Insight

6 Keuntungan Memasang Turbin Ventilator dan Cara Kerjanya

Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai keuntungan turbin ventilator dan bagaimana cara kerjanya.

Menjadi alat sirkulasi udara yang dirasa efektif dan efisien, turbin ventilator banyak dibuthkan dan dicari para pemilik usaha, kontraktor bangunan ataupun pendiri pabrik-pabrik.

Anda bisa temukan berbagai tipe turbin ventilator dengan kualitas dan harga terbaik dari supplier terpercaya di Indotrading

Turbin ventilator merupakan alat pengatur sirkulasi sejenis exhaust fan ataupun roof fan yang digunakan untuk menghisap udara panas dan debu.

Bentuknya bulat seperti turbin dan biasanya banyak ditemukan di atap pabrik atau rumah, ataupun gedung gedung konfeksi. Tujuannya tentu saja untuk mengeluarkan semua udara panas dan debu yang ada sehingga tempat tersebut menjadi lebih adem dan tidak pengap.

Baca Juga : Tidak Semuanya Sama, Pilih Jenis-jenis Exhaust Fan Sesuai Kebutuhan

6 Keuntungan Pasang Turbin Ventilator

Penggunaan Turbin ventilator sudah tidak diragukan lagi karena sejak lama sudah dijadikan alat pengatur sirkulasi udara di berbagai tempat karena banyak nya keuntungan memasang turbin ventilator ini. Berikut 6 keuntungan dari pemasangan turbin ventilator yang bisa Anda rasakan :

1. Lebih Hemat Listrik

Banyak orang menjatuhkan pilihan nya pada turbin ventilator karena alat ini lebih hemat listrik. Turbin ventilator lebih hemat dibandingkan alat pengatur sirkulasi udara lainnya. Hal ini karena sistem kerja turbin ventilator mengandalkan Angin, maka turbin ventilator tidak memerlukan energy listrik.

Juga kemampuan daya operasinya yang tidak terbatas waktu, menambah daya Tarik tersendiri untuk memilih turbin ventilator sebagai alat pengatur sirkulasi udara. Turbin ventilator ini dapat digunakan selama 24 jam non-stop.

2. Ramah Lingkungan

Salah satu penyebab naiknya tingkat pemanasan global di bumi karena disebabkan oleh penggunaan listrik yang meningkat dan berlebihan dari berbagai macam alat elektronik yang digunakan.

Termasuk pada alat elektronik pengatur sirkulasi udara seperti Ac, exhaust fan, atau roofpan. Namun pada dengan turbin ventilator.

Karena sistem kerjanya yang mengandalkan angin, turbin ventilator tidak menggunakan listrik sehingga lebih mengurangi penggunaan listrik serta tidak berperan terhadap kenaikan pemasanan global.

Jelasnya, turbin ventilator lebih ramah lingkungan dibandingkan jenis alat sirkulasi udara lainnya.

Baca Juga : 10 Exhaust Fan Terbaik yang Bisa Hadirkan Udara Bersih dan Segar untuk Hunian

3. Melancarkan Sirkulasi Udara

Sebagaimana fungsi utamanya sebagai alat pelancar sirkulasi udara, memasang turbin ventilator dapat melancarkan sirkulasi udara ruangan rumah, pabrik, atau pun gedung Anda. Bahkan, turbin ventilator ini dirancang khusus untuk daerah tropis seperti Indonesia.

alat ini juga memiliki kemampuan untuk menghisap debu dan udara panas sehingga mengurangi kadar pengap dan panas satu ruangan.

4. Mudah Dipasang

Meskipun pemasangannya harus ememperhatikan rangka posisi atap, namun pemasangan trubin ventilator ini cukup mudah.

Anda hanya perlu mencari posisi ideal pada atap untuk dipangkan turbin, lalu kemudian mengkiatnya dan menguncinya dengan sekrup agar kokoh.

