Insight

Ragam Jenis Mesin Makanan, Mana yang Anda Butuhkan?

Apakah Anda termasuk salah satu yang ingin memulai usaha bisnis makanan, atau sedang menjalani usaha bisnis makanan sekarang ini? Simak pembahasan berikut mengenai ragam jenis mesin makanan yang dapat membantu melancarkan bisnis makanan Anda.

Anda juga bisa temukan berbagai jenis mesin makanan sesuai dengan kebutuhan Anda dengan harga serta kualitas terbaik dari supplier terpercaya di Indotrading!

Bisnis kuliner, khususnya makanan semakin menunjukan kemajuan pesatnya.  Terlebih saat pandemi seperti sekarang.  Semakin banyak bermunculan ide usaha makanan rumahan.

Namun, seringkali dalam proses produksi makanan tersebut, para pelaku usaha merasakan banyak tersita waktu mereka hanya untuk proses produksi, terlebih bagi mereka yang baru saja memulainya.

Untuk itu, demi melancarkan bisnis makanan dan juga menghemat waktu dalam proses produksinya, mesin makanan bisa menjadi alat bantu yang efektif dan efisien untuk para pelaku bisnis ini.

Mesin makanan hadir menjadi solusi untuk para pelaku bisnis makanan agar lebih efektif dan efisien dalam proses produksi produk makanan nya. Selain dapat menghemat waktu Anda pada proses produksi, Anda juga dapat menghemat tenaga serta SDM yang anda miliki.

Baca Juga : Belum Punya Pengalaman Bisnis Food Truck? Begini Tipsnya

Ragam Jenis Mesin Makanan

Ada banyak ragam jenis mesin makanan yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Ragam jenis mesin makanan tersebut diantaranya :

1. Mesin Pembuat Mie

Siapa yang tidak suka mie? Mie menjadi salah satu makanan favorite yang paling diminati di Indonesia. Terlebih jika target pasar Anda adalah kalangan anak muda.

Mesin pembuat mie ini sangat membantu dalam memproduksi mie dengan hasil maksimal dan dalam waktu pengerjaan yang lebih singkat dibandingkan dengan cara manual.

Ada banyak tipe mesin mie yang bisa Anda pilih. Mesin mie tipe Nod 200 dan Nod 300 merupakan tipe-tipe yang paling banyak dicari karena kualitas nya yang bagus yang bisa menghasilkan mie dengan ketebalan sempurna dengan kapasitas yang besar.

Mesin mie tipe Nod 200 dapat memproduksi mie ketebalan 2-6mm dengan kapasitas 20-25 kg/ jam. Sedang mesin mie tipe Nod 300 dapat memproduksi mie ketebalan diameter bulat 2-3mm dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 30-40kg / jam.

Anda bisa mendapatkan pembuat mie dari supplier terpercaya disini

2.Mesin Pembuat Bakso

Selain mie, bakso juga merupakan salah satu makanan favorit dan memiliki peminat yang besar di pasaran Indonesia.

Mesin pembuat bakso ini dapat menjadi alternative Anda untuk tetap menghasilkan bakso homemade yang berkualitas dengan waktu produksi yang singkat. Sehingga anda juga bisa membagi fokus kepada hal lain, tidak hanya sekedar membuat adonan bakso.

Mesin giling daging, mesin mixer bakso, mesin pencetak bakso merupakan satuan jenis mesin bakso yang perlu anda ketahui dan bedakan sebelum membeli mesin pembuat bakso.

Anda bisa mendapatkan mesin pembuat bakso dari supplier terpercaya disini

3. Mesin Deep Fryer

Mesin Deep Fryer adalah jenis mesin makanan lainnya yang bisa membantu melancarkan bisnis makanan Anda.

Deep fryer merupakan jenis penggoreng dengan sistem bak celup atau menggoreng dengan rendaman minyak yang menutupi seluruh makanan yang digorengnya.

Mesin yang terbuat dari bahan dasar stainless besi ini dapat

Kelebihan dari mesin yang terbuat dari bahan dasar stainless besi ini adalah waktu penggorengannya yang cepat, dengan kuantitas banyak dan menghasilkan gorengan yang sempurna. Juga dengan bahan stainless besi, mesin deep fryer ini akan mudah dibersihkan.

Mesin deep fryer bisa digunakan untuk menggoreng  berbagai jenis makanan, mulai dari makanan yang jumlahnya sedikit ataupun makanan dalam jumlah besar.

Anda bisa mendapatkan mesin deep fryer dari supplier terpercaya disini

4. Mesin Gas Roaster

Seperti namanya, mesin gas roaster ini diperuntukan untuk sebagai mesin pemanggang. Mesin ini bisa digunakan untuk membuat sate, ayam bakar, atau pun jenis bahan makanan yang dipanggang lainnya.

Jenis mesin pemanggang ini bekerja tanpa mengeluarkan asap, tanpa meggunakan, dengan pesebaran api yang rata sehingga akan memproduksi makanan yang lebih matang merata juga higienis.

