Tips Bisnis

Simak 7 Tips Buka Bisnis Rental Motor Selama Pandemi

bisnis rental motor

Kendaraan kini dibutuhkan nyaris di seluruh kegiatan sehari hari, tidak terkecuali kendaraan motor yang kini kian dibutuhkan. Indonesia sendiri tercatat sebagai negara dengan konsumen motor terbesar di dunia. Selain jual beli, bisnis rental motor bahkan bisnis rental mobil juga cukup menjanjikan bahkan disaat pandemi sekarang ini.

Kebutuhan akan kendaraan jenis ini kian merebak dan hingga kini telah banyak pihak yang telah membuktikan bagaimana membuka rental motor merupakan bisnis yang menjanjikan. Anda yang hendak membuka bisnis ini sebaiknya memperhatikan tips di bawah agar tetap aman saat menghadapi pandemi.

Kenapa Rental Motor Begitu Menjanjikan?

Motor banyak digandrungi karena mobilitasnya yang tergolong cepat. Diantara berbagai jenis kendaraan jenis inilah yang paling dianggap mudah untuk digunakan. Mulai dari kalangan anak muda hingga orang tua nyaris bisa mengendarai roda dua ini.

Kebutuhan akan pemakaian pun dinilai tidak pernah surut bahkan terus meningkat. Karenanya rental motor ini dikatakan sebagai peluang usaha yang begitu menjanjikan apalagi di kota padat seperti Jakarta, Bandung, Jogja, Makassar hingga Palembang.

Rental motor ini bisa dibilang bisnis yang tidak memerlukan modal besar apalagi sebesar showroom mobil. Karena sejatinya motor pribadi bisa dijadikan motor sewaan. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara Anda meyakini konsumen untuk menyewa motor pada Anda mengingat kini angka penyebaran pandemi masih tinggi.

Berfokus pada kebersihan kendaraan hingga pelayanan yang optimal bisa jadi pendorong agar bisnis tetap hidup. Bukan hanya sekedar mencuci kendaraan tapi juga menggunakan cairan tertentu yang ampuh membasmi kuman hingga virus yang menempel dari jalanan.

7 Tips Bisnis Rental Motor Saat Pandemi

Situasi pandemi mengharuskan siapapun untuk bergelut lebih keras di bidangnya. Namun tidak sedikit juga yang mengambil jalan lain untuk menjaga keuangan. Salah satu opsinya yakni membuka bisnis rental motor. Ada beberapa tips dari tim news indotrading yang bisa dilakukan agar bisnis lancar saat masa pandemi.

1. Rutin Semprot Kendaraan Motor dengan Disinfektan

Disinfektan jadi cairan paling manjur saat ini untuk mengusir virus dan bakteri yang menempel di permukaan kendaraan. Bagaimanapun kendaraan yang keluar dari toko akan banyak terkontaminasi oleh banyak hal yang mungkin saja berbahaya bagi pemilik maupun pengguna.

Sering seringlah menyemprot kendaraan motor dengan disinfektan paling tidak setelah pemakaian. Tidak perlu khawatir untuk jauh mencari cairan desinfektan di luar rumah karena Anda bisa membuat cairan sendiri dengan bahan yang sudah diformulasikan.

2. Cuci Motor Secara Berkala

Lain dari penyemprotan desinfektan, pencucian motor juga tentu diperlukan dalam bisnis ini. Berhubung sedang pandemi, ada baiknya bagi Anda untuk mencuci motor secara berkala walaupun tidak digunakan lama di luar. Perawatan ini bisa dilakukan minimal 1x sehari.

Selain menambah nilai sewa, kebersihan motor juga bisa jadi gerbang awal untuk stop penyebaran virus atau bakteri tertentu. Bisnis rental motor tidak bisa dilakukan secara sembarangan apalagi dimasa pandemic seperti saat ini.

3. Pembersihan Ekstra di Bagian Tertentu

Pembersihan di spot tertentu harus dilakukan secara ekstra. Bagian tersebut meliputi bagian yang paling sering disentuh oleh permukaan tubuh seperti stang dan jok motor. Pembersihan ini bisa dilakukan sebelum dan setelah motor disewakan.

Pembersihan bisa dilakukan dua tahap. Pertama dibersihkan dengan desinfektan lalu sterilisasi dengan cairan khusus yang ramah akan permukaan kulit. Ini juga bisa dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan Anda dan penyewa.

4. Cek Rutin Mesin Kendaraan

Lain dari kebersihan, kini beralih ke kondisi mesin motor. Berhubung pandemi sedang terjadi, pastinya mobilitas menggunakan kendaraan termasuk motor menurun bila dibanding dengan kondisi biasa. Untuk itu sangatlah penting untuk mengecek kesehatan mesin.

Pengecekan ini juga harus dilakukan secara rutin karena nantinya berhubungan dengan keselamatan pengendara. Hindari kecelakaan terkecil dengan sering mengecek mesin kendaraan sekalipun kendaraan bermotor tergolong masih baru.

5. Periksa Selalu Kelengkapan Surat

Sebagai salah satu syarat membawa kendaraan Anda harus menyertakan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Naik Kendaraan (STNK). Berhubung surat izin memiliki masa tenggang maka akan sangat baik bila Anda terus memantau legalitas suratnya.

Begitu pula saat kendaraan disewakan Anda perlu memantau kelengkapan surat berkendara baik dari pihak penyewa. Tidak ingin, kan kendaraan Anda ditilang atau bahkan diboyong ke kantor polisi hanya karena surat yang tidak lengkap?

6. Anjurkan Penyewa untuk Membawa Helm Sendiri

Selanjutnya, demi kenyamanan berkendara anjurkan pihak penyewa untuk membawa helm sendiri. Selain lebih terpantai kebersihannya karena milik pribadi, penyewa juga tidak perlu memusingkan bagaimana membersihkan helm setiap saat dengan cairan pembersih.

Membawa helm sendiri juga digadang jadi cara yang paling tepat dalam metode penyewaan di masa pandemi ini. Sebagai opsi lain bila penyewa tidak memiliki helm Anda bisa menyediakannya dengan beberapa ketentuan yang berkaitan dengan metode kebersihan.

7. Promosi dengan Jaminan Kebersihan Kendaraan

Tentunya promosi jasa harus tetap dijalankan. Untuk bagian promosi Anda bisa melakukannya dengan menyebutkan jaminan kebersihan. Jaminan kebersihan kendaraan ini meliputi beberapa tips kebersihan di atas yang bisa langsung dipraktekan sebelum dan sesudah penyewa datang.

Jaminan kebersihan kendaraan ini jadi hal yang sangat diperhatikan oleh para penyewa mengingat kondisi yang serba menuntut kebersihan ini. Komitmen juga tentunya diperlukan, Anda sebagai pemilik bisnis rental motor harus rela melakukan pembersihan hingga beberapa kali.

Tertarik untuk membuka rental motor sendiri? Jangan lupa untuk lakukan tips di atas agar bisnis Anda tetap lancar bahkan saat masa pandemi seperti saat ini. Untuk membeli kelengkapan kebersihan masa pandemic atau sepeda motor lainnya Anda bisa segera mengunjungi indotrading.com.

To Top