Turbin ventilator dapat digunakan dimana saja baik pada bagian tengah, atau pinggir atap. Namun titik ideal pemasangan turbin ventilator yaitu pada atap dibawah nop rangka atap. Tujuannya adalah agar turbin ventilator tidak menyebabkan kebocoran atap yang terjadi akbita pemasangan turbin.

Adapun jarak yang perlu diperhatikan dalam pemasangan turbin untuk gedung pabrik, balai pertemuan ataupun tempat lainnya yang memerlukan penggunaan turbin lebih dari satu idealnya adalah 3 m antar tubin satu dengan turbin lainnya.

5. Dapat Digunakan di Mana Saja

Tidak hanya mudah dipasang diatap rumah, turbin ventilator juga bisa dipasang diberbagai atap gedung lainnya.

Lapangan futsal, pabrik, gedung konfeksi, gedung pertemuan, stadion dan masih banyak lagi. Artinya, turbin ventilator bersifat serbaguna dan tidak terbatas penggunaannya.

Hal tersebut juga yang menjadi daya Tarik tersendiri pada turbin ventilator.

6. Tahan Lama

Untuk ketahanan dan usia gunanya, turbin ventilator tidak perlu diragukan. Umumnya, turbin ventilator terbuat dari bahan dasar allumunium dan steinless steel.

Berbahan dasar alumunium, turbin ventilator dirancang untuk kuat terhadap angin. Sedangkan turbin ventilator yang berbahan steinless steel sudah teruji ketahanannya terhadap korosi akibat hujan, atau dengan kata lain Anti karat.

Sedangkan usia daya guna turbin ventlilator juga sudah terbukti tahan lama dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Cara Kerja Turbin Ventilator

Menjadi Alat sirkulasi udara yang tidak menggunakan listrik tapi memiliki banyak manfaat dan efisien, membuat banyak orang penasaran bagaimana sebenarnya cara kerja turbin ventilator tersebut. Meskipun dapat digunakan dibanyak tempat berbeda, sistem dan cara kerja turbin ventilator semua sama.

Turbin ventilator akan berputar ketika ada hembusan angina di sekitarnya. Di atap manapun pemasangannya.

Hal ini disebabkan karena turbin ventilator mendeteksi adanya perbedaan tekanan udara dari luar dan tekanan udara yang ada di dalam ruangan. Perputarannya mengikuti aliran dan arah tekanan udara di dalam rumah.

Ketika terjadi perbedaan tekanan udara tersebut, secara otomatis tekanan udara pansa yang ada didalam ruangan akan naik keatas kearah ventilator sehingga dengan otomatis juga membuka sirip-sirip yang ada pada turbin ventilator sehingga turbin berputar.

Ketika turbin beroutar, telah terjadi pertukaran sirkulasi dimana sirkulasi baru dari atas masuk kedalam ruangan dan sirkulasi panas yang ada di dalam ruangan keluar dan berganti.

Keunggulan lain nya dari turbin ventilator ini, walaupun kekuatan angin yang berhembus di sekitarnya tidak kuat atau sedikit, turbin akan tetap bekerja.

selain memiliki kemampuan untuk membedakan tekanan udara panas atau udara yang mengandung sifat thermosiphon dan langsung mengeluarkannya tanpa alat bantu lainnya. Dalam sistem kerjanya, turbin ventilator juga menghisap dan membawa serta debu debu yang ada di dalam ruangan bersamaan deng keluarnya tekanan udara panas.

Turbin akan selalu berputar tanpa henti untuk menghisap udara panas tersebut. Hal demikian yang menjadikan cara kerja tubrin dirasa efektif.

Baca Juga : Coba Pilih 10 Ceiling Fan Terbaik Ini Biar Bebas Panas

Itulah beberapa keuntungan turbin ventilator beserta cara kerjanya. Menimbang banyaknya manfaat yang bisa didaptkan dalam pemasangan turbin ventilator dapat menjadi pertimbangan Anda saat hendak memasang alat sirkulasi udara untuk gedung ataupun rumah.

Anda bisa temukan berbagai macam turbin ventilator dengan kualitas dan harga terbaik dari supplier terpercaya di sini!

banner seller
To Top