Insight

Agar Tak Salah Pilih, Kenali Jenis-jenis Sepatu Safety Berikut Ini!

jenis-jenis sepatu safety

Bagi pekerja industri manufaktur, konstruksi, pertanian, kehutanan, dan pekerja lapangan lainnya, cedera kaki merupakan risiko yang sering mereka jumpai sehari-hari. Oleh karena itu, mereka kerap kali melindungi bagian kakinya menggunakan sepatu safety atau safety shoes. Ya, sepatu safety merupakan salah satu perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) yang tidak boleh terlewatkan. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membeli produk sepatu safety, alangkah lebih baik jika Anda mengenal lebih jauh jauh mengenai apa itu sepatu safety, jenis-jenis sepatu safety, dan ragam manfaatnya bagi para pekerja. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Sepatu Safety?

Sepatu safety merupakan jenis sepatu yang biasa dipakai oleh seseorang ketika bekerja untuk menghindari risiko kecelakaan kerja. Pasalnya, sepatu safety memang dirancang sedemikian rupa untuk melindungi bagian kaki dari ancaman benda-benda tajam atau benda berbahaya yang dapat melukai kaki. Selain dapat melindungi kaki, memakai sepatu safety juga memberikan Anda keleluasaan untuk bergerak sehingga pekerjaan menjadi lebih efektif.

Biasanya, sepatu safety terbuat dari bahan kulit yang dipadukan dengan bahan metal, sedangkan pada bagian bawahnya terbuat dari bahan karet tebal guna melindungi kaki dari berbagai cairan panas, bahan kimia, benda tajam, benda berat, tempat kerja yang licin atau basah, dan bahaya listrik yang dapat menimbulkan cedera serius jika tidak terlindungi dengan baik.

Jenis-jenis Sepatu Safety

Saat ini banyak produsen yang jual sepatu safety dengan berbagai merek dan kebutuhan. Jenis-jenis sepatu safety terbilang sangat beragam, apalagi jika dilihat dari bentuk dan manfaatnya. Anda bisa membedakan jenis sepatu safety berdasarkan modelnya. Terdapat beberapa model sepatu safety di antaranya adalah low cut, middle cut, dan boot cut. Sedangkan, jika dilihat dari manfaatnya ada beberapa jenis sepatu di antaranya adalah safety toed shoes, steel insole shoes, metal instep footwear, metatarsal shoes, electric hazzard shoes, dan heat ressistant shoes yang akan dijelaskan dalam poin berikut!

1. Jenis-jenis Sepatu Safety Dilihat dari Modelnya

Sama seperti model sepatu kebanyakan, jika dilihat dari modelnya, sepatu safety juga sangatlah variatif. Berikut merupakan jenis safety shoes berdasarkan modelnya:

1. Low cut

jenis-jenis sepatu safety

Sama sepeerti namanya, sepatu safety yang satu ini memiliki model cutting yang rendah dimana panjang sepatu tidak melebihi betisa kaki. Sepatu ini juga didesain sangat simpel dan tidak terlalu besar. Biasanya, sepatu jenis ini digunakan di area yang tidak terlalu eksrem, misalnya di laboratorium dan juga dapur.

2. Middle cut

jenis-jenis sepatu safety

Jenis kedua adalah model sepatu middle cut. Berbeda dari model low cut, jenis sepatu ini sedikit lebih panjang. Sepatu ini memiliki panjang yang lebih tinggi sedikit dari betis kaki. Sepatu ini biasa digunakan oleh para pekerja pabrik.

3. Boot cut

jenis-jenis sepatu safety

Berbeda dari kedua model sebelumnya, jenis boot cut memiliki bentuk yang cukup panjang. Bahkan, beberapa di antaranya bisa mencapai lutut. Penggunaan dari sepatu ini bisanya diperuntukkan pada medan yang cukup ekstrem, seperti di medan berlumpur, dan lain sebagainya.

2. Jenis-jenis Sepatu Safety Berdasarkan Kegunaannya

Selain dibedakan dari modelnya, safety shoes juga dibedakan sesuai dengan kegunaannya. Berikut ini merupakan jenis-jenis sepatu safety berdasarkan kegunaannya yang perlu Anda ketahui sebelum menentukan pilihan Anda;

1. Safety Toed Shoes

Safety toed shoes merupakan jenis sepatu safety yang paling umum ditemukan di pasaran. Seperti namanya, sepatu ini memiliki pelindung di bagian ujung sepatu guna melindungi jari kaki dari kecelakaan kerja. Sepatu ini biasanya digunakan oleh para pekerja yang bersinggungan dengan produksi material berat seperti pekerja proyek, pekerja pabrik, dan lain sebagainya.

2. Steel Insole Shoes

Jika di dalam insole terdapat besi/baja, maka sepatu safety tersebut dinamakan dengan steel insole shoes. Besi/baja yang disisipkan ke dalam insole bertujuan untuk menstabilisasi gerakan dan melindungi kaki pemakainya dari risiko terkilir atau masalah pada tulang kaki. Jenis sepatu ini biasanya digunakan oleh pekerja yang lebih banyak memakai fungsi kaki saat bekerja seperti mengendarai sepeda motor, menghimpit pedal, atau mengendarai sebuah truk/container.

3. Metal Instep Footwear

Sama halnya dengan jenis steel insole, sepatu jenis metal instep footwear juga memiliki pelindung yang terbuat dari material metal, besi, atau baja ringan untuk melindungki bagian kaki dari risiko kecelakaan kerja. Namun, perbedaannya adalah material pelindung tersebut bukan disisipkan pada bagian insole sepatu, melainkan diletakkan pada bagian alas dan berbentuk lempengan. Jenis sepatu ini sangat efektif digunakan oleh pekerja yang berisiko terkena benda tajam seperti di pabrik yang memproduksi kaca, senjata, baja dan lain sebagainya.

