Tips Bisnis

Tips Buka Bisnis Ikan Hias Omset Hingga Ratusan Juta

bisnis ikan hias

Bisnis ikan hias merupakan salah satu pilihan usaha dengan modal sedikit yang dapat digeluti oleh para pebisnis pemula. Pandemi tidak hanya memberikan dampak yang negatif pada sebagian pebisnis bahkan membuat sebagian dari mereka harus rela gulung tikar, nyatanya pandemi juga memberikan keuntungan bagi sebagian lain salah satunya adalah pebisnis ikan hias.

Usaha ini justru menarik banyak minat di era pandemi ini, dengan omset usaha yang mencapai tiga kali lipat dari modal. Apalagi jika ikan yang dijual termasuk jenis langka dan memiliki corak yang unik maka keuntungannya bisa mencapai sepuluh kali lipat.

Peluang Memulai Bisnis Ikan Hias

Di tengah pandemi seperti ini, banyak orang yang mulai tertarik untuk memelihara ikan hias guna mengisi waktu luang dan menghilangkan stres serta perasaan jenuh akibat selalu tinggal di rumah.

Meski dikatakan memiliki target pasar yang sempit namun bisnis ini memiliki prospek yang cukup bagus dan menjanjikan di masa depan. Hal ini karena bisnis ikan hias dapat dijangkau oleh bermacam-macam kalangan.

Karena ada banyak jenis ikan hias, anda bisa menentukan jenis ikan yang akan dipelihara bergantung pada pangsa pasarnya. Untuk kalangan menengah ke bawah kebanyakan ikan yang dipelihara adalah sejenis Koi atau Cupang, sedangkan untuk kalangan pangsa pasar menengah ke atas bisa memelihara ikan Arwana atau ikan Louhan.

Tidak hanya itu, bisnis yang menjanjikan ini dapat dimulai di rumahan hanya dengan memanfaatkan area yang kosong ataupun teras rumah, yang terpenting adalah posisinya harus strategis dan mudah dilihat oleh pembeli. Jumlah keuntungan bersih yang dapat diperoleh dari usaha ini dikatakan bisa mencapai ratusan juta.

Untuk para pemula yang baru memulai bisnis, ikan yang paling direkomendasikan untuk dibudidayakan adalah jenis ikan hias air tawar, ikan Cupang karena cukup populer dengan perawatan yang sangat mudah. Berikut ini adalah rincian modal awal yang dibutuhkan:

  • Modal awal berupa bibit dan induk ikan serta akuarium berkisar Rp 700 ribu
  • Pengeluaran bulanan berupa pakan, vitamin dll berkisar Rp 800 ribu

Jika dalam sehari mampu menjual 20 ekor ikan dengan harga Rp 10 ribu maka 20 x Rp 10 ribu = Rp 2 juta sehingga keuntungan perbulannya bisa mencapai Rp 1,2 juta dengan estimasi pengembalian modal dan pembiakan selama 3 bulan.

Baca juga : Melihat Peluang Bisnis Cupang dan Tips Memulainya 2021

Jenis – jenis Ikan Hias

Jenis ikan hias yang dijual di pasar memiliki dua jenis yakni ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Ikan hias air laut membutuhkan perawatan yang lebih sulit jika dibandingkan dengan ikan hias air tawar, karena cenderung lebih rentan terhadap kualitas air.

Habitatnya harus sesuai dengan aslinya dan memiliki kadar garam yang cukup sehingga untuk dapat memelihara ikan hias jenis ini anda harus memiliki cukup banyak pengetahuan.

Harga ikan hias air laut juga lebih mahal jika dibandingkan dengan ikan hias air tawar. Namun demikian ikan air laut lebih menarik dengan warna-warni yang beragam sementara ikan air tawar hanya bisa diisi dengan tumbuhan-tumbuhan hijau yang tampak sangat membosankan.

