Insight

Peluang Bisnis Cloud Kitchen Saat Pandemi dan Tipsnya

bisnis cloud kitchen

Cloud Kitchen atau yang dikenal juga dengan ghost kitchen merupakan konsep merchant yang kini banyak digeluti. Konsepnya yang mudah dengan memanfaatkan dapur kecil jadi salah satu keunggulannya. Peluang bisnis cloud kitchen ini semakin meroket selama pandemi seperti sekarang.

Perpaduan kecanggihan teknologi dengan sederhananya sistem pemesanan bisa jadi nilai tambah bagi Anda yang tidak ingin ribet saat berbisnis. Tertarik untuk berkecimpung dalam bisnis kekinian ini? Berikut pembahasan yang akan diulas oleh news indotrading.

Peluang Bisnis Kuliner Cloud Kitchen

bisnis cloud kitchen

Penasaran seberapa besar peluang bisnis cloud kitchen? Tentunya sangat besar. Bisnis kuliner dengan sistem cloud kitchen ini akan memungkinkan mencakup pasar makanan yang amat luas.

Peluang usaha ini bisa sangat menguntungkan apabila Anda jeli melihat berbagai peluang yang ada saat ini.

Tidak perlu modal besar untuk membeli set meja dan kursi untuk dine in karena konsep bisnis ini hanya meracik, membungkus lalu memberikannya langsung pada pembeli. Tidak perlu membuka restoran besar Anda bahkan bisa menggunakan dapur rumah untuk mulai berbisnis.

Banyak juga aplikasi yang kini mendukung kelancaran bisnis dengan perpaduan konsep kekinian ini. Dengan begitu jangkauan konsumen bisa diperluas tanpa harus melakukan promosi tambahan dengan effort yang lebih tinggi.

Apalagi mengingat kondisi yang serba terbatas disaat pandemi mengharuskan orang banyak melakukan aktivitas tanpa kontak langsung.

Hal ini juga dihadapkan dengan keterbatasan pembelian bahan makanan untuk diolah sendiri. Maka dari itu peluang bisnis ini sangatlah menjanjikan.

Tips Penyajian Makanan Bebas Kontaminasi

Higienitas jadi hal utama dalam proses memasak hingga penyajian makanan. Apalagi dalam kondisi pandemi dimana penularan virus atau bakteri tak kasat sedang diupayakan untuk ditekan angkanya. Perkuat bisnis Anda dengan menyajikan makanan bebas kontaminasi. Berikut beberapa tipsnya:

1. Pastikan Kebersihan Dapur

bisnis cloud kitchen 1

Dapur sebagai tempat awal pengolahan makanan haruslah dalam keadaan bersih. Jangan sampai sumber bakteri berasal dari dapur bisnis anda. Bersihkan dapur sesering mungkin dan hingga bagian terkecil.

Kebersihan dapur bisa jadi awal pelayanan prima untuk konsumen anda. Bisa jadi konsumen berlangganan karena kebersihan dapur yang terjamin. Sekalipun dapur tidak terlihat, nantinya kebersihan dapur bisa tercermin dari hasil penyajian makanan.

2. Gunakan Sarung Tangan dan Penutup Kepala                                                                                                                                                                                                                             bisnis cloud kitchen 2

Untuk kebersihan dari pembuat makanan, Anda bisa menggunakan sarung tangan hingga penutup kepala untuk menjamin kebersihan keamanan. Tangan seperti yang sudah diketahui banyak orang menjadi sumber penyebaran bakteri paling cepat.

Karenanya penggunaan sarung tangan dan penutup kepala bisa jadi langkah awal untuk menciptakan makanan yang lezat dan higienis.

3. Cuci Bersih Bahan Makanan

bisnis cloud kitchen 3

Beralih ke bahan makanan, cucilah bahan makanan hingga bersih di air yang mengalir. Perlu diingat, cuci dulu bahan makanan sebelum di potong agar vitamin tidak ikut terbuang dalam air cucian.

