Insight

10 Rekomendasi Oven Terbaik untuk Bisnis Kuliner

rekomendasi oven terbaik

Bisnis bakery atau pastry saat ini mulai marak di berbagai kota seluruh Indonesia. Selain laris sebagai camilan, bisnis kue atau roti juga laris ketika hajatan atau acara kantor. Dalam bisnis ini, peralatan yang penting dan selalu digunakan salah satunya adalah oven.

Oven merupakan alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, pastry, dan beberapa jenis makanan lainnya. Oven yang digunakan untuk usaha rumahan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan industri rumahan, baik dari segi fitur maupun kapasitasnya. Begitu banyak jenis dan merek yang memiliki keunggulan masing-masing bisa membuat pebisnis bakery pemula bingung memilih.

Jika Anda sedang mempertimbangkan oven untuk perlengkapan usaha kuliner rumahan, yuk cek 10 rekomendasi oven terbaik versi Indotrading.com berikut ini untuk Anda jadikan sebagai referensi!

1. Oven Pizza POV-YFP10H

Dari namanya sudah jelas, mesin oven ini memang diperuntukkan khusus untuk membuat pizza. Ya, untuk membuat pizza matang secara merata, Anda bisa menggunakan mesin oven pizza POV-YFP10H yang satu ini, lho! Kenapa? Sebab, mesin oven ini dilengkapi dengan sistem pengapian atas dan pengatur suhu otomatis, serta dilengkapi dengan alas yang terbuat dari batu sehingga semua jenis pizza yang Anda masak akan marang secara merata dan sempurna. Tak terlalu besar untuk ukuran industri, mesin oven ini hanya membutuhkan daya sebesar 100W atau 200V untuk beroperasi. 

2. Tomori Baking Oven TEO-11

Tomori Baking Oven TEO-11 merupakan oven yang sangat cocok digunakan untuk memanggang roti, kue, pizza, dan beberapa makanan lainnya. Oven series Tomori ini tersedia dalam berbagai model dan tipe dengan pilihan sumber tenaga dari gas dan listrik dan dibuat dari material SUS304 (food grade) yang aman untuk dipergunakan untuk makanan. 

Lantas, apa yang membuat Tomori Baking Oven lebih unggul dibandingkan dengan merek lain? Pertama, oven ini memiliki jumlah deck dan rak oven yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, oven ini cukup paripurna karena dilengkapi dengan kontrol temperatur yang mudah dioperasikan sehingga kegiatan memanggang kue menjadi lebih praktis dan efisien di rentang suhu antara 50 hingga 300 derajat celcius.

3. Mesin Oven Pengering 

Bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi oven terbaik untuk industri rumahan, maka Anda bisa memilih mesin oven pengering serbaguna ini. Oven ini bisa sekaligus dimanfaatkan untuk pemanas, pengering, dan penghangat. Mesin oven pengering ini disediakan dengan model 5 rak, 10 rak, dan 20 rak dengan desain 2 pintu. 

Mesin oven pengering ini paling cocok untuk usaha di bidang pertanian, kuliner, cake and bakery, hingga industri skala besar seperti industri roti, penghangat makanan, hingga penetas telur. Fungsi yang tidak kalah penting dari mesin oven ini adalah untuk pengering kerupuk, sepatu, tembakau, jagung, gabah, padi, hasil pertanian, cat, kemiri, ikan, biji-bijian, dan lain sebagainya.

Keunggulan dari mesin oven pengering ini adalah mengandalkan sumber energi dari kompor gas sehingga lebih cepat panas dibandingkan dengan jenis konvensional. Namun Anda tak perlu takut sebab, mesin oven industri ini sudah dilengkapi dengan timer digital dan display yang memungkinkan Anda memantau kinerja oven dengan cukup baik. Memang, secara tampilan, mesin ini hadir dalam ukuran yang cukup besar. Untuk model 10 rak memiliki dimensi 100x60x60 dengan berat 150 kg. Sedangkan untuk model 20 rak memiliki dimensi 200 x 60 x 160 dengan berat 250 kg. 

4. Mesin Oven Gas Combi Deck

Mesin Oven Combi Deck merupakan kombinasi 2 mesin sekaligus, yaitu sebagai proofer dan oven. Jika Anda belum tahu, mesin proofer merupakan mesin yang berfungsi untuk mengembangkan adonan roti sebelum dipanggang. Nah, dengan menggunakan mesin ini, Anda tidak perlu menggunakan mesin proofer dan mesin oven secara terpisah saat membuat roti. Cukup dengan satu mesin oven combi, pekerjaan Anda untuk mengembangkan berbagai adonan roti kemudian memangganya bisa diselesaikan hanya dengan satu mesin saja. Praktis, bukan?

Mesin oven berdimensi 131 x 82 x 152,5 cm ini dioperasikan dengan bahan bakar sedangkan untuk bagian proofernya ditenagai oleh energi listrik 900 watt. 

