Insight

Perhatikan Ukuran Ideal Aquarium Ikan Hias Sebelum Memilihnya

Semakin diminati sejak pandemi, kebutuhan aquarium ikut meningkat terlebih bagi para penggemar ikan hias. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai ukuran ideal aquarium ikan hias.

Baca Juga : Melihat Peluang Bisnis Cupang dan Tips Memulainya 2021

Anda dapat menemukan berbagai jenis aquarium ikan hias dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading.

Tentang Aquarium

Di masa pandemi seperti sekarang ini, permintaan aquarium semakin meningkat seiring dengan meningkatnya penggemar ikan hias. Pasalnya, banyak orang-orang yang kemudian mengisi kegiatan selama di rumah dengan memelihara ikan hias.

Hal tersebut juga mendorong dan membuat bisnis ikan hias mengalami peningkatan permintaan juga omset drastis.

Wadah yang kerap kali digunakan sebagai tempat penyimpanan dari ikan hias ini umumnya terbuat dari kaca bening yang dilengkapi dengan berbagai pernak-pernik ornamen ikan hias lainnya.

Ornamen tersebut antara lain seperti lampu aquascape untuk ikan hias, batu hiasan aquarium, tanaman hias aquarium dan lain sebagainya.

Dijadikan sebagai wadah penyimpanan ikan hias, bentuk aquarium banyaknya berbentuk persegi panjang dengan permukaan yang luas dan lebar.

Namun tidak terbatas persegi panjang, ada juga berbagai bentuk aquarium lainnya yang difungsikan sebagai tempat menyimpan ikan hias yang memiliki ukuran tertentu yang telah disesuaikan dengan jumlah dan ukuran ikan hias tersebut.

Ukuran Ideal Aquarium

Jika Anda juga hendak mengisi waktu luang dengan memelihara ikan hias, ataupun tertarik lebih dalam untuk memulai bisnis ikan hias. Ukuran aquarium menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

Ada berbagai jenis ukuran aquarium. Namun sebaiknya, ukuran aquarium ideal untuk ikan hias adalah aquarium yang telah disesuaikan dengan jumlah dan besarnya ukuran ikan hias tersebut.

Dengan kata lain, ukuran ideal aquarium bergantung dan mengikuti besar nya ukuran ikan hias yang akan diletakan di dalam nya.

Berikut diantara ukuran ideal aquarium yang dapat Anda jadikan patokan.

1. Ukuran aquarium ikan 5 cm

Pertama, ada ukuran aquarium untuk ikan berukuran 5 cm. untuk ikan hias yang memiliki panjang 5 cm, ukuran ideal aquarium nya adalah aquarium dengan kapasitas air sebanyak 5 liter.

Jenis aquarium ini banyak digunakan untuk menyimpan ikan hias tetra dan sejenisnya.

2. Ukuran aquarium ikan 8 cm

Selanjutnya ada ukuran aquarium untuk diisi ikan berukuran 8 cm. Aquarium dengan ukuran kapasitas air 7 liter sangat ideal untuk ukuran panjang ikan tersebut.

Ikan hias cupang dengan ukuran tersebut, biasanya banyak mengisi aquarium dengan ukuran ini.

3. Ukuran aquarium ikan <15 cm

Sedikit lebih besar dari sebelumnya, ukuran aquarium untuk ikan yang memiliki panjang <15 cm cocok untuk ditempatkan pada aquarium dengan ukuran kapasitas air 8 – 10 liter / ekor.

Aquarium jenis ini banyak digunakan untuk menyimpan ikan hias sejenis mas komet, ikan elang atau tiger fish.

4.Ukuran aquarium ikan > 15 cm

Untuk ukuran ikan dengan panjang lebih dari 15 cm seperti arwana, louhan dan sejenisnya, idealnya ukuran aquarium nya memiliki kapasitas air sebesar 25 liter.