Berikut ini adalah beberapa ikan hias dari jenis air tawar diantaranya:

  • Ikan hias Guppy, jenis ikan yang terkenal di Indonesia. Mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga tidak mudah mati
  • Ikan hias Cupang, jenis yang populer karena budidaya dan perawatannya sangat mudah
  • Ikan hias Louhan, ikan agresif ini memiliki harga yang cukup tinggi dan banyak diminati
  • Ikan hias Molly, sifatnya adaptif dan cinta damai sehingga dapat disatukan dengan berbagai macam ikan
  • Ikan hias Koi, yang terpenting adalah memberikannya tempat yang luas karena perawatan ikan ini cukup mudah
  • Ikan hias Platy. Memiliki sifat mudah bergaul dan juga kebal terhadap serangan penyakit
  • Ikan hias Komet, ikan ini banyak dicari pecinta ikan karena warna yang mengkilat dan ekor merambai
  • Ikan hias Koki, ikan ini dapat disatukan dengan ikan lain dan memiliki banyak jenis
  • Ikan hias Botia, ikan nocturnal yang sering dipakai sebagai penghias akuarium
  • Ikan hias Neon Tetra, jenis ikan yang senang bergerombol sehingga cocok sebagai penghias akuarium
  • Ikan hias Discus, ikan dari Amazon yang termasuk kelompok high class dan memiliki harga tinggi
  • Ikan hias Black Ghost, adalah ikan penari balet karena gerakan tubuhnya yang lentur

Selain ikan hias air tawar, berikut ini adalah beberapa ikan hias air laut:

  • Ikan Badut, meski termasuk ikan air laut namun perawatannya tergolong mudah
  • Ikan Botana Blue Tank, ikan ini mengkonsumsi plankton saat masih kecil lantas menjadi omnivore saat dewasa
  • Ikan Kupu-kupu, ikan yang mudah dipelihara dengan bentuk sayapnya menyerupai kupu-kupu
  • Ikan Dotty Back, memiliki sirip transparan dan dua warna pada tubuh
  • Ikan Yellow Tank, sejenis dengan Blue Tank dan berbeda pada warna serta mulutnya saja
  • Ikan Watchman Goby, memiliki daya tahan yang sangat baik
  • Ikan Blue Devil, lebih cocok dipelihara pada akuarium berukuran besar dengan dekorasi karang karena habitat aslinya adalah dasar laut
  • Ikan Lion, bentuk tubuhnya unik menyerupai duri
  • Ikan Dokter, ikan ini dapat membantu dalam memulihkan ikan air laut lainnya yang terkena jamur
  • Ikan Fire, memiliki sifat gesit dan aktif namun dapat disatukan dengan ikan lain
  • Ikan Mandarin, fisik serta daya tahan tubuhnya sangat kuat namun proses pemilihan makanannya tidak bisa sembarangan
  • Ikan Angel, jenis ikan yang sangat menyukai tumbuh-tumbuhan.

Baca Juga : Melihat Peluang Bisnis Cupang dan Tips Memulainya 2021

Tips Menjalankan Bisnis Ikan Hias

Menjalankan bisnis ikan hias ini sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar bisnis yang tengah anda jalankan berjalan dengan lancar:

Memilih jenis ikan hias yang ingin dijual sekaligus target pasarnya

Hal yang penting untuk dilakukan adalah menentukan jenis ikan apa yang ingin dijual serta golongan-golongan seperti apa yang mungkin akan menjadi pembelinya. Bagi pebisnis pemula yang masih belum memiliki banyak modal, disarankan untuk menargetkan pasar yang berada di kalangan menengah ke bawah. Hal ini karena harga ikan-ikan hiasnya juga cenderung lebih murah.

Jenis-jenis ikan hias pada pangsa pasar ini termasuk pada ikan hias air tawar, seperti Cupang dan Koki. Selain modalnya sedikit, memelihara ikan hias air tawar tidak membutuhkan perawatan dan tidak membutuhkan banyak tempat sehingga lebih menghemat pengeluaran.

Jika dibandingkan dengan ikan hias air laut, ikan jenis ini juga memiliki segmentasi konsumen yang lebih luas karena tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa tapi juga anak-anak.