Karena bahan makanan kebanyakan berasal dari luar rumah baik tertanam di tanah maupun di berasal dari hewan ternak maka perlu pembersihan secara optimal. Jangan sampai pelanggan kecewa sebab ada makhluk kecil di makanannya.

Baca Juga: Begini 9 Cara Buka Bisnis Katering Diet Untuk Karyawan

4. Masak Makanan hingga Matang

bisnis cloud kitchen 4

Tips berikutnya yakni masalah makanan hingga matang. Bahan makanan yang mentah tidak disadari memiliki bakteri alami yang juga berpotensi membahayakan pengonsumsi. Salah satu cara untuk mematikan bakteri yakni dengan memasak makanan hingga matang.

Masak makanan hingga matang juga dapat meningkatkan cita rasa makanan. Seperti halnya pada sayuran atau bawang yang di masak dengan sempurna. Maka keduanya akan menghadirkan rasa manis yang khas.

5. Gunakan Kemasan yang Steril

bisnis cloud kitchen 5

Tidak luput dari perhatian, gunakanlah kemasan yang steril. Kemasan treril bisa diciptakan lewat pemilihan kemasan dari supplier yang terpercaya. Pilihlah kemasan dengan bahan dasar kertas dengan kualitas teratas atau plastic dengan kebersihan yang baik.

Biasanya kemasan yang baik akan bertuliskan food grade dengan nilai yang baik pula. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan higienitas kemasan yakni dengan melap permukaan atau melapisinya dengan dasar tertentu.

6. Lengkapi dengan Alat Santap yang Steril

bisnis cloud kitchen 6

Lengkapi penyajian makanan khas cloud kitchen Anda dengan alat santap yang steril. Tidak jarang konsumen dibuat kesal karena tidak disediakan alat makan untuk menyantap makanannya.

Hal ini juga yang dapat menurunkan kepercayaan konsumen pada suatu bisnis kuliner. Jauhi kemungkinan tersebut dengan menyediakan alat makan yang sesuai dengan jenis makanan.

Terlebih pastikan kebersihan alat makan jangan sampai terdapat debu atau kotoran lain di bagian permukaannya. Bila perlu palisi lagi alat santap yang hendak diberikan.

7. Lindungi Makanan dengan Bungkus Tambahan

bisnis cloud kitchen 7

Tips lainnya, saat packaging makanan yaitu Anda disarankan untuk melindungi makanan dalam kemasan dengan pembungkus luar. Pembungkus luar bisa berupa plastik jinjingan atau berupa paper bag. Silahkan sesuaikan dengan tema atau sesuai dengan keperluan jual.

Perlindungan ekstra ini bisa dilakukan agar tidak ada lagi sentuhan saat mengirimkan makanan ke tangan pelanggan. Perlindungan ekstra ini jadi hal wajib bagi Anda penggiat bisnis bisnis kuliner online dengan cloudkitchen yang sedang banyak bersaing ini.

8. Kirim Makanan Tanpa Kontak Langsung

bisnis cloud kitchen 8

Tips terakhir yakni kirim makanan tanpa kontak langsung. Bila pun mengharuskan menjalin kontak langsung Anda diwajibkan untuk menggunakan bahan sterilisasi untuk tangan seperti halnya hand sanitizer.

Anda juga bisa memanfaatkan jasa kurir yang juga dilengkapi dengan standar pengiriman sesuai protokol. Untuk proses yang lebih aman Anda bisa menggunakan jasa aplikasi untuk proses pesan dan kirim yang lebih praktis.

Cara kerja bisnis cloud kitchen yang sederhana dan menarik ini ternyata mampu menumbuhkan perekonomian di masa pandemi.

Baca Juga: 9 Tips Bisnis Frozen Food Bagi Pemula dan Strateginya

Peluang bisnis cloud kitchen ini semakin besar pasarnya. Oleh karena itu jangan sampai tertinggal momentumnya. Jika Anda ingin membeli perlengkapan dapur, Anda bisa mencarinya hanya di indotrading.com.

To Top