Hal ini disebabkan ukuran ikan yang semakin besar memerlukan volume air yang lebih banyak untuk kelangsungan hidupnya.

Adapun luas dan tinggi serta ketebalan untuk kategori ukuran ikan tesebut dapat disesuaikan dengan ukuran seperti dibawah ini.

 Ukuran luas dan tinggi aquariumketebalan aquarium
40 x 30 x 30 4 mm
45 x 20 x 22 4 mm
45 x 30 x 45 4 mm
45 x 30 x 30 4 mm
60 x 30 x 30 5 mm
60 x 40 x 40 5 mm
70 x 40 x 40 5 mm
80 x 50 x 50 6 mm
90 x 40 x 50 6 mm
90 x 50 x 50 6 mm
100 x 50 x 40 6 mm
110 x 50 x 40 6 mm
110 x 50 x 50 8 mm
120 x 40 x 50 8 mm
120 x 50 x 50 8 mm
120 x 60 x 60 10 mm
150 x 60 x 60 12 mm
180 x 70 x 70 12 mm

Baca Juga : Tertarik Bisnis Tanaman Hias? Kenali Beberapa Tipsnya

Jenis – Jenis Aquarium

Tidak hanya memiliki ukuran yang beragam, jenis-jenis aquarium juga beragam. Biasanya nya jenis aquarium dibedakan dari jenis bahan pembentuk aquarium tersebut.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya. Jenis aquarium umumnya terbuat dari kaca, namun ada juga yang terbuat dari bahan yang menyerupai kaca yaitu akrilik.

Selengkapnya jenis-jenis aquarium dapat dikelompokan sebagai berikut :

1. Aquarium tempered

Jenis aquarium ini terbuat dari jenis kaca yang proses pembuatannya di dipanaskan dalam suhu 300oC. Aquarium kaca jenis ini diunggulkan karena karakteristiknya kekuatannya yang sudah terkenal dapat menahan goresan, tekanan angina bahkan awet dan tidak mudah rusak.

Selain terkenal akan kekuatannya, aquarium jenis kaca tempered juga unggul akan kebeningan kaca tempered tersebut dibandingkan jenis aquarium lainnya.

Di pasaran aquarium jenis ini menjadi favorit para penggemar ikan hias yang sedang mencari aquarium untuk ikan hiasnya.

2. Aquarium laminated

Aquarium laminated merupakan jenis aquarium kaca lainnya selain aquarium tempered. Jenis ini memiliki karakteristik aman, kedap suara, dan mampu menahan sinar ultraviolet lebih baik dibandingkan jenis sebelumnya.

Selain itu aquarium laminated yang juga memiliki berbagai ukuran ideal ini juga memiliki lebih banyak variasi warna kaca dibandingkan jenis aquarium dari bahan kaca atau yang lainnya.

3. Aquarium akrilik

Selain kaca, aquarium yang banyak diminati di pasaran adalah jenis aquarium akrilik. Bahan bening yang menyerupai kaca.

Jenis ini memiliki keunggulan lebih ringan dalam bobotnya dan juga tidak mudah pecah.

Aquarium jenis akrilik kerap dijadikan pilihan alternatif untuk penggunaan pada pameran – pameran ikan hias ataupun acara besar lainnya.

Sayangnya, harga aquarium ini lebih mahal dibandingkan tipe aquarium jenis kaca pada umumnya.

Demikianlah pembahasan mengenai ukuran ideal aquarium beserta jenis-jenisnya. Perlu diingat ukuran atau besarnya ikan sangat mempengaruhi ukuran ideal aquarium ikan hias.

Baca Juga : Informasi Mengenai Manfaat Pasir Silika dan Ketahui Pengertiannya

Di Indotrading, Anda dapat menemukan berbagai jenis dan ukuran aquarium ikan hias dengan kualitas dan harga terbaik dari berbagai Supplier terpercaya di Indonesia!

To Top