Baca Juga : Ide Bisnis Hampers Lebaran yang Bisa Raup Omset Jutaan

5. Mesin Crepes

Banyak ditemui sebagai jajanan makanan di sekolah ataupun di mall, crepes merupakan salah satu makanan favorite banyak anak muda.

Mesin crepes dapat membantu Anda mencetak crepes dengan bentuk yang lebih baik jika dibandingkan dengan wajan biasa.

Cara menggunakannya pun cukup mudah dan praktis. Anda hanya perlu menuangkan adonan crepes ke mesin crepes dan ratakan adonan menggunakan spatula.

Mesin pembuat crepes ini sangat membantu Anda untuk menghasilkan crepes dengan bentuk, ketebalan, serta kematangan yang ideal.

Anda bisa mendapatkan mesin crepes dari supplier terpercaya disini

6. Mesin Kentang Ulir

Jenis mesin makanan yang satu ini dapat membantu Anda memotong kentang dengan bentuk spiral dengan ketebalan yang rata.

Mesin ini dilengkapi dengan mata pisau yang tajam yang sudah memiliki ukuran tetap sehingga akan menghasilkan bentuk dan ukuran yang sama dalam setiap potongan kentang.

Cara menggunakan mesin kentang ulir ini juga terbilang cukup sederhana.  Anda hanya perlu memasukan kentang kedalam mesin, lalu memutar pegangan mesin, kemudian mesin akan memotong kentang menjadi bentuk spiral dengan ketebalan yang sama.

Kelebihan dari mesin ini selain dapat memotong kentang dengan cepat, jelas dapat menghasilkan potongan kentang yang ideal juga anti karat.

7. Mesin Pembuat Sosis

Jika Anda ingin mengjasilkan sosis dalam jumlah yang banyak serta dalam waktu singkat, namun tidak mengurangi kualitas dari rasa sosis tersebut, Anda bisa menggunakan mesin pembuat sosis.

Jenis mesin sosis juga hampir mirip dengan mesin pembuat bakso yaitu terdiri dari mesin grinder, mesin pembuat sosis, dan juga mesin pencetak sosis.

Cara kerja nya hampir sama dengan cara kerja mesin pemuat bakso yaitu menggiling daging, mencampurkannya menjadi bentuk adonan serta mencetaknya dengan ukuran dan bentuk sosis yang sudah disesuaikan.

Anda dapat menghasilkan sosis dengan jumlah yang banyak dan ukuran bentuk yang sama.

Anda bisa mendapatkan mesin pembuat sosis dari supplier terpercaya disini

8. Mesin Roti

Mesin roti pasti sudah tidak asing lagi bagi para baker atau pembuat roti. Jika dibandingan dengan membuat roti manual, mesin roti ini dapat membantu anda memproduksi roti dengan bentuk yang bagus dan dalam jumlah yang banyak. Sehingga Anda dapat menghemat waktu dan tenaga Anda.

Untuk Anda yang baru saja ingin memulai bisnis roti ini, anda bisa menggunakan mesin roti tipe plantery mixer yang memiliki kapasitas 10-40 liter.

Tipe ini banyak dicari dan direkomendasikan untuk para baker pemula.

9. Mesin Presto

Membahas mesin makanan, tidak lengkap rasanya jika tidak memasukan mesin presto kedalamnya. Mesin presto ini sudah banyak dikenal sebagai mesin bantu pelunak makanan.

Banyak pelaku bisnis kuliner menggunakan mesin ini, missal nya saja pelaku usaha bandeng presto, ayam presto, bebek presto dan masih banyak lagi.

Selain dapat melunakan produk makanan, presto juga dapat membantu pelaku usaha menemukan cirikhas produk makanannya dengan menggunakan titel ‘presto’ dalam pemasarannya.

Ada berbagai macam kapasitas mesin presto yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari kapasitas 10 kg sampai dengan kapasitas 50 kg mesin bisa anda pilih untuk membantu melancarkan usaha produk makanan presto Anda.

Anda bisa mendapatkan mesin presto dari supplier terpercaya disini

10. Mesin Display Warmer

Mesin ini adalah mesin yang digunakan untuk memajangkan produk makanan dengan tetap menjaga ke higienisan dan kehangatan makanan.

Mesin display warmer terbuat dari bahan kaca tebal transparent dan memiliki pengaturan suhu hingga 200o C dengan elemen pemanas bersifat kedap sehingga tidak akan mengeluarkan hawa pansa disekitar mesin.

Jenis makanan yang bisa jajakan dalam mesin ini adalah segala jenis gorengan, kue, ataupun panggang-panggangan.

Baca Juga : Inilah 10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik 2021

Itulah ragam jenis mesin makanan yang dapat membantu dalam melancarkan usaha makanan Anda. Berbeda ragam jenis nya, akan berbeda juga nilai fungsi kegunaaannya. Namun pastinya, mesin makanan tersebut dapat membantu menghemat waktu proses produksi bisnis makanan Anda.

Temukan berbagai ragam jenis mesin makanan dengan harga dan kualitas terbaik di Indotrading!

banner seller
To Top