Tips Bisnis

10 Ide Bisnis Sampingan Buat Karyawan Setelah Kerja

bisnis sampingan karyawan

Bekerja sebagai seorang karyawan mungkin akan terasa membosankan. Setiap hari, Anda harus menuruti perintah atasan. Agar pekerjaan tidak terasa membosankan, Anda bisa coba berbisnis. Ada banyak jenis bisnis sampingan karyawan yang bisa dijadikan pekerjaan sampingan.

Selain bisa menjadi ajang hiburan diri dari perintah bos, Anda juga bisa mulai menabung penghasilan tambahan dari bisnis tersebut. Secara umum, waktu berbisnis memang bergantung pada kemauan Anda. Sehingga Anda beroperasi pada jam usai kantor.

Beragam Jenis Bisnis Sampingan Karyawan

Banyak dari kalangan karyawan yang merasa gajinya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian dan menambah tabungan bulanan. Bisnis sampingan bisa menjadi alternatif untuk menambah cuan bulanan. Di bawah ini ada beberapa ide bisnis yang bisa Anda jadikan referensinya:

  1. Jajanan Malam

Menjual jajanan malam tentu dilakukan di malam hari. Anda bisa mulai membangun bisnis ini dengan modal yang tidak terlalu besar. Anda pun bisa membuka usaha kecil ini usai dari kantor. Bisnis kuliner ini mungkin akan sangat digemari masyarakat.

Namun resikonya, Anda tidak bisa lembur di kantor karena harus mengurus usaha ini. Jika Anda merasa mampu membayar karyawan untuk usaha jajanan ini, maka Anda bisa lakukan dengan baik.

  1. Jualan Online

Jika usaha sebelumnya menuntut Anda untuk tidak pulang terlalu malam, maka berbeda halnya dengan bisnis yang satu ini. Berjualan online bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Bahkan saat jam istirahat kantor pun Anda bisa melakukannya.

Anda hanya butuh media smartphone dan kuota internet untuk bisa memasarkan jualan online tersebut. Anda harus pastikan untuk menentukan jenis jualan onlinenya.

Anda bisa memilih antara kuliner, fashion, atau jasa yang dipasarkan secara online. Jika masih bingung tentang bagaimana memulai bisnis online, Anda bisa langsung melihatnya disini.

  1. Laundry Malam

Kebanyakan toko laundry, memang dibuka pada waktu pagi hingga malam hari. Namun dengan inovasi baru, Anda bisa membuat usaha laundry khusus malam hari. Dan pada akhir pekan, Anda tetap bisa buka dari pagi hingga sore hari.

Bisnis laundry ini tentu saja membutuhkan beberapa karyawan. Jika Anda memang berniat mempekerjakan orang, artinya Anda bisa membuka jasa laundry ini mulai pagi hari. Ajaklah saudara Anda untuk berjaga, sehingga toko laundry tetap diawasi dengan baik.

  1. Open Order Makanan

Di era yang sudah serba modern ini, membuka order makanan atau minuman adalah hal yang banyak diminati masyarakat. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang lebih suka memesan makanan dan minuman dari rumah.

Anda bisa membuka pesanan makanan berat atau makanan ringan. Selain itu, Anda juga bisa membuka pesanan minuman kekinian yang menyehatkan. Untuk promosinya, Anda bisa gunakan beragam media sosial atau menjadi mitra gofood.

Berjualan pesanan makanan dan minuman ini bisa Anda lakukan kapan saja. Anda bisa menentukan sendiri jam operasionalnya selama itu tidak mengganggu jam kerja Anda sebagai karyawan.

  1. Online Shop

Bisnis sampingan karyawan yang selanjutnya adalah online shop. Seiring canggihnya teknologi saat ini, semakin banyak orang yang mulai berkecimpung di dunia online shop. Berbagai hal dijual secara online untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

Jika Anda adalah golongan orang dengan relasi yang banyak dan mumpuni, Anda bisa coba menjual berbagai hal secara online. Anda juga bisa membuat toko online sendiri untuk menaruh segala benda yang Anda jual.

Menjalankan online shop juga tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa mengolah dan mengontrol online shop dimana saja dan kapan saja. Sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan Anda sebagai karyawan di kantor.

  1. Fotografer

Bagi Anda yang hobi dan punya skill foto yang bagus, Anda bisa manfaatkan hal tersebut menjadi peluang bisnis. Saat banyak orang membutuhkan jasa fotografer untuk berbagai moment.

Di luar jam kantor, Anda bisa memanfaatkan moment ini untuk menjual skill fotografi tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjual hasil potret objek ke berbagai media online, atau media yang khusus jual beli hasil potret. Usaha ini cocok untuk menambah cuan.

  1. Penulis Artikel Lepas

Menulis artikel lepas bisa jadi kegiatan bisnis yang lumayan bagus. Keuntungannya tidak hanya berupa uang, Anda juga bisa sambil memperluas wawasan global dengan menulis berbagai tema artikel.

Hasil uang didapatkan juga bisa Anda kumpulkan untuk menambah uang tabungan. Bisnis atau usaha menulis artikel lepas ini tidak mengikat Anda dengan 24 jam kerja, sehingga Anda bisa membagi waktu jam kantor dengan waktu menulis yang baik.

  1. Hampers

Jika Anda adalah orang yang pandai mengemas bingkisan, maka Anda bisa memanfaatkan kemampuan ini menjadi bisnis. Anda tentu sudah familiar dengan istilah hampers bukan? Hampers tidak lain adalah bingkisan.

Bingkisan ini bisa berisi benda2 bermanfaat atau juga berisi makanan ringan. Di hari lebaran, bisnis hampers akan banyak diminati. Di luar bulan lebaran, Anda bisa manfaatkan untuk menawarkan bingkisan kado ulang tahun atau pernikahan.

Membuat hampers ini sangat cocok sebagai ide bisnis rumahan bagi Anda yang serius mencobanya. Margin keuntungan yang bisa didapatkan juga cukup banyak.

  1. Jual Pulsa

Bisnis berjualan pulsa, bisa jadi bisnis sampingan karyawan yang tepat. Banyak orang membutuhkan pulsa untuk membeli paket data. Apalagi saat ini, hampir semua orang menggunakan internet.

  1. Makelar Properti Rumah

Bisnis properti ini cocok untuk Anda yang tinggal di lingkungan perumahan. Anda bisa tawarkan berbagai properti rumah secara online selama tidak mengganggu jam kerja Anda.

Saat ini peluang bisnis properti bisa dibilang semakin meningkat karena sudah banyak orang yang menginginkan untuk memiliki hunian pribadi. Untuk itu jangan sampai lewatkan peluang emas seperti ini.

Dalam rangka mendukung bisnis sampingan karyawan yang Anda pilih sesuai selera ini, Anda bisa membeli berbagai kebutuhan bisnis di toko-toko lengkap dan terpercaya melalui indotrading.com.

To Top