Tips Bisnis

Belum Punya Pengalaman Bisnis Food Truck? Begini Tipsnya

bisnis food truck

Bisnis Food Truck adalah bisnis yang sangat populer di kalangan anak muda pada zaman sekarang, Terlebih jika bisnis tersebut berhubungan dengan makanan, yang dimaana makanan adalah kebutuhan pokok semua manusia. Menjalankan bisnis ini juga sangat tidak pernah menemukan kepunahannya karena pastinya akan kedatangan pelanggan secara terus menerus.

Untuk bersaing, sebaiknya pembisnis food truck harus terus melakukan perubahan kearah yang baru atau berinovasi mengikuti trend masa kini. salah satu trend masa kini adalah menyajikkan tempat yang di design unik, makanan dengan cita rasa yang enak dan pastinya unik, dan memiliki pelayanan yang ramah. Kendaraan yang dipakai untuk berjualan tentunya harus memiliki design yang juga menarik dan pastinya bersih untuk dipandang.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Oven Terbaik untuk Bisnis Kuliner

Tips Membuka Bisnis Food Truck

Tips membuka Bisnis Food Truck juga harus bisa menyeimbangkan ide-ide menarik dan mengolah keuangan untuk hal yang lebih baik dan pastinya untuk yang diutamakan terlebih dahulu.

Dengan membuka nya bisnis ini, tidak cukup dan tidak berhenti mengikuti satu trend saja, karena akan ada terus perubahan trend seiring ide dan kreatifitas terus berjalan. Ciptakanlah sesuatu yang baru dan belum pernah ditemui dimanapun.

Makanan

Memikirkan makanan atau minuman apa yang akan kamu jual nantinya merupakan hal terpenting sebelum kamu membuka bisnis ini. Kamu bisa mencoba terlebih dahulu lalu minta pendapat dari keluarga atau teman terdekat mengenai rasa pada makanan atau minuman tersebut.

Tentunya bahan yang akan kamu jadikan sebagai makanan atau minuman tersebut harus aman untuk dikonsumsi atau layak dimakan.

Untuk penggunaan food truck sendiri biasanya menjual makanan dan minuman yang cepat saji untuk menghemat waktu dan tempatnya yang cukup terbatas. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk bisnis kuliner kamu bisa menambahkan perlengkapan lain diluar jika kendaraan yang kamu pakai kurang lebar atau kurang cukup.

Memperhatikan makanan adalah hal yang sangat penting, contohnya makanan tersebut terlihat menarik dan bersih pun sudah cukup layak untuk dimakan.

Anda bisa menemukan supplier peralatan makanan disini

Kendaraan

Kendaraan juga merupakan hal penting yang bisa kamu pikirkan sebelum kamu membuka bisnis food truck seperti itu. Kamu harus bisa menyesuaikan jenis jualan kamu dengan kendaraan yang akan kamu pakai nantinya.

Sekiranya jika kamu hanya berjualan yang tidak terlalu ribet atau hanya simple, sebaiknya gunakanlah truck food yang kecil saja. Tetapi jika kamu akan membutuhkan space yang besar untuk menggoreng atau memasak, sebaiknya kamu menyiap food truck yang cukup besar.

Kami menyiapkan kebutuhan anda untuk membuka bisnis ini, dari mulai pemanggang, mesin penggorengan, mesin pemanas, dan masih banyak lagi. Kamu bisa melihat di website kami untuk informasi lebih lanjut dan produk lebih lengkap. Kami menyiapkan penawaran terbaik untuk kamu yang akan membuat permintaan beli secepatnya.

Design Kendaraan

Design tempat dan kendaraan sebaiknya kamu meminta saran atau meminta tolong kepada ahli dibidangnya. Sebab design merupakan satu yang akan menjadi ketertarikan pelanggan selain dari makanan. Design yang menarik dan keren tidak perlu terlalu mewah, design sederhana tetapi unik juga akan dijadikan tempat pelanggan untuk mampir.

Design yang akan kamu pakai sebaiknya harus di teliti terlebih dahulu, untuk menghindari plagiat atau mengikuti lapak sebelah.