Pada saat baru memulai bisnis alangkah baiknya jika anda hanya memfokuskan pada satu jenis ikan saja, dengan begitu tidak akan terlalu berisiko pada bisnis anda sehingga keuntungan yang diperoleh juga lebih banyak. Seiring berjalannya waktu, jika anda sudah memiliki banyak pengetahuan maka anda bisa menambah varietas atau jenis ikan peliharaan tersebut.

Menyiapkan perlengkapan guna menunjang bisnis

Hal pertama yang anda butuhkan untuk memulai usaha adalah perlengkapan untuk tempat budidaya ikan. Bagi anda yang memiliki modal terbatas jangan membeli perlengkapan sekaligus tapi gunakanlah skala prioritas.

Belilah perlengkapan yang paling dibutuhkan terlebih dahulu seperti kolam atau akuarium sebagai tempat pemeliharaan, tabung oksigen, selang, jarring dan pompa air. Sementara perlengkapan-perlengkapan yang tidak terlalu dibutuhkan seperti aksesoris untuk mempercantik akuarium dapat anda beli belakangan.

Memilih tempat usaha

 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa lokasi yang strategis merupakan faktor yang menunjang bagi keberhasilan sebuah bisnis. Oleh karena itu anda harus bisa memilih lokasi yang tepat yang mana dapat dilihat dan dijangkau oleh para pembeli.

Jika memang modal yang dimiliki masih terbatas maka anda dapat memanfaatkan teras atau lahan yang ada di rumah. Agar menarik para pembeli maka anda harus memasang papan penanda yang menunjukkan lokasi bisnis anda.

Menggali lebih banyak hal tentang ikan hias

Mencari tahu tentang cara perawatan ikan dan cara perkembangbiakannya terlebih dulu sebelum membuka bisnis akan membantu anda mengurangi risiko kegagalan. Persiapan yang matang dapat mengurangi risiko ikan mati.

Selain itu anda juga harus pintar-pintar dalam membaca peluang dan memaksimalkan potensi bisnis yang dimiliki oleh usaha anda. Tidak hanya menjual ikan-ikan hias, anda juga bisa menjual pakan ikan, perlengkapan untuk memelihara ikan bahkan bibit ikan

Melakukan promosi

Saat ini untuk melakukan promosi tidak harus mengeluarkan biaya besar, banyak sekali media promosi gratis yang bisa dimanfaatkan seperti instagram ataupun blog. Cukup dengan mengunggah foto ikan hias yang anda miliki beserta informasi harga dan kontak yang bisa dihubungi maka proses transaksi dapat berjalan. Anda juga bisa membuat akun bisnis dan menjualnya melalui e-commerce.

Agar lebih cepat mendapatkan pelanggan, anda bisa bergabung ke komunitas-komunitas pecinta ikan hias kemudian menawarkan produk anda disana. Promosi juga bisa dilakukan dari mulut ke mulut, yang terpenting adalah bagaimana menjaga kepuasan pelanggan sehingga mereka akan merekomendasikan bisnis anda kepada orang yang mereka temui.

Baca juga : Panduan Lengkap Cara Optimasi Website Bisnis dengan SEO

Guna menarik perhatian pelanggan anda juga bisa menambahkan layanan pesan antar pada toko anda, sehingga bagi orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu akan sangat membantu.

Demikian adalah ide bisnis ikan hias yang dapat kami bagikan. Bisnis ini dapat dijalankan dengan cukup mudah dan hanya membutuhkan modal yang sedikit. Dapat dijalankan oleh siapa saja baik itu ibu rumah tangga ataupun sebagai bisnis sampingan karyawan yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Jika anda berniat membuka usaha ini anda tidak perlu susah payah mencari perlengkapannya. Semua perlengkapan dari bak atau kolam ikan, vacuum, saringan, hingga pakan ikan dapat anda beli di Indotrading yang merupakan B2B marketplace yang menyediakan segala macam kebutuhan usaha anda dengan harga yang terjangkau.

Selain mencari kebutuhan untuk budidaya ikan, anda juga bisa membeli souvenir di Indotrading. Banyak sekali Ide souvenir pernikahan unik yang ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Jika membeli produk di Indotrading anda dapat membandingkan penawaran dari beberapa supplier untuk mendapatkan penawaran terbaik sesuai dengan yang anda inginkan.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top