bisa sekaligus belajar bahasa Inggris.

Desain Grafis

Profesi desain grafis juga banyak dibutuhkan di masa pandemi ini. Banyak orang melakukan penjualan melalui akun media sosial mereka. Hal ini juga membutuhkan skill desain grafis untuk mempercantik tampilan media sosial.

Selain itu, banyak perusahaan yang juga membutuhkan jasa desain grafis untuk mendesain produk mereka, seperti kaos, baju, membuat brosur, logo, poster maupun kartu nama.

Untuk mempelajari skill desain grafis Anda bisa memulainya dengan melihat tutorial desain di youtube, mengikuti kursus desain grafis, maupun melalui website yang menyediakan belajar desain grafis secara gratis, seperti CreativeLife, Creative Pro, Alison Online, Udemy, Envato, Coursera, dan sebagainya.

Sosial Media Marketing

Sosial media marketing merupakan salah satu skill penting yang banyak dibutuhkan saat ini. Hal ini mengingat semakin banyak orang beralih melakukan penjualan secara online dengan menggunakan e-commerce dan media sosial untuk melakukan pemasaran produk.

Oleh karena itu kemampuan digital marketing sangat diperlukan untuk meningkatkan penjualan. Keahlian pemasaran media sosial, seperti facebook ads, instagram marketing, google ads, dan admin sosial media kini telah menjadi skill yang dicari-cari perusahaan.

Untuk mempelajari skill digital marketing seperti ini, Anda bisa memulainya dengan mengikuti kursus online digital marketing gratis, seperti Google Digital Garage, Google Analytics Academy,  HubSpot Academy Free Inbound Marketing Certification, Wordstream PPC University, Kursus online digital marketing Social Media Quickstarter, dan sebagainya.

Baca juga : Teknik SEO Diterapkan pada Instagram, Apa Benar Bisa?

Bahasa Inggris

Skill bahasa menjadi salah satu keterampilan yang banyak dibutuhkan saat ini, terutama bahasa Inggris. Jika Anda menguasai skill yang satu ini, Anda bisa menjadi penerjemah maupun penulis konten berbahasa Inggris yang kini semakin marak dicari. Selain itu, Anda juga bisa mengisi suara dengan menjadi voice over bahasa Inggris.

Gaji yang ditawarkan, baik sebagai penerjemah, penulis konten bahasa Inggris maupun voice over juga lumayan besar dibandingkan dengan pekerjaan sejenis yang berbahasa Indonesia. Bahkan jika Anda sudah sangat menguasai bahasa Inggris, Anda juga bisa mulai membuka kursus bahasa maupun menjadi tutor bimbingan belajar.

Untuk mempelajari skill bahasa Inggris, Anda bisa memulainya dengan mengikuti kursus gratis melalui website atau aplikasi, seperti Duolingo, FutureLearn, Cambridge English Online, British Council, English Grammar, dan sebagainya.

Video Production

Skill pembuatan video, mengedit konten video, video animasi, video profil perusahaan dan sejenisnya juga banyak dibutuhkan saat ini. Gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan ini juga lumayan besar tergantung kesulitan dan lama durasi.

Anda bisa memulai belajar skill ini dengan mengikuti kursus online gratis melalui situs belajar edit video, seperti PremiumBeat Blog, RocketStock Blog, Larry Jordan, Wistia Blog, YouTube dan Vimeo, dan sebagainya.

Public Speaking

Kemampuan public speaking merupakan salah satu skill penting yang wajib dimiliki setiap orang. Kemampuan public speaking akan sangat dibutuhkan dalam bekerja, baik dalam kegiatan negosiasi, pemasaran maupun penyampaian pendapat di depan umum. Anda juga perlu skill ini jika ingin menjadi seorang youtuber atau sejenisnya.

Untuk belajar public speaking Anda bisa memulainya dengan mengikuti kursus ataupun seminar online public speaking. Selain itu, Anda juga bisa belajar public speaking melalui Youtube maupun dengan cara masuk komunitas public speaking, seperti Komunitas Rumah MC, dan sejenisnya.

SEO Specialist

Semakin banyaknya orang yang menggunakan website, menyebabkan skill SEO ini menjadi salah satu skill yang banyak dicari. Hal ini karena setiap orang pasti ingin agar websitenya selalu muncul dihalaman atas mesin pencari dan terindeks dengan baik.

Jika website berhasil tampil dihalaman atas atau halaman pertama mesin pencari, maka trafik website tersebut juga semakin tinggi sehingga akan sangat menguntungkan. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang membutuhkan SEO specialist untuk mengoptimasi website mereka. Anda bisa mempelajari skill SEO ini dengan mengikuti kursus online, seperti Belajar SEO di Skill Academy Ruangguru, maupun melalui jasa kursus online lainnya.

Artificial Intelligence (AI)

Banyak perusahaan membutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang Artificial Intelligence untuk membantu berkembangnya bisnis mereka. Skill yang berkaitan dengan pengenalan suara, gambar dan wajah ini menjadi salah satu skill yang banyak dicari.

Selain itu, peluang mendapatkan pekerjaan ini juga lebih besar karena masih sedikit yang menguasainya.  Anda bisa memulai mempelajari skill Artificial Intelligence secara gratis melalui situs-situs penyedia kursus online Al dan Machine Learning, seperti EdX, Audacity, dan sebagainya.

 Content Creator

Semakin meningkatnya penggunaan internet dan media sosial untuk kegiatan pemasaran menyebabkan tingginya kebutuhan akan pembuatan konten yang menarik, baik berupa tulisan, audio, maupun video. Oleh karena itu, skill yang menuntut kreativitas ini telah menjadi salah satu kemampuan yang banyak dicari.

Anda bisa belajar menjadi content creator melalui Youtube Creator Academy, ataupun dengan cara mengikuti kursus online pembuatan, editing dan optimasi konten.

To Top