Tambahan aksesoris pada kendaraan yang bisa kamu dapatkan di Indotranding dengan menawarkan berbagai macam aksesoris menarik seperti lampu, hiasan, dan lain-lain dari 80.000 lebih supplier.

Hal itu juga biasanya akan lebih menarik dan mendatangkan pelanggan untuk membeli. Tidak lupa juga design harus disesuaikan dengan tipe makanan atau minuman yang kamu jual nantinya.

Tempat Berjualan

Tempat berjualan juga harus membutuhkan penglihatan yang jeli, apakah tempat tersebut strategis atau tidak, ramai atau tidak, aman atau tidak, dan sebagainya.

Tempat merupakan pengaruh yang besar terhadap kelancaran usahamu tersebut. Walaupun makanan atau bisnis frozen food kamu enak tetapi tempat tersebut susah untuk ditempuh pastinya bisnismu juga akan sepi.

Semakin ramai tempat tersebut, peluang bisnis mu laris manis akan semakin besar pula. Carilah tempat yang sekiranya dikelilingi oleh hunian rumah, lalu bisa ditengah kota.

Selanjutnya bisa kamu cari yang memang tempat tersebut pusat jajanan atau berjualan makanan. Pintar-pintarlah membaca situasi dan kondisi pada suatu tempat untuk menentukan tempat kamu untuk berjualan.

Perizinan

Perizinan juga selalu diperlukan untuk kamu yang akan mendirikan usaha dimanapun tempat kamu berada. Bisa disebut sebagai sewa atau layaknya mendirikan sebuah bangunan. Dibutuhkan surat atau semacam sertifikat bahwa tempat yang akan kamu pakai nantinya bukan tanah ilegal dan bukan tempat sembarangan.

Jika perizinan belum begitu jelas, sebaiknya kamu coba untuk menghubungi atau bertanya kepada RT setempat untuk menanyakan keberadaan tempat tersebut. Hal tersebut dilakukan agar selama kamu berjualan, kamu jauh dari masalah dan tidak berakibat yang berkepanjangan.

Jika izin sudah beres dan tuntas serta sekiranya sudah aman, silahkan kamu membuka bisnis food truck kamu dengan tetap menjaga etika berjualan.

Sumber Bahan Dasar

Sumber bahan dasar untuk membuat makanan atau minuman haruslah dicari dengan tepat, agar kamu bisa selalu menemukan bahan tersebut dan tidak terjadi kekosongan.

Dengan hal tersebut bisa dipastikan kamu akan terus membuka usaha dengan ketenangan bahwa bahan dasar yang ada terus. Biasanya juga kalau kamu sudah berlangganan dengan satu penjual bahan dasar kamu, kamu akan menemukan harga yang sudah cocok dan bisa mendapatkan harga yang murah.

Promosi

Promosi merupakan hal terpenting yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi makanan media sosial pada zaman sekarang. Kamu bisa meminta tolong kepada teman kamu untuk menyebarluaskan jualan kamu yang akan seperti apa, dimana, dan jam operasionalnya. Kamu juga bisa mengkreasikan promosi bisnis cloud kitchen dengan berupa foto atau bahkan pembuatan video dengan menarik.

Baca Juga : Ragam Jenis Mesin Makanan, Mana yang Anda Butuhkan?

Konsep Membuka Bisnis Food Truck

Konsep membuka bisnis food truck biasanya untuk berbisnis kuliner semacam makanan atau minuman. Kreatifitas dan segala ide yang harus dikembangkan secara matang untuk membuka bisnis ini agar mendatangkan banyak pelanggan dan yang terpenting adalah jangan sampai membuat kerugian. Bisnis ini sangat populer dimasa sekarang khususnya di bagian anak muda untuk lebih bisa berkembang.

Beragam makanan dan minuman dengan trobosan terbaru menciptakan dan membuat nama makanan menjadi unik. Terus mencipatakan menu baru dan rasa yang terus dikembangkan, hal itu digunakan agar orang terus bisa berselera dalam memakan makanan jualan kamu nantinya.

Tidak menutup kemungkinan setiap orang mempunyai rasa bosan dan kehilangan selera makanan jika makanan yang dimakan hanya itu-itu saja.

Maka dari itu pebisnis makanan harus mengetahui terlebih dahulu resiko nya yaitu terus mengembangkan ide dan kreatifitas terkait makanan atau minuman yang baru.

