Insight

Wajib Tau! Ini Dia 5 Jenis Kursi Tunggu yang Banyak Digunakan Di Tempat Umum

Wajib Tau! Ini Dia 5 Jenis Kursi Tunggu yang Banyak digunakan di Tempat Umum

Fasilitas ruang tunggu sangat diperlukan oleh costumer atau pelanggan di suatu perusahaan atau institusi. Fungsi ruang tunggu sendiri adalah agar costumer dapat duduk dan menunggu dengan nyaman. Salah satu fasilitas yang ada di setiap ruang tunggu tersebut adalah kursi tunggu. Kursi tersebut terdiri dari berbagai jenis desain dan material pembuatan yang berbeda-beda.

Pada kesempatan kali ini, tim Indotrading News akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu kursi tunggu, bagaimana cara memilih kursi yang tepat, serta berbagai jenis kursi yang biasanya dipakai di tempat-tempat umum.

Namun sebelum itu, Anda bisa mendapatkan kursi tunggu di Indotrading, dengan supplier yang menjual dengan harga dan kualitas terbaik dari seluruh Indonesia.

Pengertian Kursi Tunggu

Kursi tunggu adalah kursi dimana orang bisa duduk untuk menunggu di tempat-tempat umum, di rumah, atau di kantor sebelum memasuki sebuah ruangan. Adanya kursi ini biasanya menjadi pelengkap dari ruang tunggu yang ada di suatu tempat tertentu.

Fungsinya sendiri adalah memastikan pelanggan tetap nyaman dalam menunggu dan agar pelayanan di tempat umum tersebut menjadi lebih maksimal.

Baca Juga: Cek Disini! 5 Inspirasi Pilihan Kursi Direktur Untuk Kantor Anda

Beberapa Tips Memilih Kursi Tunggu

Sebelum membeli kursi tersebut, ada beberapa tips dalam memilihnya yaitu sebagai berikut:

1. Pilih berdasarkan Tipe atau Modelnya

Untuk memilih tipe atau model dari kursi ini, yang perlu diperhatikan adalah memilih bahan atau material yang sesuai. Bahan kursi bisa terbuat dari kayu, besi atau stainless steel, atau bahan plastik. Bahan-bahan tersebut tentu memiliki keunggulannya masing-masing.

Namun pada umumnya, bahan yang sering digunakan untuk kursi tersebut seperti yang ada di tempat publik seperti rumah sakit, bank, bandara, dan lain-lain adalah bahan stainless steel.

2. Tentukan Jumlah Dudukan pada Kursi

Kursi ini juga memiliki variasi berdasarkan jumlah dudukannya. Ukuran ruang tunggu akan berpengaruh pada jumlah dudukan kursi yang akan digunakan.

Model dudukan pada kursi tersebut memiliki 4 model dudukan yaitu dengan komposisi 2 dudukan, 3 dudukan, 4 dudukan, dan 5 dudukan. Untuk pemakaian di tempat umum, biasanya menggunakan kursi dengan komposisi 4 dan 5 dudukan. Tujuannya adalah untuk memberikan ruang atau space yang lebih besar untuk pengunjung.

Komposisi dengan 2 atau 3 dudukan sendiri biasanya digunakan di rumah-rumah yang menyediakan ruang tunggu untuk tamu, atau digunakan di dekat resepsionis. Biasanya, kursi ini digunakan di tempat-tempat yang memang pengunjungnya tidak banyak.

3. Pilih variasi kursi dengan atau tanpa sandaran

Selain menentukan jumlah dudukan, kursi tersebut juga memiliki variasi dengan sandaran atau tanpa sandaran. Sandaran pada kursi akan membuat pelanggan akan lebih nyaman dalam menunggu.

Adapun kursi dengan tanpa sandaran biasanya digunakan di pusat perbelanjaan sebagai tempat istirahat sementara bagi pengunjung yang datang.

Jenis-Jenis Kursi Tunggu

Berikut ini adalah beberapa jenis kursi tersebut yang sering di jumpai di ruang tunggu atau di tempat-tempat umum lainnya:

1. Stainless 3 Dudukan

Umumnya, kursi ini dipakai di klinik-klinik atau di tempat praktik dokter rumahan. Bahan yang kokoh dan anti karat ini menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung fungsi utama ruang tunggu.

2. Stainless 4 dudukan

Kursi dengan kapasitas 4 orang ini juga tidak jauh berbeda dengan kursi 3 dudukan tadi. Kegunaannya sama yaitu untuk mendukung fungsi utama dari suatu ruang tunggu. Jenis kursi ini banyak ditemui di kantor tempat pelayanan umum.

3. Stainless 5 dudukan

Komposisi 5 dudukan ini menjadi variasi dengan jumlah tempat duduk maksimal. Kursi ini biasanya ditemui di rumah sakit, puskesmas, bank, atau kantor administrasi milik pemerintah yang mana jumlah pelanggannya bisa jauh lebih banyak dari tempat umum lainnya.

4. Kursi sofa

Kapasitas dari kursi ini biasanya adalah dua sampai empat orang. Jenis kursi ini biasanya digunakan di perusahaan, pusat perawatan kendaraan, ataupun VIP Lounge Bandara. Kursi ini memang bertujuan untuk memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengguna fasilitas ruang tunggu.

5. Kursi fiberglass

Ruang tunggu di terminal bus atau antrean tiket transportasi masih banyak yang menggunakan kursi jenis fiberglass ini. Adapun kapasitasnya antara 5—6 tempat duduk. Jenis dari kursi fiberglass sendiri ada yang berbentuk gabungan dengan meja, dan biasanya banyak dipakai di area food court.

Itulah pembahasan mengenai kursi tunggu mulai dari pengertian, bagaimana cara memilih kursi yang tepat, serta jenis kursi yang banyak dijumpai di masyarakat.

Anda dapat menemukan berbagai jenis kursi tunggu di Indotrading, dengan supplier yang menjual dengan kualitas dan harga terbaik dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Cari tau Cara Memilih Kursi Staff yang Sesuai untuk Kebutuhan Disini!

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top