4. Metarsal Shoes

Untuk mengangkut barang atau material berat, pekerja membutuhkan jenis sepatu yang memang dirancang khusus. Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sudah ada jenis sepatunya, lho! Jenis sepatu safety yang satu ini dinamai Metarsal Shoes. Ya, jenis sepatu ini dibuat dengan pengaman khusus untuk melindungi bagian atas kaki sehingga cocok untuk digunakan oleh pekerja konstruksi bangunan (kontraktor) atau pekerja yang rutinitasnya berhubungan dengan pengangkutan material berat.

5. Electric Hazzard Shoes

Bagi para pekerja yang bekerja di area-area berkaitan dengan aliran listrik, ada jenis sepatu khusus lho untuk melindungi mereka dari sengatan listrik! Namanya adalah electric hazzard shoes! Ya, jenis sepatu safety ini memang sengaja dirancang menggunakan sol khusus yang bisa melindungi pekerja dari sengatan listrik. Sehingga, bagi para pekerja PLN, PLTU, atau pekerja lain yang berhubungan dengan tegangan listrik, jenis sepatu ini sudah tidak asing lagi di telinga, ya!

6. Heat Ressistance Shoes

Sesuai dengan namanya, jenis sepatu ini memang dirancang untuk melindungi kaki terbakar saat menjalankan tugas. Pasalnya, sepatu jenis ini didesain dengan sol khusus yang tahan api dengan tingkat leleh tinggi yakni mencapai lebih dair 300 derajat Celcius. Maka tak heran jika sepatu ini banyak digunakan oleh pemadam kebakaran atau pekerja di tempat penambangan mineral.

Manfaat Sepatu Safety Bagi Para Pekerja

Banyak pekerja yang masih abai dengan risiko kecelakaan saat menjalankan tugas atau bekerja. Padahal, risikonya bisa hingga fatal, lho! Nah, untuk meminimalisasi dan mencegah kecelakaan kerja yang berpotensi membuat kaki terluka atau cedera, Anda membutuhkan sepatu safety. Tentu saja, manfaatnya bukan hanya itu saja, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan sepatu safety untuk bekerja, di antaranya:

1. Melindungi kaki dari benda-benda tajam

Bagi Anda yang bertugas di area yang berhubungan dengan benda-benda tajam, memakai sepatu safety sudah menjadi sebuah keharusan. Pasalnya, risiko kecelakaan kerja seperti tertusuk benda-benda tajam saat melakukan tugas merupakan risiko umum yang harus dihadapi. Oleh karena itu, untuk menghindari kemungkinan tersebut, Anda bisa mengandalkan sepatu safety untuk menghindarkan kaki tertusuk benda-benda tajam karena sepatu ini dibuat dari material yang tahan terhadap benda-benda tajam.

2. Melindungi kaki dari zat berbahaya

Selain benda-benda tajam, zat berbahaya yang berpotensi ada di area kerja juga merupakan ancaman terbesar bagi para pekerja. Salah satu upaya untuk meminimalisasi kaki terkontaminasi zat-zat berbahaya, seperti zat kimia adalah dengan menggunakan sepatu safety. Sebab, sepatu safety juga dibuat dari material yang bisa menghindarkan kaki Ada dari jatuhan zat-zat berbahaya.

3. Mengurangi risiko tergelincir

Bagi Anda yang bekerja di area yang basah, Anda perlu memakai perlengkapan yang bisa menghindarkan Anda dari risiko tergelincir. Nah, karena sepatu safety dilengkapi dengan fitur anti-slip sehingga dapat mencegah kaki Anda tergelincir di area-area yang licin maupun basah.

4. Melindungi kaki dari benda panas atau dingin

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan sepatu safety adalah perlindungan maksimal pada kaki terhadap suhu yang terlalu dingin ataupun panas. Jika kaki kejatuhan benda-benda panas misalnya, sepatu safety bisa melindungi kaki karena sifatnya yang ‘heat ressistance’. Begitu pula jika suhunya terlalu dingin, sepatu safety yang terbuat dari bahan dasar kulit bisa diandalkan untuk menghangatkan kaki.

Baca juga: Lantai Vinyl, Pijakan Nyaman yang Bisa Bikin Hunian jadi Lebih Menawan

Temukan Supplier Sepatu Safety Berkualitas Hanya di Indotrading!

Jika Anda tengah mencari produk sepatu safety berkualitas, tak perlu bingung dan ragu untuk memilih Indotrading! Sebab, Indotrading merupakan direktori supplier terlengkap se-Indonesia memiliki ribuan supplier sepatu safety sehingga Anda bisa mendapatkan produk sepatu safety dengan penawaran dan harga yang lebih terjangkau! Yuk, langsung cek website Indotrading.com untuk buat permintaan!

[wonderplugin_video iframe=”https://www.youtube.com/watch?v=A5Qt-hDqGYo” lightbox=0 lightboxsize=1 lightboxwidth=960 lightboxheight=540 autoopen=0 autoopendelay=0 autoclose=0 lightboxtitle=”” lightboxgroup=”” lightboxshownavigation=0 showimage=”” lightboxoptions=”” videowidth=600 videoheight=400 keepaspectratio=1 autoplay=0 loop=0 videocss=”position:relative;display:block;background-color:#000;overflow:hidden;max-width:100%;margin:0 auto;” playbutton=”https://news.indotrading.com/plugins/wonderplugin-video-embed/engine/playvideo-64-64-0.png”]

 

To Top