Food truck merupakan jenis usaha yang bergerak dibidang makanan atau minuman yang berjalan di atas kendaraan. Apapun itu macamnya, seperti menyajikan makanan, membuat makanan, memasak, dan melakukan transaksi jual belinya di kendaraan tersebut.

Food truck merupakan trend masa kini yang sangat disukai oleh anak muda. Food truck lebih terkenal dan berkembang di berbagai kota besar yang biasanya pembeli berasal dari kalangan anak muda yang gaul.

Awalnya food truck ini berkembang di luar negeri dan ternyata Indonesia mengikuti dan ada zaman dimana membuka usaha di atas kendaraan dan dinamakan bisnis food truck.

Bisnis food truck lebih terkenal si sudut-sudut kota untuk memanjakan lidah penikmat dan suka kuliner. Hal ini menjadi pilihan alternatif untuk kamu bisa mencicipi makanan yang unik dan rasa yang enak. Konsep yang dibuat untuk mendirikan food truck juga harus dipikirkan dengan matang.

Contohnya saja, untuk pemilihan kendaraan. Kendaraan harus unik, di design sedemikian rupa bisa memanjakan mata para penikmat kuliner dan bisa dijadikan tempat selfie atau foto bersama teman ataupun keluarga.

Lalu jika kamu memiliki tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat nongkrong atau tempat berkumpul, sebaiknya design lah tempat tersebut agar menjadi keren dan tentunya harus bersih dari kotoran.

Selain design tempat dan kendaraan, sebaiknya kamu juga harus menyiapkan pelayanan yang baik dan ramah, agar pelanggan bisa menikmati dan membawa enjoy. Tempat yang kamu buka tersebut bisa dijadikan sebagai pembawa positif. Pelayanan yang ramah dan membuat orang selalu ceria dan bahagia.

Kamu juga bisa membuka jam operasional kamu disesuaikan dengan ramai nya pengunjung yang akan datang. Jika kamu memiliki jam ramai diatas jam 7 malam, kamu bisa buka bisnis kamu di jam 5 sore atau dua jam sebelum jam buka.

Lalu kamu juga tidak boleh mempersingkat waktu, contohnya jika pelanggan kamu sangat ramai, tetapi kamu hanya buka hingga jam 5 sore saja atau waktu yang kurang pas.

Lihat juga seberapa besar dan seberapa banyak kamu harus menyiapkan bahan untuk membuat makanan dan minuman untuk sehari kamu berjualan.

Jangan sampai bahan yang kamu beli untuk sehari berjualan tersisa dan menimbulkan akan dijual kembali untuk keesokan harinya. Sebaiknya untuk berjualan hari itu, gunakanlah bahan yang dibeli di hari itu juga.

Hal itu bisa menjaga cita rasa makanan atau minumana kamu untuk tetap terjaga dan terasa segar setiap harinya. Untuk menhindari kerugian juga kamu harus memperkirakan pada saat pembelian bahan dasar, jadi kamu tidak kehilangan uang untuk bahan dasar yang tidak akan bisa terpakai di keesokan harinya kembali.

Pebisnis food truck biasanya memiliki perkumpulan yang digunakan untuk sharing permasalahan dan bisa di diskusikan dengan santai dan secara bersama.

Untuk menjalankan setiap bisnis pastinya dibutuhkan komitmen yang sangat kuat agar kamu bisa bertahan dan terus bersemangat dalam membuka bisnis food truck setiap harinya. Kerja keras tidak akan pernah menghianati hasil akhir untuk sebuah pebisnis.

Jadi bisnis apapun yang akan dijalankan harus berasal dari niat, lalu komitmen dengan diri sendiri. Tetap menjaga kesehatan tubuh dan tidak lupa untuk selalu berdoa kepada tuhan agar diberikan kelancaran rezeki.

Setelah membaca, apakah kamu tertarik untuk membuka Bisnis Food Truck? Jangan ragu, segera buat permintaan beli di kami untuk melengkapi alat-alat memasak bahkan perlengkapan aksesoris untuk mendesign tempat dan kendaraan yang akan kamu pakai. Penawaran menarik untuk kamu!

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top