5. Fomac BOV-ARFF0H

Fomac BOV-ARFF0H merupakan rekomendasi oven terbaik untuk roti yang bisa dioperasikan secara otomatis. Penggunaan mesin ini juga cukup efisien karena dapat disusun secara per-rak. Mesin oven roti ini dilengkapi dengan sistem pengapian (atas dan bawah) sehingga membuat roti lebih panas secara merata. Selain itu, mesin ini juga ditunjang dengan fitur pengaturan suhu otomatis sehingga bisa disesuaikan dengan kisaran suhu yang Anda inginkan. Untuk mengoperasikan mesin oven ini, Anda hanya membutuhkan daya listrik sbesar 150 watt saja, lho! Hemat energi, ya!

6. Electrolux Oven

Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis rumahan dan membutuhkan oven yang praktis, jawabannya adalah Electrolux Oven. Ya, oven yang satu ini memang cocok digunakan untuk industri rumahan karena cukup mudah digunakan untuk memanggang, membakar, atau memanaskan makanan siap saji.

Bisa dibilang, oven dari Electrolux merupakan oven tercerdas di dunia karena ditunjang dengan fitur-fitur canggih yang jarang ditemui pada produk lain seperti fitur fast heat up, auto shut off, dan defrost. Itulah mengapa, oven ini termasuk dalam rekomendasi oven terbaik. Anda bisa memilih electrolux oven dengan tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

7. Maspion MOT-901 S

Oven yang satu ini banyak dipilih bukan hanya karena cocok untuk kegiatan industri rumahan saja, tetapi dinilai lebih praktis bagi mereka yang tidak punya waktu banyak untuk menyajikan makanan. Sebab, dengan memiliki Maspion MOT- 901 S, Anda bisa menghidangkan makanan dalam waktu lebih singkat. 

Mesin oven ini menggunakan energi listrik yang dapat bekerja dalam waktu 15 menit saja, sehingga cocok untuk Anda yang memerlukan penyajian cepat. Spesifikasi dari oven ini memiliki daya tampung sebanyak 9 L dan daya listrik 500 W. 

Kelengkapan dalam mesin terdapat rak pemanggang dan crumb tray. Keunggulan utama dari mesin oven ini adalah Anda dapat memanggang tanpa khawatir gosong karena oven sudah didukung pengatur waktu yang dilengkapi suara alarm saat makanan sudah matang dan siap untuk disajikan. 

8. Hock Oven Portable Aluminium No. 3 

Bagi Anda yang lebih suka dengan oven tangkring, maka sebaiknya memilih Hock Oven Portable Aluminium No. 3. Oven ini hadir dalam bobot yang cukup ringan dengan dimensi 38 x 34 x 42.5  cm. 

Hock Oven portable dilengkapi dengan putaran hawa yang sangat berguna untuk mengatasi masalah seperti terdapat bagian kue yang kurang atau belum kering saat dipanggang dalam oven. Anda hanya cukup membuka lubang hawa, maka hawa panas dari daerah sekitar dinding oven akan keluar dan pusat panas akan bergeser ke atas untuk mematangkan permukaan kue.

9. Kirin 35L

Kirin 35L KBO-350RA merupakan salah satu jenis rekomendasi oven terbaik bertenaga listrik yang cocok dipakai oleh para pemula dalam dunia baking. Mengapa? Sebab, oven berkapasitas rak mencapai 35 L ini disponsori oleh berbagai fitur pendukung yang membuat proses baking lebih mudah. Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah lampu indikator, pengatur suhu, pengatur elemen pemanas, dan 3 aksesori pemanggang.

Oven ini dilengkapi dengan knop pengatur temperatur suhu yang dapat diatur sampai 250 derajat celcius. Anda hanya perlu memutar knop searah jarum jam untuk meningkatkan suhu. Selain itu, Kirin 35L KBO-350RA dilengkapi dengan selector knob yang berguna untuk memilih pemanas yang ingin digunakan (pemanas atas, bawah, atau keduanya).

Mesin oven ini tersedia dengan 2 wire rack dan 1 baking tray yang dapat disesuaikan dengan jenis makanan yang ingin dibuat. Rack toaster di dalam oven terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan anti karat sehingga oven bisa lebih tahan lama meski dipakai dengan intensitas yang tinggi. 

10. Modena BO3630

Oven Modena BO3630 merupakan jenis oven yang menggunakan tenaga listrik (elektrik) khusus untuk pemanggangan roti. Bahan dari stainless steel menjadi keunggulan oven ini karena mudah menghantarkan panas dan tidak mudah berkarat. Oven ini hadir dengan desain pintu 3 lapis, 1 rak oven, dan 1 nampan. 

Fitur yang dimiliki oven Modena BO3630 yaitu kipas angin (fan) 8 multi fungsi, timer, dan pengatur suhu. Spesifikasi yang dimiliki antara lain memiliki kapasitas 36 liter dengan dimensi 59,5 x 61 x 59,5  cm, daya pemanas atas 1000 watt, daya pemanas bawah 1200 watt, dan daya pemanas belakang 2100 watt.

Baca juga: 10 Rekomendasi Ampere Meter Ini Tawarkan Tingkat Akurasi Tinggi!

Bagi Anda yang tertarik, tak perlu ragu! Dapatkan oven pilihan Anda dari supplier oven terbaik di Indotrading.com. Salam sukses!

To Top